Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Daftar 10 Film Horror Yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata
Suka nonton film horror? Lumayan banyak film horror bagus yang dilempar ke pasaran. Diantaranya ada Dracula Untold, Cabin Fever 3 : Patient Zero, lalu ada Deliver Us From Evil, Annabelle, Jessabelle, dan lain-lain.
Nah, asal kalian tahu, ada beberapa film horror terkenal yang dibuat berdasarkan kisah nyata, atau minimal terinspirasi dari kisah nyata. Ada yang berupa misteri pembunuhan, ada pula penampakan supernatural, pembunuhan berantai, dan lain-lain. Penasaran? Berikut daftar 10 film horror yang dibuat terinspirasi dari kisah nyata:

1. The Amityville Horror



Film ini sudah dibuat dalam berbagai versi, tercatat kira-kira ada 11 versi yang sudah beredar dan 1 versi yang masih dalam proses pembuatan, yaitu Amityville: The Awakening. Versi pertama yang sudah beredar adalah The Amityville Horror (1979) dan terakhir adalah The Amityville Asylum (2013).
Film ini bercerita tentang pengalaman supernatural George dan Kathy Lutz beserta keluarga yang baru pindah rumah ke 112 Ocean Avenue, Amityville, Long Island, New York, tanpa mengetahui bahwa setahun sebelumnya di rumah itu terjadi pembunuhan mengerikan yang diduga dilakukan oleh Ronald DeFeo, Jr. Sedangkan korbannya ada 6 orang yang semuanya adalah keluarga DeFeo, terdiri dari ayah, ibu, dua orang saudara laki-lakinya, dan dua orang saudara perempuan. Sementara motif pembunuhan itu sampai sekarang masih menjadi misteri.
Diantara banyak versi film ini, yang pernah mencapai box office antara lain versi tahun 2005 dengan judul yang sama (The Amityville Horror), mencapai pendapatan sekitar $108 juta.

2. The Haunting in Connecticut



Berdasarkan kisah nyata yang ditulis dalam buku "In a Dark Place: The Story of a True Haunting", film ini seperti juga film The Amityville Horror, menceritakan tentang keluarga Snedeker yang baru pindah ke sebuah rumah yang merupakan bekas kuburan. Padahal, bekas penjaga kuburan itu dulunya adalah praktisi necromancy alias ilmu hitam yang bertujuan membangkitkan mayat hidup. Maka jadilah keluarga yang baru pindah itu dihantui oleh arwah-arwah gentayangan yang berada dalam rumah itu.
Film yang diproduksi pada tahun 2009 ini tercatat sebagai salah satu film horror yang mencapai box office dengan pendapatan sekitar $77,5 juta.

3. The Mothman Prophecies



Film yang beredar pada tahun 2002 dan dibintangi oleh Richard Gere ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Point Pleasant, West Virginia antara tahun 1966 hingga 1967, film ini sebagian berdasarkan pada buku yang ditulis oleh John Keel pada tahun 1975 dengan judul yang sama.
Menceritakan tentang petualangan seorang reporter yang menyelidiki fenomena kemunculan “Mothman”, makhluk seukuran manusia yang bersayap. Banyak saksi mata menyatakan melihat langsung sosok makhluk ini pada tahun 1966 hingga 1967 di sekitar area bekas gudang amunisi di masa perang dunia II. Dilaporkan makhluk ini berwarna putih, wajahnya mirip serangga dengan mata berwarna merah menyala. Dalam kurun waktu sekitar satu tahun, makhluk ini dilaporkan telah membunuh sebanyak 46 orang.
Film ini sendiri bisa dikatakan cukup berhasil dari segi finansial dengan mencatatkan pemasukan sekitar $55 juta.

