Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masrudy01Avatar border
TS
masrudy01
Berlian Berwarna. Dari mana asal warnanya ?
Batu berlian yang biasa kita lihat (berwarna putih atau bening), dan sangat umum dipergunakan untuk cincin ataupun jenis perhiasan berlian lainnya, terbentuk dari proses yang sangat rumit dan memerlukan panas serta tekanan ekstra tinggi di kedalaman perut bumi.

Dalam pembentukan berlian tersebut, ternyata tidak hanya menghasilkan batu berlian dengan warna putih saja.

Bagaimana berlian mendapatkan warnanya ?

Jenis mineral dan partikel yang ikut masuk dalam proses pembentukan berlian, menentukan warna berlian dan intesitas warna tersebut.

Berlian Coklat, Berlian Merah dan Berlian Merah Muda
Batu berlian dengan warna warna tersebut disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan panas dengan intensitas tinggi. Ketika dalam proses pembentukannya, panas dan tekanan ekstra tinggi tersebut menyebabkan terdistorsinya susunan kristal kristal berlian dalam sudut dan susunan tertentu, sehingga menyerap sinar warna hijau. Hal tersebut mengakibatkan berlian terlihat menjadi warna merah muda (karena berkurangnya sinar dengan warna hijau dalam spektrum warna). Berlian dengan warna merah, yang keberadaannya di alam sangat sangat langka, terjadi dengan proses yang sama, tetapi mengalami distorsi susunan kristal yang lebih intens.






Berlian Abu-abu dan Berlian Biru
Penyebab utama warna biru diperoleh dari Boron (simbol kimia B). Ketika Boron masuk ke dalam proses terbentuknya batu berlian, Boron terikat dengan Carbon dalam struktur kristalnya, menyerap sinar di area warna merah, kuning dan hijau dalam spektrum warna.



Berlian Hijau
Sebelum tahap akhir perjalanan batu berlian menuju permukaan bumi, berlian memperoleh warna hijaunya. Ketika batu berlian hendak terdorong keluar dari kerak bumi menuju ke sisi yang lebih dekat ke permukaan, batu batuan tersebut terpapar radiasi alami, yang menyebabkan batu berlian tersebut memancarkan warna hijau dengan menyerap sinar warna merah dan kuning.



Berlian Ungu
Sejauh ini, para ilmuwan mempercayai bahwa warna ungu diperoleh dari terdistorsinya kristal kristal berlian. Tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa Hidrogen lah yang menyebabkan warna Ungu tersebut.



Berlian Kuning dan Berlian Oranye
Warna kuning atau oranye batu berlian diperoleh dari satu elemen, yaitu Nitrogen. Ketika batu berlian masih dalam proses pembentukan, atom atom Nitrogen yang ikut masuk ke dalam berlian, akan membentuk ikatan sedemikian rupa sehingga cahaya dengan warna biru akan terserap, sehingga menghasilkan berlian dengan warna kuning. Sekelompok atom Nitrogen dengan susunan yang spesifik akan memberikan warna oranye ke batu berlian, dengan cara menyerap cahaya warna biru dan kuning.





Berlian Hitam
Berlian berwarna hitam, memperoleh warnanya dari sulfida, graphite dan mineral lainnya yang ikut masuk ke dalam proses pembentukan berlian. Dan untuk kasus yang jarang, hidrogen juga mempunyai peran untuk munculnya warna hitam tersebut.





Sumber : Berlian Berwarna

Diubah oleh masrudy01 15-10-2016 02:22
0
9.4K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.