others
Batal
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
297
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56de84ee902cfefe6c8b4567/kaskus-community-gerhana-matahari-total-di-balikpapan-9-maret-2016
Wilayah Indonesia memeroleh kesempatan istimewa berupa fenomena alam Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Ada beberapa wilayah yang bakal dilintasi oleh bayangan Gerhana Matahari Total, meliputi Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Palu, Ternate, Bangka, Palangkaraya, Poso, serta Halmahera. Berhubung kaskuser aktivis dari Balikpapan lagi sibuk-sibuknya m
Lapor Hansip
08-03-2016 14:53

[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016

Past Hot Thread
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016

Wilayah Indonesia memeroleh kesempatan istimewa berupa fenomena alam Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Ada beberapa wilayah yang bakal dilintasi oleh bayangan Gerhana Matahari Total, meliputi Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Palu, Ternate, Bangka, Palangkaraya, Poso, serta Halmahera.

Berhubung kaskuser aktivis dari Balikpapan lagi sibuk-sibuknya mendekati hari H untuk acara kimpoy-nya, maka saya mewakili Kaskuser Balikpapan dan Kaskus Community untuk mendokumentasikan kegiatan dan aktivitas menyambut gerhana matahari total di Balikpapan pada tanggal 9 Maret 2016 dalam bentuk thread, yang nanti akan dijadikan HT oleh Officer Kaskus Community, Bang Ipul Jamil Hap Hap Hap. Jika ada informasi tambahan, silahkan pm saya untuk memindahkannya ke page one.

Balikpapan Siapkan Wisata Gerhana Matahari Total

Quote:BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan, Kalimantan Timur akan memanfaatkan fenomena alam gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 yang melewati kota ini dengan pesta wisata.

"Pesta meriah dalam menyambut GMT yang tidak jauh dengan perayaan HUT Kota Balikpapan pada 10 Februari 2016. Dimana Disporabudpar telah menyiapkan pesta meriah yakni terbagi di dua titik lokasi," kata Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan, Oemy Facesly di Balikpapan, Senin (18/1/2016).

"Dua lokasi tempat penyelenggaraan fenomena GMT di antaranya Pantai Manggar dan Lapangan Merdeka," sambungnya.

Oemy mengatakan fenomena langka tersebut akan dijadikan momen untuk menarik wisatawan serta mempromosikan pariwisata di Balikpapan.

"Kita akan adakan dua tempat untuk menyambut fenomena gerhana matahari total. Untuk di Pantai Manggar kami akan adakan pesta laut, sedangkan di Lapangan Merdeka kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk pengerahan massa siswa pelajar sekalian di sana belajar Astronomi," kata Oemy

Selain itu, akan dilaksanakan juga bazar, kuliner dan pertunjukan di Lapangan Merdeka. Ini kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.

"Kita akan menarik wisatawan sebanyak-banyaknya karena ini momen langka, sangat bagus sekali," kata Oemy.

GMT pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Kali ini GMT akan melintasi beberapa daerah termasuk Balikpapan.

Tepat pada 9 Maret 2016, sejumlah kota yang akan dilintasi oleh GMT adalah Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera.


GMT Balikpapan: Jadwal Waktu dan Durasi Gerhana Matahari Total 2016 di Balikpapan

Quote:POJOKSATU.id, BALIKPAPAN – Gerhana Matahari Total akan melewati 11 Provinsi di Indonesia pada Rabu, 9 Maret 2016 mendatang.

Sejumlah wisatawan juga tidak ingin melewatkan fenomena gerhana matahari total ini di Indonesia.

Pemerintah setempat pun semaksimal mungkin menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut para wisatawan pemburu gerhana matahari total.

Hendaknya wisatawan yang memburu gerhana matahari total harus tahu waktu-waktu kapan gerhana matahari total dimulai.

Lalu jam berapa gerhana matahari total muncul di Balikpapan?

Berikut jadwal gerhana matahari total di Balikpapan:

Durasi gerhana total selama 1 menit 9 detik.
Mulai gerhana matahari: 07.25 WITA
Mulai gerhana matahari total: 08.33 WITA
Berakhir gerhana matahari: 09.53 WITA


Durasi gerhana matahari total di Kota Balikpapan akan berlangsung selama 1 menit 9 detik.

Di Kalimantan Timur, terdapat3 kota yang terlewati jalur totalitas gerhana yaitu Tana Paser, Penajam, dan Balikpapan dengan magnitudo teramati masing-masing sebesar 1,018; 1,003; dan 1,002.

