blog.airpaz.comAvatar border
TS
blog.airpaz.com
Berlibur ke Jambi, Kota di Pesisir Timur Sumatera
Spoiler for cekidot:


Berlibur ke Jambi, Kota di Pesisir Timur Sumatera

Di sebuah pesisir timur pulau Sumatra, terdapat sebuah provinsi yang nama ibukotanya sama seperti nama Provinsinya. Jambi. Kota dari sebuah provinsi yang sesungguhnya mempunyai berbagai budaya namun mulai dilupakan ini mempunyai berbagai hal menarik yang wajib dijadikan pengalaman. Penasaran?

Sejarah Jambi

Kata Jambi berasal dari bahasa jawa yaitu ‘Jambe’ yang artinya adalah ‘Pinang’. Kemungkinan saat itu tanah yang dijadikan Kerajaan Jambi tersebut banyak ditumbuhi pohon pinang di sepanjang aliran sungai Batanghari.

pada tanggal 17 mei 1946, berdasarkan ketetapan Gubernur Sumateranomor 103/1946, Kota Jambi telah resmi didirikan. Namun, pada tanggal 6 Januari 1957, bersamaan dengan didirikannya Provinsi Jambi, Kota jambi dinyatakan sebagai ibukota dari provinsi Jambi.

Tempat wisata yang menarik di Jambi

1. Candi Muaro Jambi

Sebagai tempat wisata pembukaan ketika sampai di Kota Jambi, Traveler harus mengunjungi sebuah Candi yang terletak di kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Jambi.

Candi ini berdiri pada zaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang saat itu tengah memperjuangkan kebebasannya dari penjajahan Belanda dan Jepang. Candi ini adalah Candi terluas di Indonesia dan ditemukan oleh seorang Letnan Inggris yang bernama S.C Crooke pada tahun 1820. Dengan ditemukannya perkakas rumah tangga dan keramik Cina dari Dinasti Song, ada tanda bahwa dahulunya Candi ini menjadi tempat para Biksu dan memiliki hubungan internasonal antara Kerajaan Sriwijaya dengan Negeri China.

2. Monas Jambi

Di Bundaran Kompleks Pemerintah Kota, ada sesuatu yang mirip dengan Monas yang ada di Jakarta. Lebih tepatnya adalah Monas mini. Bangunan yang sering dikunjungi oleh pengunjung untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas yang sebenarnya ternyata ada sesuatu yang membedakan. Selain bentuknya yang lebih kecil, terdapat empat buah jam dinding di setiap sisinya dan empat buah ukiran berbentuk angsa dibawahnya.

3. Museum Negeri Jambi

Traveler menyukai budaya dan sejarah? Berarti traveler harus mengunjungi sebuah museum yang yang didirikan di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi. Sebuah museum yang bentuknya menyerupai Rumah Kajang Lako yang adalah rumah adat Jambi ini berisi koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi. Seperti peralatan berburu, anyaman khas jambi batik tenun dengan motif bunga khas Jambi, dan binatang-binatang yang diawetkan. Museum ini dibuka pada hari senin-kamis mulai dari pukul 08:30 sampai pukul 15:00. Jumat dari pukul 07:15 sampai 11:00. Biaya masuk museum juga tidak terlalu mahal untuk semua kategori usia.
Selain beberapa tempat wisata yang disebutkan, Traveler jangan lupa untuk mengunjungi Danau Kaco, Danau Gunung Tujuh, Air Terjun Tegan Kiri, Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, serta beberapa tempat wisata seru lainnya yang hanya ada di Kota Jambi.

Kegiatan Yang Menarik Di Jambi

Traveler dapat berekreasi di Taman Mini dan Taman Rimba Jambi, bermain air di Kolam Renang Tepian Rajo, belajar merawat bunga anggrek di Taman Anggrek Sri Soedewi, berbelanja keramik di Pasar Keramik Sitimang, dan berbagai kegiatan seru lainnya yang hanya terdapat di Jambi.

Kuliner Khas Jambi

1. Kue Srikaya

Kue tradisional Jambi yang bernama Kue Srikaya ini sesungguhnya sama sekali tidak ada campuran srikaya nya. Warna hijau yang terdapat pada makanan ini adalah karena sari pandan yang telah dicampur oleh gula pasir, tape atau kentan dan santan. Karena rasanya yang manis dan enak, maka kue ini sudah terkenal sampai berbagai kota di luar Jambi namun masih dalam pulau Sumatera.

2. Dodol Nanas

Karena Jambi adalah tempat sentra perkebunan nanas yang besar, maka makanan ringan khas Jambi yang lainnya adalah Dodol Nanas. Dodol yang bisa dicicipi di Tangkit, Kabupaten Mauarojambi ini ternyata mempunyai berbagai olahan dari buah nanas. Dan traveler dapat mencicipi berbagai olahan yang berbahan nanas tersebut.

3. Kopi ‘AAA’

Sesungguhnya kopi AAA adalah salah satu nama merek kopi yang asalnya dari Jambi, namun kopi ini hanya dijual di Jambi. Jambi yang juga dikenal sebagai lumbung kopi seperti di Kabupaten Kerinci, Merangin, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) ini membuat kopi menjadi salah satu oleh-oleh wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jambi.

Selain beberapa makanan khas Jambi yang telah disebutkan, Traveler jangan lupa untuk \mencicipi aneka kue khas Jambi lainnya, The Kajoe Aro, Sirup Pinang, Nasi Gemuk, dan berbagai makanan lainnya.

Bagaimana menuju kota Jambi?

Nah, traveler tertarik berlibur ke Jambi, Kota di Provinsi Pesisir Timur Sumatera ini ? Jangan khawatir, ada banyak loh maskapai menuju khawatir untuk transportasi menuju Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi seperti; Lion Air, Nam Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan berbagai maskapai lainnya yang bisa dilihat di daftar maskapai Airpaz.

Yuk, rencanakan liburan traveler ke Jambi dan jangan lupa update harga tiket pesawat murah setiap hari menuju Jambi . Happy Traveling!


Spoiler for SUMBER:
vien26
vien26 memberi reputasi
1
2.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.