Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suxdayzAvatar border
TS
suxdayz
[FR] Jalan Santai ke Gunung Dempo 3159 mdpl via Tugu Rimau
Libur nyepi membuat ada 2 hari kejepit dimana bisa saya manfaatin buat ngetrip. Dan saya ingin ngetrip di daerah2 Sumatera sana. Pas banget, ibarat gayung bersambut. Kebetulan saya mesti jemput mobil kesana. Tapi masih bingung tujuan ngetripnya kemana. Ngelist gunung2 yang ada di Sumatera dan memilih salah satu untuk di-“naiki”. Hehe

Skip2! ternyata ada temen juga lagi ada di Sumatera Barat, di Solok!. Sebut saja namanya Mamet. Katanya juga lagi program jalan-jalan alias liburan tapi udah mo balik ke Jakarta. Lansung di kontak! Saya bilang untuk stay dulu di sana beberapa hari. Tar balik ke Jakartanya bareng aja. EH! dia nya OKEEEINNN!!. Yasudd.. ada konco buat ngetrip deh!

Terbanglah ke Padang pake LCC yang suka delay itu. Tapi Alhamdulillah dapet kursi yang legroomnya lega. Klo agan2 terbang pake LCC itu, pas checkin minta di 32F deh (klo ga salah). Suerr legroomnya lega banget! klo bruntung sih bisa adep-adepan ama pramugari yang belahan rok nya ampe paha. emoticon-Big Grin

Skip! mendarat di Padang. Ambil mobil lansung cabut ke kota Solok, ketemu sama Mamet.



Jam 5 Sore, berangkatlah nyetir ndiri ke Solok. Landscape indah selalu menemani perjalanan. Sayang banget gak bisa motret karena lagi nyetir. Mo berenti pun agak malas. Maap ya emoticon-Frown

Jam 7 malem, sampe deh di kota Solok. Kontak Mamet lansung mampir ke rumahnya. Ngobrol2 dulu dan ngopi. Disana lah terjadi perbincangan alot untuk menjawab dari pertanyaan ” KITA KEMANA GAN?

Awalnya destinasinya adalah Danau Gunung Tujuh, sebelumnya Mamet udah ke Gunung Talamau, Marapi dan Singgalang dalam 2 minggu terakhir.

Baca juga : #ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau by Mamet - garuda0317

Klo ditanya saya? Saya sih hayuk2 aja. Tapi malam itu entah kenapa saya ingin ke Gunung Kerinci. Akhirnya planning2 bikin rute jalan. Tapi kok ya kita jadi kurang yakin, kenapa? karena gimana trip kali ini juga efisiensi perjalanan ke Jakarta juga. Terpilihlah Gunung Dempo 3159 mdpl Pagar Alam – Sumatera Selatan.

Informasi tentang Gunung Dempo bisa dilihat disini (*wikipedia)

Malam itu juga, kita lansung brangkat!!emoticon-Frown



Waktu tempuh perjalanan sekitar 12 Jam, saya sama Mamet malam itu ganti-gantian bawa mobilnya. Kita juga sempat mampir di Kota Silungkang untuk makan Nasi Sup nya yang terkenal itu MAKNYUS!. Dan ngopi2 ganteng di daerah Dharmasraya. Perjalanan kita ditemani sama hujan deres. Bikin suasana jadi gimana gimanaa gitu!

Spoiler for Pic:


Esok siangnya, setelah nyetir 12 jam non-stop akhirnya kami sampe juga di Kota Pagar Alam- Sumatera Selatan. Lansung nyari makan, dan nanya2 informasi akses ke Gunung Dempo. Oia, sebelumnya saya juga ngontak Uda Dedy. Uda Dedy bilang akses ke Gunung Dempo ada 2 yaitu via Kampung IV dan via Tugu Rimau. Namun beliau rekomendasiin Kampung IV karena jalurnya landai sedangkan Tugu Rimau itu jalur yang no bonus! di tutup saat itu karena lagi ada perbaikan fasilitas di pos dan treknya juga abis kebakaran.

