• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gimana Sih Menjaga Pertemanan Agan Menjadi Sebuah Networking Yang Baik?

fabian1960Avatar border
TS
fabian1960
Gimana Sih Menjaga Pertemanan Agan Menjadi Sebuah Networking Yang Baik?

Pertemanan itu membutuhkan komitmen antara dua orang atau lebih tapi gak harus pacaran juga gan. Bukan bermaksud memanfaatkan tetapi teman itu adalah suatu aliansi, suatu simbiosis agar bisa melakukan banyak hal positif dan kreatif. Itulah gunanya networking.

Kita berteman, membangun hubungan, jaringan, link, networking atau apapun itu agar hidup agan jauh lebih gampang. Saling mengisi kekosongan, dan menyempurnakan. Teman bisa melipatgandakan dari apa yang agan bisa lakukan.

Esensi teman atau networking gak harus dilihat dari manfaat yang agan terima loh, malah justru sebaliknya. Manfaat apa yang bisa agan berikan dengan tulus? The genuine joy in "giving" adalah ikatan terbaik dari sebuah jaringan atau network.

Apa agan masih sering ktemu sama ratusan temen agan di facebook? atau apakah agan masih menghubungi teman-teman SD agan untuk menjaga hubungan? apakah mempunyai teman hingga ratusan bahkan ribuan di social media itu adalah indikasi networking yang sukses?

Nah disini karena ane abis baca bukunya Rene CC, ane pingin share ke agan semua gimana sih cara membangun network yang kuat? Cekidot pendekatannya gan :


1. Siap setiap saat



Agan gak boleh malu, harus pede, jangan minder dan wajib siap mental untuk berinteraksi dengan SIAPA SAJA, dimana saja dan kapan saja. Bagi agan yang ingin membangun networking jangan lupa siapkan kartu nama atau sebuah informasi yang gampang untuk agan berikan kepada setiap orang.


2. Jadilah pendengar yang baik



Ini simpel dan gak boleh diremehin gan, agan harus bisa dengerin orang seakan-akan orang tersebut sedang menceritakan sesuatu yang membuat agan tertarik. agan harus paksa itu dan tunggu sampai lawan bicara agan selesai, dan silahkan memberikan respon sehabis itu. Disini agan akan belajar banyak tentang bagaimana menghargai pembicaraan orang itu sangat penting.


3. Memberi sebelum menerima



Agan harus jadi orang yang pertama dalam memberikan informasi, entah dalam menawarkan bantuan dan solusi atau hanya apresiasi. Ini namanya "Give and take". Psikologisnya ketika seseorang ditawarkan suatu bantuan atau respon yang baik dari sebuah perkenalan akan membuat orang tersebut jadi lebih menghargai agan.

4. Tanya Sesuatu



Ajukan pertanyaan untuk hal-hal yang memang Agan ingin ketahui. Buatlah obrolan agan menjadi lebih berbobot karena agan terlihat excited dengan topik yang dibicarakan.

5. Tulus



Berikan perhatian sepenuhnya dan tidak mengharapkan apapun selain kebaikan bersama.


"Strong Network akan muncul apabila terjadi proses pertukaran ide, informasi dan peluang diantara para pelakunya dengan lancar dan tulus. Ikatan terjalin kuat dalam bentuk mutual respect, common interest dan saling menguntungkan. Sebaliknya weak network terjadi saat para pelaku terbentur pada formalitas belaka dan dipenuhi oleh nuansa "whats in it for me?" - Rene Suhardono CC
0
28.9K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.