Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cingelingAvatar border
TS
cingeling
KUMAHA IEU...Bupati ini ingin bahasa Sunda jadi bahasa pergaulan
KUMAHA IEU...Bupati ini ingin bahasa Sunda jadi bahasa pergaulan

"Karena kita ini orang sunda, maka kita harus percaya diri dengan bahasa sunda dan menjadikannya sebagai bahasa pergaulan."

Begitu petikan sambutan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi saat membuka kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda seluruh sekolah di Purwakarta, Kamis (10/3).

Dedi menegaskan, pada hakekatnya, bahasa menjadi ciri karakter wilayah. Semakin jarang digunakan dalam pergaulan maka semakin tidak terlihat karakter daerahnya. Dia prihatin, orang sunda dinilai tidak memiliki karakter kuat karena bahasa daerah jarang digunakan.

"Kalau pun digunakan hanya seminggu sekali setiap hari Rabu saja, ini kan sebuah persoalan sehingga harusnya digunakan setiap hari," kata Dedi.

Agar memiliki akar kuat, Dedi meminta bahasa sunda digunakan sebagai bahasa keilmuan. Salah satu caranya dengan menggunakannya sebagai bahasa pengantar di sekolah.

"Para guru nanti bisa membuat bahasa sunda menjadi bahasa ilmu, nama-nama anatomi tubuh manusia misalnya harus mulai memakai bahasa sunda," tegas Dedi

Dedi berharap bahasa sunda tidak tergerus dengan bahasa asing yang semakin banyak dipelajari di dalam negeri. Guru bahasa sunda perlu berinovasi saat mengajar agar mata pelajaran disukai murid.

"Metode pengajaran bahasa asing kan sangat banyak, nah basa sunda enggak boleh kalah dong," Kata ketua penyelenggara, Taufik.

http://www.merdeka.com/peristiwa/bup...pergaulan.html

BUAT PENDATANG DARI LUAR DAERAH PASTI KEBINGUNGAN emoticon-Amazed
0
4.7K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.