Akhirnya dari siang ampe sore kita kliling2 deh tu nyari2 Kampung IV. Sempat nyasar dan bingung juga karena akses ke Kampung IV itu jelek banget.
Spoiler for Pic:


Akhirnya, melihat situasi dan kondisi. Gak mungkin juga mobil kita titip. Kita cek lah jalur Tugu Rimau. Kita akan lewat sana. Sesampai di titik pendakian Tugu Rimau, banyak abege-abege selfie2 kekinian disana. Nanya2 akhirnya memang jalur disana tutup. Tapi, uda Dedy cerita bahwa ada salah satu temen kita juga, sebutlah namanya Agung– sempat tektok gak sengaja naik dempo disana!

Muncul lah perubahan rencana yang dari awal mau nge-camp mau kemping2 bahagia, berujung dengan TEKTOK!. Skip2! Mamet juga semangat,lebih semangat malah!

Sore itu kami turun kembali ke kota Pagar Alam, cari penginapan untuk istirahat karena kami harus recovery karena gak tidur sharian semalaman. Dan semoga esoknya badan kami fit dan bugar!

Esok pagi, kami lansung menuju ke Tugu Rimau. Titik pendakian yang saat itu di tutup sampe batas waktu yang tidak ditentukan. Mencoba lapor sama petugas disana dan minta ijin. Namun ketemunya sama anak dari kepala keamanan daerah sana. Lobi2, akhirnya di ijinin juga karena kami TEKTOK dan ga inap.

Skip2. Prepare dan mulai nanjak!!

Oia, sebagai info aja. Ini jalur suer ga ada bonus! Nanjak dr start! berikut foto yang berbicara. Hehe
Spoiler for Pic:

Hah Heh Hoh! nanjak, saya bikin ritme sendiri karena susah ngikutin Mamet. Tidak seperti pendakian2 sebelumnya dimana biasanya ngukur dari satu pos ke pos berikut berapa ketinggian dan waktu tempuh. Kali ini lansung maen sikat aja. Dan memang, selama nanjak shelter2nya itu hanya buat istirahat sementara (lupa juga ada berapa shelter ya). Karena gak ada spot luas juga buat ngecamp.

Skip! 2,5 jam akhirnya sampe di puncak Gunung Dempo atau Top Dempo! Nah, disini saya baru sadar bahwa Gunung Dempo tu ada bukit lagi di atas nya klo mo menuju puncak Merapinya. (ni akibat ndak riset2 gunung dulu sebelum naik - bukan contoh yg baik).
Spoiler for Pic:

Tapi sebelum ke puncak Merapi Dempo, kita harus treking lagi turun ke bawah ke Camp Area-nya (Oh disini toh klo mo ngecampnya).
Spoiler for Pic:


Skip2, saya udah lelah mo naik ke Puncak Merapinya. Mana disaat pertengahan jalan, ujann juga bentar. Mo gak mau tetap nanjak terus. Gak berapa lama kami sudah di Puncak Merapi Dempo. Dan menunggu kabut hilang supaya dapat jepret2. Berikut fotonya :
Spoiler for Pic:


Puas foto2, sekitar jam 2 siang kita meluncur ke bawah!. Saya pelan2 karena mikir ni dengkul masih dipake buat nyetir mobil. Tapi ujung2nya masa bodoh. Tak ikutin tu Mamet lari ampe bawah. Zzz.. 2 jam setelah itu tepatnya jam 4 sore kita sampe lagi di Tugu Rimau dan foto-foto lagi. Hehe!
Spoiler for Pic:


Bersih2 bentar, ngeteh (serius deh.. teh yang tumbuh di Gunung Dempo, enak2 gimana gitu). Saya sempat beli lansung tehnya disini. Mgkn bisa kita coba deh kapan2. Hehe.

Kelar itu kami lansung cabut ke bawah. Ke kota Pagar Alam lagi. Sumpah, landscape indahnya gak bisa dilewatkan. Akhirnya kami poto2 tu.
Spoiler for Pic:


Pas turun ke bawah Mamet nyelutuk!. ke Palembang yuk? Hmm.. HAYUK! Gak pake mandi gak pake istirahat. Sore itu juga tepat jam 6 kita lansung gas ke Palembang!!



Diperjalanan kita melewati Kota Lahat dan Muara Enim, abis itu Palembang. Tengah malam kita sampe di Palembang. Lansung nyari penginapan dekat dengan Jembatan Ampera – iconnya kota Palembang. Skip2! bersih2 mandi air anget seger2 tidur pulas!