4. The Texas Chainsaw Massacre



Telah diproduksi dalam 7 versi, film ini mencatatkan pemasukan yang fantastis yaitu sekitar $235 juta dari ketujuh versinya. Versi pertama beredar pada tahun 1974 dengan judul The Texas Chain Saw Massacre, sedangkan yang terakhir pada tahun 2013 dengan judul Texas Chainsaw 3D.
Menceritakan tentang sosok Leatherface, seorang psikopat yang memakai topeng dari kulit manusia dan selalu membunuh pendatang yang melewati wilayahnya dengan gergaji mesin lalu memakan dagingnya.
Film ini sendiri terinspirasi dari kisah nyata pembunuh keji bernama Ed Gein (Edward Theodore Gein) yang tinggal di Plainfield, Wisconsin. Jumlah korban Ed Gein sendiri sampai sekarang masih menjadi misteri karena yang bersangkutan sulit diinterogasi dan dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan. Akan tetapi dari penyelidikan polisi, di rumahnya ditemukan berbagai bukti yang mengerikan. Selain sesosok mayat wanita yang masih setengah utuh tergantung telanjang bulat, ditemukan pula tulang belulang, panci berisi kulit manusia, topeng dari kulit manusia, kursi dengan alas duduk dari kulit manusia, mangkuk terbuat dari tengkorak yang digergaji bagian atasnya, 4 hidung manusia, sebuah sabuk yang terbuat dari potongan puting susu wanita, 9 potongan alat kelamin wanita di sebuah kotak sepatu, serta sepasang bibir wanita.

5. The Serpent and the Rainbow



Film yang disutradarai oleh Wes Craven ini diedarkan pada tahun 1988, dibintangi oleh Bill Pullman dan menceritakan tentang penyelidikan praktek voodoo yang terjadi di Haiti.
Film ini berdasarkan pada kisah nyata dalam buku berjudul sama yang ditulis oleh Wade Davis, seorang antropologis, tentang penyelidikannya pada kasus penculikan Clairvius Narcisse, seorang warga Haiti yang dibius dengan campuran racun katak dan ikan buntal, kemudian dikubur hidup-hidup. Ketika kemudian diangkat dari dalam kuburnya, Narcisse masih hidup akan tetapi dia kehilangan pikirannya, tidak ada bedanya dengan zombie. Narcisse kemudian dipekerjakan di perkebunan selama dua tahun oleh penculiknya sebelum akhirnya si penculik meninggal dunia, dan Narcisse pun terbebas. Narcisse baru bisa pulang ke rumahnya setelah 18 tahun dianggap meninggal dunia oleh keluarganya.
Film ini sendiri dirilis oleh Universal Pictures dan mencatatkan penghasilan sekitar $19 juta.

6. The Exorcism of Emily Rose



Berdasarkan kisah nyata dari Anneliese Michel, seorang penganut katolik di Jerman yang meninggal dunia ketika dilakukan upacara exorcism (pengusiran setan) atas dirinya oleh seorang pendeta. Cerita film ini merupakan gambaran atas konflik antara kepercayaan dan agama terhadap hukum negara, ketika pendeta yang melakukan upacara tersebut dituntut di muka pengadilan karena dianggap telah lalai sehingga mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.
Film yang disutradarai oleh Scott Derrickson dan dibintangi oleh Laura Linney dan Tom Wilkinson ini diedarkan pada tahun 2005 dan mendapat apresiasi yang cukup baik dari kalangan kritikus film. Bahkan Chicago Film Critics Association menempatkan film ini di nomor 86 dalam daftar 100 film paling menakutkan yang pernah dibuat. Hingga bulan April 2012, film ini telah mencatat pemasukan tidak kurang dari $144 juta.

7. The Entity



Dirilis pada tahun 1983, film yang diilhami oleh buku karangan Frank De Felitta berjudul sama ini menceritakan tentang kisah nyata seorang wanita bernama Carla Moran dan seorang anak laki-lakinya yang masih remaja. Carla Moran telah dirudapaksa dan diserang oleh sesosok makhluk yang wajahnya tidak bisa dilihatnya dengan jelas. Ketika anak Carla berusaha menolong ibunya, si anak malah dilemparkan ke sudut ruangan hingga mengalami patah tulang di bagian tangannya.
Anehnya, ketika pembuatan film ini dilakukan, aktor yang memerankan anak Carla, David Labiosa, juga mengalami patah tulang lengan sehingga harus dirawat di rumah sakit. Sejak peristiwa penyerangan itu, Carla Moran terus dihantui oleh makhluk tersebut, bahkan hampir tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.
Meskipun adegan dalam film itu banyak yang didramatisir, namun beberapa peristiwa dalam film tersebut memang benar-benar terjadi dan terdokumentasikan.
Walaupun hanya mencatatkan pendapatan sebesar $13 juta, namun film yang disutradarai oleh Sidney J. Furie dan dibintangi oleh Barbara Hershey ini mendapat apresiasi yang lumayan tinggi, bahkan sutradara kenamaan Martin Scorsese menyebutnya sebagai salah satu film paling menakutkan sepanjang masa. Sedangkan aktris Barbara Hershey berhasil mendapatkan penghargaan Avoriaz Fantastic Film Festival Award sebagai aktris terbaik.

