Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jackal15Avatar border
TS
jackal15
Menteri Susi Panggil Dubes China Terkait Illegal Fishing di Natuna
Jakarta - Penyidik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan 8 ABK kapal KM Kway Fey 10078 milik China yang memasuki wilayah perairan Indonesia di Natuna. Terkait hal ini, Menteri KKP Susi Pudjiastuti akan memanggil Duta Besar China untuk Indoensia ke kantornya.


"Besok saya akan panggil Dubes China untuk datang ke kantor," kata Susi saat menggelar jumpa pers di rumah dinasnya, Komplek Widya Chanda V, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Dalam pernyataannya, Susi memprotes keras atas sikap arogansi China yang justru seolah melindungi kapal mereka yang akan melakukan illegal fishing. Di mana, saat penyidik telah mengamankan 8 ABK, tiba-tiba kapal coastguard China mendekat dan menabrak kapal yang ditumpangi 8 ABK tersebut. Hal tersebut diduga agar kapal tak bisa ditarik ke wilayah Indonesia untuk diinvestigasi lebih jauh.

"Protes keras, ya (artinya) nota diplomatis. Itu masalah bahasa saja. Kadang bahasa Indonesia itu susah. Jadi bukan di atas ring gitu ya," jelas Susi.

"Seluruh awak kapal pengawas selamat, dengan 8 ABK China masih dibawa oleh KP Hiu 11 diarahkan ke pulau Tiga Natuna untuk proses lebih lanjut," imbuhnya.

KP Hiu 11 adalah kapal pengawas milik KKP yang kala itu tengah berpatroli di sekitar lokasi keberadaan KM Kway Fey 10078. Tiga penyidik KKP yang ada di KP Hiu 11 dan melompat ke KM Kway Fey yakni Puguh Widodo, Apyam Mey Kabarek, dan Ariyanto Lubis.

Meski pada akhirnya KM Kway Fey gagal dibawa ke Indonesia, namun sikap berani dari tiga penyidik tersebut diapresiasi oleh Susi. Ia juga meminta mereka diberi penghargaan.

"Sebuah tindakan yang sangat berani, kita apresiasi, wonderful brave, keberanian yang luar biasa. Mereka orang sipil luar biasa, negara wajib memberi penghargaan," tutur Susi.
http://m.detik.com/news/berita/31690...hing-di-natuna

-----
Ajak perang Aja bu
0
2.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.