Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
5 Manfaat Berenang Bagi Anda yang Punya Rutinitas Padat
Liputan6.com, Jakarta Bagi kaum urban, khususnya masyarakat perkotaan, menemukan aktivitas olah tubuh yang tepat di tengah rutinitas padat tak bisa lagi dipandang remeh. Jika melihat tren saat ini, olahraga sudah menjadi sebuah kebutuhan, baik itu untuk kesehatan dan juga untuk bersosialisasi.

Berbagai macam pilihan olahraga untuk para pekerja yang mungkin tak memiliki banyak waktu, seperti lari, fitness, crossfit, yoga, bersepeda, dan berenang. Mungkin terkesan membutuhkan waktu khusus untuk melakukan olahraga renang.

Namun, seperti dilansir dari Huffingtonpost pada Jumat (18/3/2016), aktivitas berenang memiliki manfaat tak hanya sekedar untuk kesehatan. Berikut ini, tim liputan6.com merangkum beberapa manfaat dari aktivitas berenang.

1. Air merupakan elemen menenangkan

Air memiliki makna harafiah sebagai simbol pembaruan dan pemurnian. Beberapa penelitian pun mendukung hal tersebut yang menunjukkan bahwa air memiliki pengaruh kuat pada otak, seperti sebuah aktivitas meditasi. Aktivitas berenang bisa menambah kemampuan otak menangkap manfaat kognitif.

2. Berenang memiliki resiko yang rendah

Tidak seperti jogging atau fitness yang masih memiliki resiko cukup tinggi berpengaruh pada jantung. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang memiliki resiko yang jauh lebih rendah dan lebih cocok untuk melatih jantung bagi orang lanjut usia.

3. Berenang membuat Anda lebih dekat dengan alam

Jika tinggal di dekat danau atau laut, Anda bisa lebih dekat dengan alam lewat aktivitas berenang. Selain memiliki dampak positif pada tubuh, berenang juga berpengaruh pada kesehatan mental dalam mengurangi stres dan meningkatkan mood.

4. Berenang membangun kekuatan dan kemampuan menstimuli jantung

Meskipun resiko yang rendah, berenang mampu memberikan pengaruh besar pada daya kerja jantung, seperti halnya latihan aerobik. Bagi Anda para pekerja yang jarang mengolah tubuh, berenang bisa jadi salah satu aktivitas untuk membangun otot.

5. Berenang membantu mengelola kesehatan paru-paru


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan berenang, Anda bisa mengembangkan kapasitas paru-paru lebih baik. Sebuah studi yang pada 2007 mengemukakan jika Anda memiliki kapasitas paru-paru yang besar memiliki potensi besar terhindar dari penyakit kardiovaskular.

sumur: http://lifestyle.liputan6.com/read/2...itas-padat?p=5
0
2.4K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.