alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56eb962856e6afec4f8b4567/berbahasa-mandarin-di-tv-tiongkok-ahok-beberkan-alasan-jadi-gubernur
Lapor Hansip
18-03-2016 12:46
Berbahasa Mandarin di TV Tiongkok, Ahok Beberkan Alasan Jadi Gubernur
Solopos.com, SOLO – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengungkapkan alasannya lebih memilih menjadi pejabat daripada berkarier sebagai pengusaha. Dalam wawancara dengan televisi Tiongkok, CCTV itu Ahok juga menceritakan kejadian Pilgub DKI Jakarta 2012 silam.

Ahok mengaku memperoleh banyak intimidasi ketika mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta 2012. Dia pernah diancam akan didatangi ribuan orang jika nekat mencalonkan diri.

“Ada seribu orang datang ke rumah saya. Saya tidak tahu mereka mau berbuat apa. Kalau saya lapor polisi dan ternyata tidak ada keributan tentu sangat menggelikan,” katanya dalam bahasa Mandarin. “Anak peremuanku 12 tahun bertanya kalau kita mati bagaimana pah? Saya katakan… kita akan pergi ke surga,” lanjutnya.

CCTV lantas menceritakan akhirnya gerombolan orang itu pergi tanpa berbuat apa-apa. Ahok akhirnya terhindar dari salah satu dari sekian banyak ancaman yang pernah dialaminya.

Dalam sesi wawancara yang sama Ahok juga menceritakan bagaimana dirinya bisa termotivasi masuk dalam dunia politik dan pemerintahan. Ahok menyebut ayahnya menjadi tokoh utama yang memotivasi dirinya.

Ayahnya menekankan kalau menjadi pengusaha punya uang Rp1 miliar hanya bisa membantu 2.000-an orang, namun kalau menjadi pemimpin dia bisa membantu orang lain lebih banyak lagi.

Seperti diketahui, warga keturunan Tionghoa seperti Ahok hanya berjumlah 2 persen dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 225 juta orang. Kebanyakan dari warga Tionghoa itu dikenal menjadi pengusaha.

CCTV juga menceritakan, latar belakang Ahok sebagai warga keturunan Tionghoa bukan satu-satunya alasan dirinya banyak ditentang. “Ahok selain Tionghoa juga beragama Kristen,” ungkap CCTV yang menyebut Indonesia sebagai negara dengan mayoritas beragama Islam.

“Lalu bagaimana dia bisa menjadi Gubernur pertama di Indonesia yang berasal dari etnis Tionghoa?” tanya CCTV.

“Ayahku berkata sebaiknya kamu ada di pemerintah bukan pengusaha. Kalau kamu punya Rp1 miliar kamu hanya Bantu 2.000 orang kasih masing-masing Rp5.000 setelah itu uangnya habis. Kamu mungkin tidak punya uang segitu lagi untuk Bantu setiap bulan,” katanya menirukan perkataan sang ayah.

“Kalau kamu jadi pemerintah, kamu bisa membantu satu desa, satu pulau,” ungkapnya mengenang motivasi pertama menjadi pejabat daerah di Belitung Timur.

http://www.solopos.com/2016/03/16/pi...ubernur-701324

mandarin gan
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
18-03-2016 12:48
Klo ane liat di CCTV nya ada text bahasa Indo ga ya emoticon-Hammer
0
18-03-2016 12:52
0
18-03-2016 12:53
wahhh klo gitu ini pasti antek cino menlen

*sarkas ya
0
18-03-2016 12:57
lah elu pake bahasa jawa bugis sunda batak dll itu apa?

bahasa hanya alat menyampaikan pesan.

kalo yg ngobrol tahu sama lain emang kenapa?

lagian itu ada terjahannya.

bisa bahasa mandarin itu malah positif, lu gak bisa dikibulin di glodok emoticon-Traveller
Diubah oleh kakekserbatahu
0
18-03-2016 12:58
memakmurkan saudara seetnis.itu sudah
0
18-03-2016 13:01
yacata.. cung cung
0
18-03-2016 13:03
“Lalu bagaimana dia bisa menjadi Gubernur
pertama di Indonesia yang berasal dari etnis
Tionghoa?” tanya CCTV

salah ato kurang info no cctv?

emoticon-Traveller
0
18-03-2016 13:03
Quote:Original Posted By kopitalk



merinding jg gw nontonnya, ini ahok tionghoa beda emang, ga banyak org tionghoa spt dia, sedikit banget malah gw bilang...

ga nyangka jg bisa fasih mandarinnya, mgkn bener kata walikota gw, kl ahok ga jadi gubernur bukan ahok yang nyesel, tp warga Jakarta

awalnya gw sirik ama warga jkt krn pny sosok ahok sbg pemimpin tp engga lagi sejak ada kang Ridwan Kamil di bandung

semua org punya kekurangan dan kelebihan, setidaknya ini orang pny kelebihan banyak daripada kekurangannya
0
18-03-2016 13:04
Makanya, yang merasa lokal di Jakarta....selama ini selalu merasa aman, nyaman.....kerja asal"an dan santai, merasa kalau dominasinya ga bakalan pernah hilang....ga sadar kalau semakin banyak orang Jakarta yang jadi tambah pinter, melek politik, dan muak dengan dominasi kalian yang hanya menguntungkan Kelompok kalian sendiri....akhirnya timbul deh gerakan rakyat dan kalian baru kaget....
0
18-03-2016 13:05
Hooo kirain bahasa dia Hokkian....


Seksi bener kalo ngmong mandarin emoticon-Wowcantik


Nanti ngomong Arab yah biar varokah
Diubah oleh mooniequeenie
0
18-03-2016 13:07
ada yg kelonjotan diatasemoticon-Wakaka
0
18-03-2016 13:08
Saiya aja pingin belajar bahasa china aja ... Blm bisa bisa....
Pafahal kl bisa .. Minimal kl belanja di glodok bisa lebih murah
0
18-03-2016 13:09
Waspada lah waspada lah....

Bang napi gak pernah buka topeng kalau di TV
0
18-03-2016 13:10
Quote:Original Posted By kimlind
“Lalu bagaimana dia bisa menjadi Gubernur
pertama di Indonesia yang berasal dari etnis
Tionghoa?” tanya CCTV

salah ato kurang info no cctv?

emoticon-Traveller


sama gub kalbar duluan mana gan?
0
18-03-2016 13:14
Quote:Original Posted By kopitalk


wah cctv 4 perlu perbaiki tuh (mengingat cctv 4 adalah tontonan fav bos2 besar zhongguo), yg dipakai ahok seragam pemprov DKI bukan seragam militer emang sekilas mirip sih seragam linmas nya) emoticon-Big Grin

btw, boleh juga mandarin nya ahok walau masih logat lokalemoticon-Stick Out Tongue emoticon-Ngacir
0
18-03-2016 13:17
Ini sembari belajar bahasa arab, biar pada mingkem
0
18-03-2016 13:19
Quote:Original Posted By kopitalk



gan dicariin gip di singapur emoticon-Ngacir
0
18-03-2016 13:21
tim sukses nya di kaskus setiap hari buat gini ya
0
18-03-2016 13:21
Quote:
“Ada seribu orang datang ke rumah saya. Saya tidak tahu mereka mau berbuat apa. Kalau saya lapor polisi dan ternyata tidak ada keributan tentu sangat menggelikan,” katanya dalam bahasa Mandarin.


Perumahan lu kan daerah podomoro bos, massa'nya juga kan massa bayaran, tinggal bos podomoro telpon sana sini beres lah ya ?
emoticon-Ngakak
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.