Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!

fleacoolAvatar border
TS
fleacool
Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!
Travel Blog Reservasi – Sebuah percakapan singkat, tentang liburan ke Garut biasanya hasilnya akan mudah sekali ditebak. Kalau liburan ke Garut biasanya teman – teman traveler akan menjawab seperti ini kah?

“Mau liburan kemana?”

“Mau Ke garut nih”

“Pasti mau ke Gunung Papandayan ya?”

Iya, memang Garut ini begitu terkenal dengan Gunung Papandayan-nya, sampai sekarang ini sudah ribuan orang pendaki baik dari kalangan pendaki profesional, atau pendaki abal – abal yang naik gunung biar dianggap keren. Iya, Gunung Papandayan memang mempesonda dengan suasana sejuk di camping ground Pondok Salada. Namun, terlepas dari semua itu, tahukah teman – teman traveler kalau ada banyak destinasi lain di Garut yang lebih kece bin cakep?

Oke, baca dan catet dengan baik ya, 7 destinasi wisata di Garut ini akan membuat liburan teman – teman traveler lebih berwarna, dan berbahagia. Baca sampai selesai, lalu segera rencanakan berlibur ke Garut deh!

1. Indah, Tersembunyi, Curug Orok Dengan Kisahnya Yang Kelam
Lokasinya tidak begitu jauh dari Gunung Papandayan yang sudah terkenal itu. Tepatnya Curug Orok ini berada dibalik Gunung Papandayan. Tepatnya Curug Orok berada di di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, 35 km dari pusat Kota Garut.

Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!
Indah, Tersembunyi, Curug Orok Dengan Kisahnya Yang Kelam https://sonofmountmalang.files.wordp...ug-orok124.jpg

Mungkin belum banya orang luar Garut yang tahu, tetapi air terjun yang satu ini cukup beken di kalangan wisatawan lokal, meski namanya agak aneh yaitu Curug Orok. Nama Curug Orok ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah air terjun bayi. Namanya sendiri diambil berdasarkan cerita dari masyarakat setempat. Disebutkan kalau pada tahun 1960-an, disini pernah ada seorang wanita muda yang membuang bayinya di dekat air terjun ini. Sejak saat itu,, makanya air terjun ini dinamai demikian.

Kedengaran serem ya? Memang, meski namanya serem, namun Curug ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Garut loh. Hanya dengan tiket masuk sebesar IDR 10.000, teman – teman traveler sudah bisa menikmati sejuknya bermain air di Curug Orok. Selain itu, fasilitasnya juga lengkap di Curug Orok ini. Sudah ada tempat parkir, toilet, serta tempat makan. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan curug yang indah sambil minum secangkir kopi di saung yang ada disini.

2. Telaga Bodas Danau Putih Bak Air Susu
Meskipun Garut adalah area pegunungan, namun disini ada destinasi wisata yang bukan berupa gunung. Namanya adalah Talaga Bodas yang bisa juga diartikan sebagai Telaga Putih. Telaga yang airnya berwarana bak putih susu ini sebenarnya adalah air sebuah danau kawah yang berada di di ketinggian 1.512 mdpl.

Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!
Telaga Bodas Danau Putih Bak Air Susu.
Sebenarnya sih warna airnya nggak putih putih aman, tetapi cenderung berwarna putih kehijauan. Talaga Bodas bisa ditemukan dengan mudahd di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja. Atau teman – teman traveler hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Garut.

Menyenangkannya sepanjang perjalanan menuju Talaga Bodas, teman – teman traveler akan bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau nan asri yang sebagian dijadikan ladang oleh warga sekitar. Tampak terlihat juga Gunung Sadahurip yang menjulang tinggi. Gunung ini tergoling unik karena bentuknya yang seperti piramida yang ada di Mesir. Biasanya, sambil menikmati panorama Talaga Bodas pengungjun akan berendam di kolam air panas yang ada didekat sana.

3. Candi Hindu Di Dekat Situ Cangkuang
Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!

Candi cangkuang, Candi Hindu Di Dekat Situ Cangkuang. http://indonesia.upi.edu/wp-content/...ng-candi-1.jpg

Buat teman – teman traveler yang suka dengan artifak bersejarah, atau ingin berlagak bak seorang arkeolog, Ada sesuatu yang unik di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Garut. Disini ada sebuah candi Hindu yang masih berdiri tegak di tepi Situ Cangkuang.

Karena itu namanya juga dikenal sebagai Candi Cangkuang. Disebutkan kalau candi ini merupakan satu-satunya candi Hindu yang ada di Tatar Sunda. Menurut ceritanya, dulu pernah ada seorang panglima perang Mataram bernama Arif Muhammad yang lari ke sini saat kalah melawan Belanda. Dalam pelariannya, dia kemudian jatuh cinta pada putri Hindu di Kampung Pulo. Membuat candi di Situ Cangkuang adalah syarat yang diberikan oleh sang putri untuk menerima pinangan sang panglima. Pun begitu, sang panglima pun menetap dan menyebarkan agama Islam.

Candi ini sangat menyenangkan untuk dilihat, namun untuk mencapai Candi Cangkuang, teman – teman traveler harus menyeberangi situ terlebih dahulu dengan rakit yang biasanya disewakan penduduk setempat. Selain candi, disini juga ada tujuh rumah adat di Kampung Pulo yang membentuk huruf U di sekeliling candi. Konon, adalah simbol dari tujuh anak dari panglima yang pernah menetap disini.

Baca selanjutnya di http://blog.reservasi.com/garut-ngga...ya-papandayan/
0
3.3K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.