Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fuckbp2Avatar border
TS
fuckbp2
Saat Pengunjung Festival Anggaran Kaget Mendengar Gaji Bupati Batang
Saat Pengunjung Festival Anggaran Kaget Mendengar Gaji Bupati Batang



Jakarta - Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo menggelar festival yang cukup unik, yaitu Festival Anggaran. Semuanya buka-bukaan terkait anggaran bahkan termasuk gaji Bupati dan wakilnya.

"APBD itu uang rakyat, jadi rakyat harus tahu berapa uang mereka, mau dipakai apa saja. Bahkan mereka bisa tahu berapa gaji saya dan berapa uang makan saya sehari," kata Yoyok di festival anggaran di Jalan Veteran, Batang, Minggu (13/2/2016).

Di stand paling depan, dipajang gaji pasangan pemimpin Batang itu termasuk tunjangannya. Gaji Yoyok bila ditambahkan dengan tunjangan-tunjangan yaitu Rp 6.649.358. Namun jumlah tersebut dipotong oleh iuran wajib pegawai, BPJS, dan PPh Pasal 21 dengan jumlah Rp 425.058 sehingga gaji bersih yang diterima Yoyok sebulan adalah Rp 6.224.300.

Saat Pengunjung Festival Anggaran Kaget Mendengar Gaji Bupati Batang

Sementara itu gaji Soetadi lengkap dengan tunjangan yaitu Rp 5.255.067 dan harus dipotong sampai Rp 322.567. Sehingga gaji bersih Soetadi yaitu Rp 4.932.500.

Poster berisi gaji Bupati dan Wakil Bupati Batang tersebut ternyata menarik banyak pengunjung. Salah satunya, Laning (19) warga Kecamatan Limpung, Batang. Respon Laning kaget setelah melihat daftar gaji Bupatinya.

"Ternyata gajinya tidak sesuai yang saya pikirkan. Bayangan saya gajinya gede, ternyata ya itungannya biasa saja," ujar Laning.


Selain mengetahui gaji pejabat, semua pemanfaatan APBD dibuka di festival ini. Bahkan Laning mendapat informasi baru tempat wisata yang bersumber dari kerjasama Pemkab Batang dan pengembangan inovasi desa.

"Dari sini jadi tahu anggaran di Kabupaten Batang buat apa saja. Terus tahu apa yang dimiliki Batang, kita sebelumnya tidak tahu ada desa wisata yang di stand itu," pungkasnya.

Diketahui, di era kepemimpinan Yoyok, Festival anggaran sudah dua kali diselenggarakan di Kabupaten Batang. Berkat terobosan uniknya ini, tahun 2015 lalu Yoyok Riyo diganjar Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Sementara itu Deputi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Bidang Pelayanan Publik, Mirawati Sujono saat membuka acara mengatakan inovasi berupa festival anggaran menarik perhatian pemerintah pusat dan bisa ditiru daerah lain.

"Inisiatif Pak Yoyok Riyo untuk mengadakan forum berbagi manajemen pemerintahan daerah juga layak diapresiasi. Daerah lain dapat belajar ke Batang," kata Mirawati.
(mad/mad)
http://news.detik.com/berita/3163598...-bupati-batang

sayang ahok ga milih ente. emoticon-Embarrassment

mending ente jd gubernur jatengemoticon-Sundul Up
0
3.6K
32
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.