baihaque212Avatar border
TS
baihaque212
RAM 6GB di Handphone, perlu gak sih?
Apakah kita butuh Smartphone dengan RAM 6GB?

Pertanyaan seperti itu bisa cukup menjebak. Meskipun menyangkalnya, Bill Gates masih sering dikutip akan pernyataanya bahwa kita tidak akan pernah membutuhkan Komputer dengan RAM lebih dari 640KB. Berkaitan dengan hal tersebut kita sudah tau apa yang sesungguhnya terjadi dengan Komputer yang memiliki RAM lebih dari 16GB. Kemudian dengan melihat smartphone Vivo Xplay 5 sebagai patokan, maka RAM 6GB pada smartphone akan menjadi hal yang lumrah. Kemudian timbul perntanyaan seberapa “cukup” kah RAM yang dibutuhkan oleh Smartphone dan apakah RAM 6GB itu sesuatu yang berlebihan?


Vivo Xplay 5 Smartphone dengan RAM 6GB

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu kembali memahami apa fungsi RAM yang ada pada Smartphone kita. Pertama, Smartphone yang kita gunakan pasti memiliki berbagai banyak Aplikasi yang terinstal didalamnya. Meskipun bukan sebagai factor utama, keberadaan RAM akan memudahkan dan mempercepat dalam memproses aplikasi. Meskipun bisa saja dilakukan dengan optimalisasi aplikasi itu sendiri namun semakin banyak RAM yang dimiliki jelas akan membantu.

Kedua, RAM di smartphone memiliki posisi yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di computer. Di Komputer terdapat video card yang merupakan bagian terpisah dari prosesor sehingga video card di computer memiliki RAM tersendiri yang dapat saling membantu kinerja computer. Sementara di smartphone, “video card” terintegrasi dengan Prosesor sehingga disebut dengan SoC (System of Chip) sehingga RAM di smartphone digunakan baik untuk prosesor ataupun video card. Karena dipakai secara bersamaan maka jumlah dan kecepatan RAM bagi Smartphone cukup penting.

Ketiga, konten yang kita nikmati di smartphone yang paling besar adalah “video” yang bukan hanya Youtube, Netflix, dan aplikasi sejenisnya. Video berarti segala sesuatu yang ditampilkan dilayar smartphone kita baik itu bergerak atau tidak. Dengan kondisi seperti itu kita juga dihadapi dengan perkembangan kerapatan layar yang kita miliki. Bayangkan layar dengan ukuran Full HD yaitu 1920 Piksel x 1080 piksel dalam kondisi 60 fps menghasilkan 124 juta piksel yang harus ditampilkan tiap detiknya. Itu hitungan kasar untuk video standar, bayangkan jika yang ditampilkan adalah Game dengan berbagai kerumitan lainya. Kondisi tersebut bukan hanya menuntut kinerja prosesor yang mumpuni, melainkan juga RAM untuk menyimpan keseluruhan data. Sementara itu perkembangan kerapatan layar sudah mengarah di 4K (3840x2160) bahkan 8K (7680x4320) sudah didepan mata. Penggunaan virtual reality yang semakin berkembang juga menuntut RAM secara signifikan.
Kesimpulanya apakah kita membutuhkan RAM sebesar 6GB di Smartpone kita? Jawabanya adalah tidak, tidak untuk sekarang. Karena aplikasi yang akan keluar dimasa yang akan datang belum tentu dapat digunakan oleh Smartphone kita saat ini. Sehingga Smartphone dengan RAM 6GB secara sederhananya menjadikan kita memiliki sumber daya yang cukup untuk kondisi di masa yang akan datang yang tak terbayangkan oleh kita semua.


Sumber:
Pocketnow.com
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 45 suara
Apakah anda akan membeli smartphone dengan RAM 6GB atau lebih?
Ya, karena saya membutuhkanya
38%
Tidak, RAM 6GB terlalu berlebihan
62%
0
17.6K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.