atandiAvatar border
TS
atandi
Ini Alasan Mengapa Dokter Selalu Berbaju Hijau Saat Operasi
JAKARTA - Dalam ruang operasi, sering terlihat para dokter mengenakan baju seragam berwarna hijau. Di mana, pada awalnya dokter mengenakan pakaian berwarna putih, sebab warna putih melambangkan kebersihan.
Meskipun sulit dipastikan mengapa dokter lebih memilih seragam berwarna hijau, ketimbang warna lain saat mengoperasi pasiennya. Tapi faktanya warna hijau adalah lawan dari warna merah.

Warna hijau ini akan menyegarkan mata dari dokter yang melakukan operasi. Karena dokter selalu melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah ketika proses pembedahan berlangsung.
ADVERTISING
Melihat warna merah terus-menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak, akan memudarkan sensitivitas terhadap variasi warna merah. Alasan lainnya adalah, terus menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan dokter yang melakukan operasi merasa terganggu.
Tetapi jika warna baju-baju para dokter berwarna hijau, maka hal ini akan menimbulkan ilusi yang berdampak baik bagi dokter yang melakukan bedah. Ilusi optik ini terjadi karena warna putih memiliki spektrum warna, termasuk hijau dan merah.
Namun, jika dokter melihat pakaian yang berwarna hijau atau biru, dan bukannya putih, ilusi yang mengganggu ini akan berbaur tepat dengan warna pakaian dan tidak akan menimbulkan gangguan.
Sehingga sang dokter tidak hanya berfokus pada warna merah. Itulah sebabnya para dokter menggunakan seragam berwarna hijau saat mengoperasi pasiennya. Demikian dirangkum Okezone dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’. (kem)



sumber : http://m.okezone.com/read/2016/03/20/56/1341056/ini-alasan-mengapa-dokter-selalu-berbaju-hijau-saat-operasi?utm_source=wp_bt
0
1.4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.