Seperti niat saya ngetrip ditahun ini, saya ingin ngetrip ini sekalian juga icip2 kuliner. Nah, kali ini di Palembang kita juga icip Pempek di Palembangnya. Pempek Flamboyant di Palembang disambangi. Dan yg maknyus adalah kita juga makan Model dan Es Kacang Merah di Vico – depannya PIM (Palembang Indah Mall). Mampirlah kesana, enak kok..kecuali oknum mbak2 nya yg jutek emoticon-Smiliemgkn ngeliat kami kayak gembel yak!


Jadi ini yang nama nya Model dan Es Kacang Merah

Perut kenyang lah sudah! Namun gak afdol gak poto2 di Jembatan Ampera!
Spoiler for Pic:

Kelar sudah! kami pun lansung brangcut menuju Bandar Lampung!



Perjalanan panjang menuju Bandar Lampung. Terbayar sudah ketika kita makan malam di Ayam Penyet Hang Dihi. Suer saking nikmatnya saya ga ada tenaga buat fotoin tu makanan. Haha!

Kelar makan malam, kita muter2 kota Bandar Lampung. Melihat aktifitas2 anak muda mudinya. Lalu head to Pelabuhan Bakauheni untuk nyebrang ke Merak.



Satu hal yang berkesan adalah keramahan warga di Pagar Alam, sampai ke petani2 teh itu. Setiap kita ajak ngobrol mereka selalu tersenyum. Saya kadang heran2 sendiri. Ini mereka senyum ramah apa ngetawain kita yg tampang kayak gembel yak? Haha

Dikapal, kita sempat mereview perjalanan kali ini. Dan juga dadah ke pulau Sumatera. Bersyukur kita diberikan keselamatan.

Tak lupa hammock-an


Hammock-an sambil liat2 bintang

Nyampe deh di Jakarta.

Kembali ke Gunung Dempo!

Biaya Transportasi :
Saya gak bisa share info brapa cost yang harus dikeluarkan klo ada yg ingin nanjak ke Gunung Dempo karena saya sendiri pun gak ngitung. Tapi jika ingin ke Gunung Dempo via transportasi umum. Mgkn kalau dari Jakarta naek pesawat dulu ke Palembang. Abis itu nyari bis atau travel lansung ke Pagar Alam. Atau ada juga yang ke Kota Lahat dulu baru ke Pagar Alam. Tapi jujur, waktu tempuh ke Pagar Alam pun sangat lama. Saya gak kebayang apakah nanti gw akan ke Dempo lagi.

Logistik:
Berhubung tektok, jadi makan snack bar aja sama wafer. Air minum seliter

Waktu Tempuh:
Hmm, 2.5 jam sampe top dempo. Ke puncak merapinya gak ngitung. Turun dari puncak merapi 2 jam sampe Tugu Rimau. Totalin aja.. lama nya nungguin kabut buat poto2 aja.

Jalur:
Untuk trekking akses ke Dempo ada 2, Kampung IV dan Tugu Rimau. Sampe catper ini di tulis, Tugu Rimau masih tutup. Jika melakukan pendakian disana dan terjadi sesuatu itu adalah tanggung jawab masing2. Saat saya disana sempat ada pendaki yg turun di Tugu Rimau itu dimarahi sama Petugas SAR yg kebetulan ada disana. (untung gak ketemu sama kita tuuhh). Untuk ke Kampung IV bisa numpang mobil truk teh atau ojek dari pintu masuk kawasan gunung Dempo. Klo bawa mobil pribadi, gak bisa akses kampung IV karena jalannya yang jelek. Kecuali mobil lu Land Rover dan kawan2nya. Hehe

Pos Tugu Rimau ada Musola dan kamar mandi. Namun sayangnya masih tutup!

Jalur via Kampung IV agak landai namun membutuhkan waktu tempuh yang lama. Sedangkan di Tugu Rimau jalur nya ibarat dengkul ketemu jidat! nanjak beud men! Jadi butuh tenaga ekstra.

Sumber air, di camp area ada sumber air saya liat beberapa. Mungkin karena musim ujan juga. Tapi memang ga ada “mata air” yang sengaja dibuat. Jadi disarankan bawa air dari bawah aja.

Smoga info nya bermanfaat.
Diubah oleh suxdayz 17-03-2016 00:29
0
5.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.