8. The Hills Have Eyes



Ada banyak film horor yang menceritakan tentang pembunuhan atas seseorang yang tersesat dalam perjalanannya, satu diantaranya adalah film The Hills Have Eyes ini.
Sutradara Wes Craven menyatakan film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada abad ke 16 dimana segerombolan kanibal dari Skotlandia mencegat dan membunuh para pengendara yang tersesat di hutan mereka, serta memakan dagingnya.
Film ini sendiri telah diproduksi sebanyak 5 versi, semuanya dengan judul yang sama, yang pertama kali dibuat adalah versi tahun 1977 (disutradarai oleh Wes Craven), kemudian yang terakhir dibuat pada tahun 2007 (disutradarai oleh Martin Weisz). Seri film ini terbukti cukup disukai penonton, ini terbukti dari 2 versi film ini saja yaitu versi tahun 2006 dan 2007 telah mencatatkan penghasilan $107 juta.

9. The Exorcist



Film ini sudah dibuat sebanyak 6 versi, yang pertama adalah The Exorcist (1973), dan terakhir adalah Dominion: Prequel to the Exorcist (2005).
Film ini sendiri berdasarkan pada buku dengan judul sama yang ditulis oleh William Peter Blatty, menceritakan tentang kisah nyata yang terjadi tahun 1949 tentang seorang anak laki-laki dari Maryland yang kerasukan setan (dalam film digambarkan sebagai anak perempuan), dan upaya yang dilakukan oleh dua pendeta untuk menyembuhkannya. Adegan-adegan seperti kepala yang berputar ke belakang, kemudian anak perempuan yang memuntahkan cairan berwarna hijau, serta konflik pribadi yang terjadi pada kedua pendeta diakui tidak pernah terjadi dan hanya merupakan bumbu dalam film ini.
Dari keenam versi yang telah beredar, versi pertama adalah yang paling banyak mendapatkan penghasilan, yaitu sekitar $401,4 juta, sedangkan dari total keenam versi mendapatkan $661,4 juta. Untuk masalah penghargaan, versi pertama film ini telah menerima 2 Academy Award, yaitu untuk Sound dan untuk Writing Adapted Screenplay.

10. Psycho



Seperti juga film Texas Chainsaw Massacre, film ini juga terinspirasi oleh pembunuh Ed Gein, akan tetapi lebih menonjolkan segi kejiwaannya. Film ini sendiri adalah remake dari film berjudul sama yang dibuat oleh Alfred Hitchcock pada tahun 1960. Dibandingkan dengan versi 1960, film ini kalah jauh baik dari segi komersial maupun kualitasnya. Bahkan dilaporkan film ini cuma menghasilkan $37 juta padahal biaya produksinya diperkirakan $60 juta.
Selain kedua film psycho diatas, masih banyak versi psycho lain yang dirilis yang semuanya terinspirasi oleh pembunuh Ed Gein, antara lain Psycho II (1983), Psycho III (1986), Bates Motel (1987), Psycho IV: The Beginning (1990), dan lain-lain.
Ed Gein memang banyak menginspirasi film horror karena kekejaman gaya pembunuhannya yang hampir tidak lumrah dilakukan oleh manusia, yaitu dengan menguliti wajah korban-korbannya yang kebanyakan wanita dan menjadikannya topeng, karena mereka mengingatkan Ed Gein pada sosok ibunya. Bahkan film The Silence of The Lamb pun merupakan film yang terinspirasi oleh Ed Gein.

sumur: http://www.mbakbro.com/2014/10/Dafta...-Bagian-1.html
Diubah oleh acabindonesia 15-03-2016 04:49
0
26.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.