neothinkpadAvatar border
TS
neothinkpad
Menteri Susi: China tak berkenan kapalnya ditenggelamkan
Menlen strong emoticon-Big Grin



Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan Cina ketakutan bila kapal nelayannya ditenggelamkan. Itu terlihat dari sikapnya menghalangi Indonesia menangkap kapal China yang melanggar batas wilayah.

"Pemerintah Tiongkok tidak berkenan kapal yang sudah kami tangkap kami tenggelamkan. Kami sangat menghormati Tiongkok akan tetapi seyogyanya Indonesia kan sedang melakukan pemberantasan Illegal Fishing, semestinya ikutinya juga," kata Susi kepada wartawan di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Minggu (20/3).

Susi mengakui, pelepasam KM Kway Fey 10078 yang melakuan pencurian ikan di perairan Riau untuk menghindari gesekan berpotensi menimbulkan korban jiwa di kedua belah pihak. Bahkan, berpotensi merusak hubungan bilateral kedua negara.

"Kami kan sudah berani ambil. Tapi lihat kapal besar coastguard China berukuran 1.000 gross tonnage, sebisa mungkin kami tidak melawan. Karena jika ada korban nyawa urusan akan beda lagi."

Susi menuturkan, sejatinya, Kawal Pengawas (KP) Hiu 11 tengah melakukan pengawalan terhadap KM Kway Fey. Dalam perjalanan, KP Hiu 11 dikejar kapal pengawas pantai China berkecepatan 25 knot.

Mereka akhirnya bisa mendekati KM Kway Fei pada dini hari tadi, pukul 01.45 wib.

"Setelah mereka mendekat, mereka menyalakan lampu sorot kemudian menabrak kapal tangkapan. Setelah berhenti dan melihat ada 3 tiga orang anggota KP Hiu 1, mereka pun tidak jadi naik, namun tetap mengawasi," katanya

"Karena kapal rusak, personil memutuskan untuk kembali ke KP Hiu 11. Kemudian KP Hiu 11 meninggalkan kapal tangkap KM Kway Fey. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan."

(mdk/yud)


http://m.merdeka.com/uang/menteri-susi-china-tak-berkenan-kapalnya-ditenggelamkan.html

Quote:


Quote:
Diubah oleh neothinkpad 21-03-2016 05:55
0
12.5K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.