Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fogaAvatar border
TS
foga
Ane Pengen Nyumbang Ide Untuk Kaskus
Ane turut merasa prihatin setelah membaca thread ini :
KASKUS MAU DIBAWA KEMANA?


MASALAH

Dari masa ke masa, Sub-Forum di Kaskus makin banyak, hal ini menyebabkan terpecahnya penghuni Sub-Forum yang lebih besar ke Sub-Forum baru. Alhasil, penghuni Sub-Forum besar semisal Lounge jadi makin sepi, sementara Sub-Forum baru pun cuma berpenghuni seadanya. Coba cek aja sendiri, sub-forum lain itu kebanyakan thread lama-lama semua dan yang komen terakhir pun sudah lama (contohnya sub-forum Young On Top, yang rajin bikin thread cuma Billy Boen doang, atau Debate Club yang kebanyakan thread-nya dari zaman batu). Untung aja ga ada sarang laba-labanya.

SOLUSI ANE

Sebaiknya Kaskus pakai sistem Tags, bukan Sub-Forum.

Apa itu tags?

Tags itu seperti label/kategori di blog atau website berita. Jadi, ketika orang bikin thread, dia harus memilih tags, bukan sub-forum. Dia harus menentukan tags sesuai dengan isi thread yang dia buat. Apakah politik, ekonomi, hiburan, atau lainnya. Lalu, pembaca bisa memfilter tags apa saja yang mau dia lihat dan yang tidak mau dia lihat. Dia bisa menampilkan "semua thread dari semua tags" kalau ingin lihat thread-thread campuraduk atau mengkombinasikan beberapa tags untuk menampilkan thread-thread sesuai selera dia.

Apa bedanya dengan sub-forum? Apa kelebihan tags? Berikut menurut pendapat ane :


Gini, pengalaman ane dulu, kalo ane bikin thread itu hampir selalu dimasukan di lounge, apapun kategori thread ane. Ane ga mau bikin thread di sub-forum lain yang lebih sesuai dengan isi thread ane. Kenapa? Karena kalau ane bikin thread sesuai sub-forum, itu nyaris ga ada yang view dan ga ada yang komeng karena sub-forum-nya itu kayak kuburan alias sepi. Sementara di lounge, rame banget. Jadi ane selalu bikin thread di lounge. Hal ini emang menyebabkan kekacauan di lounge, dan kesunyian di sub-forum lain. Tapi apa daya ane yang ingin thread-nya rame?

Nah, sementara dengan sistem tags, thread makers ga akan takut threadnya sepi kalau memilih tags sesuai dengan isi thread karena para viewers sekarang tertampung di satu halaman dan bisa membaca thread mereka. Dengan sistem ini pun akan mengurangi kejadian "Salah Kamar", karena hampir tidak mungkin ada kejadian "Salah Tag". Dengan tags pun, setiap thread akan secara akurat bertemu dengan viewers yang tepat.

Selain itu, dari sisi viewers, sistem tags ini memungkinkan mereka untuk menjelajahi seluruh Kaskus dari satu halaman saja. Lebih nyaman dan fleksibel ketimbang harus menjelajahi beberapa Sub-Forum hanya untuk menemukan sarang laba-laba. Jadi, kenyataannya Sub-Forum itu mubazir banget.

Dengan sistem tags, daya tarik Kaskus akan meningkat. Ranking-nya di Alexa pun yang sekarang sedang terpuruk dan drop habis-habisan, mungkin bisa naik lagi menyaingi detik.com.

Sekian pendapat ane, ane cuma ngasih pendapat yang mungkin masih bisa dikaji dan dikoreksi oleh agan-agan. Terima kasih.

0
2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.