Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aditbudiantoAvatar border
TS
aditbudianto
Rahasia Mempelajari Matematika
Ada sebuah cerita menarik dari salah satu bimbingan belajar. Seorang siswa bertanya pada gurunya "Pak sudah begitu banyak soal yang sudah bapak berikan kepada kami, namun kenapa tidak ada satu soal pun yang keluar dalam ujian kemarin?"

Spoiler for :


Mendengar pertanyaan seperti itu sang guru pun diam seribu bahasa, beliau tidak bisa menjawab pertanyaan sang murid.

Pada kejadian ini sebenarnya baik sang guru maupun murid tidak memahami satu hal yang penting dalam mempelajarti Matematika. Sebenarnya walaupun banyak soal tahun sebelumnya sudah dibahas, kemungkinan soal yang muncul pada ujian berikutnya adalah sangat sedikit sekali. Sebaiknya sang guru menyadari satu hal tentang mengajarkan Matematika kepada muridnya, sehingga kelak jika ia ditanya dengan pertanyaan sejenis, ia bisa menjawabnya dengan cerdas.

Inti dari belajar Matematika bukan hanya terletak dari seberapa banyak soal yang sudah dia dapatkan, walaupun itu juga penting. Sebelumnya yang perlu ia tanamkan dalam hati dan pikirannya ialah bahwa kemampuan ber-Matematika itu bisa diasah dengan cepat jika pemahaman akan konsep ia kuasai lebih dahulu. Dengan pemahaman akan konsep, seorang siswa akan bisa menjawab tipe/bentuk soal seperti apapun.

Spoiler for :

Saya sering menganggap diri saya adalah seorang detektif saat mengerjakan soal Matematika. Sebagai seorang detektif tentu saya mempunyai seperangkat konsep/pengetahuan dasar yang sudah saya miliki. Kemudian saya mulai melibatkan diri dalam suatu masalah/soal. Saya berusaha memahami permasalahannya, kemudian saya akan berangkat kepada pemecahan/penyelesaian seperti apa yang dibutuhkan.

Setiap pemecahan tentu akan sangat tergantung pada masalahnya. Konsep atau pengetahuan yang diperlukan tentu akan berbeda antara satu masalah dengan masalah lainnya. Inilah pentingnya kita melakukan proses identifikasi masalah, mencoba mengetahui dan memahami permasalahan nya terlebih dahulu.

Spoiler for :


Setelah masalah dapat kita identifikasi, pikiran kita akan dibimbing pada seperangkat konsep atau pengetahuan yang berguna dalam pemecahan masalah tersebut. Dalam tahap ini teknik atau cara yang tepat dalam mengeksukusi penyelesaian soal akan muncul dengan sendirinya.

Kamu tidak salah dengan apa yang kamu baca diatas. Memang cara atau teknik penyelesaian soal biasanya akan muncul sendiri saat kita sudah memahami soal atau permasalahan dan juga seperangkat konsep yg diperlukan untuknya.

Seolah-olah kreativitas kita akan terbuka, kita tak terlalu sulit menemukan pemecahannya. pada tahap ini mengerjakan soal Matematika akan terasa sangat Fun. Kamu bisa membuktikannya kawan.

Spoiler for :


Mulailah dengan soal-soal yang terasa mudah dan kita kuasai dulu. Perbanyak latihan soal dari tipe soal sejenis itu. Saat kita banyak latihan soal, kemampuan dan ketrampilan kita akan terasah. Kita menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal Matematika. Mental block yang tertanam akan bisa kita bongkar. Dalam waktu singkat kemampuan kita akan melejit di atas rata-rata.

Salam Matematika




Spoiler for nice komeng:


thread lain
Spoiler for :
Diubah oleh aditbudianto 09-04-2016 15:00
0
10K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.