Durasi totalitas di ketiga kota tersebut berkisar antara 1 hingga 2 menit, dengan lokasi totalitas gerhana terlama adalah di Tana Paser yaitu 2 menit 37,5 detik.

Jadi di Kaltim, GMT tidak hanya di Balikpapan saja, karena Penajam dan Tana Paser pun juga kebagian dilewati GMT. Jika ada kaskuser Penajam dan Tana Paser yang juga mendokumentasikan GMT di masing-masing kota, mohon di share di mari juga ya.
waktu GMT


BMKG Prediksi Cuaca di Balikpapan Berawan saat Gerhana Matahari Total

Quote:TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi saat gerhana matahari total yang berlangsung, Rabu (9/3/2016) mulai pukul 07.30 Wita sekitar wilayah Balikpapan dalam kondisi berawan.

Hal tersebut diungkapkan Abdul Haris Zulkarnain, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Sepinggan Balikpapan.

"Pergerakan secara umum cuaca di Balikpapan pada 9 Maret nanti ada peluang hujan, minimal berawan. Kita waspadai keberadaan awan, apabila ada di posisi terbit Matahari akan menghambat, bahkan menutupi fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang ditunggu-tunggu masyarakat, " jelasnya.

Menurutnya, dalam kurun waktu 10 hari ini, Balikpapan berpeluang hujan meskipun dalam kapasitas ringan hingga sedang. Pertumbuhan awan hujan tetap ada. Seperti yang terlihat beberapa hari ini, pertumbuhan awan hujan dimulai pagi hingga siang hari.

Perkiraan cuaca untuk Balikpapan besok adalah berawan. Namun jika hujan pun tak perlu berduka, sambut dengan suka cita karena hal itu adalah rejeki dari Maha Kuasa. Seperti yang kita tahu, kondisi di Balikpapan pun sekarang sedang krisis air yang beralasan. Terlalu sering hujan ditunda turun demi euforia Ulang Tahun Kota yang (katanya) meriah
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016

gerhanabpn

gerhanabpn


Balikpapan Meriah Menyambut Gerhana Matahari

Quote:TRIBUNJOGJA.COM, BALIKPAPAN ‑ Ratusan turis, ilmuan dan wartawan asing menyerbu Kota Balikpapan ingin menyaksikan langsung fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi wilayah Balikpapan, Rabu (9/3/2016) besok.

Para turis yang berasal dari Jepang, Kanada, dan negara‑negara Eropa sengaja memilih paket wisata GMT yang ditawarkan sejumlah agen perjalanan di Balikpapan sejak setahun lalu.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Kota Balikpapan Irfan Taufik mengatakan data yang masuk ada sejumlah turis asing datang ke Balikpapan khusus ingin menyaksikan GMT.

Selain wisatawan datang wartawan dari Jepang dan Tiongkok yang akan meliput fenomena GMT, termasuk sejumlah ilmuan asal Eropa.

"Wartawan asing dari Jepang 10 orang dan Tiongkok 11 orang, untuk peneliti sekitar 13 orang. Mereka berasal dari Eropa," kata Irfan saat ditemui Tribun, Senin (7/3/2016).

Mereka datang H‑2 hingga GMT berakhir. Mengenai persiapan Irfan mengatakan awak media dan peneliti asing nantinya disiapkan lokasi di Kafe Kilang Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman.

Disporabudpar memprediksi jumlah wisatawan asing maupun lokal akan terjadi peningkatan.

"Untuk wisatawan domestik sekitar 150 ribu, sedangkan wisatawan asing bisa mencapai 1.500 orang, termasuk ekspatriat yang bekerja di Balikpapan, " ujarnya. Mereka ingin melihat Gerhana Matahari Total di Balikpapan, Pangkalanbun (Kalsel), dan Paser Grogot.

Menurut Direktur Trans‑Borneo Adventure Joko Purwanto, mengatakan jasa travelnya selalu menyematkan fenomena alam GMT dalam paket turis domestik dan internasional.

Gerhana matahari terjadi setiap 80 tahun di sejumlah kota, yang terimbas bayangan bulan yang sejajar dengan bumi dan matahari.

Fenomena alam ini dimanfaatkan para pelaku industri pariwisata di Balikpapan untuk menggenjot jumlah kedatangan wisatawan ke daerah tersebut. Joko optimistis gerhana matahari mampu menyedot hingga 1.500 turis asing ke Balikpapan.

Pemerintah Kota Balikpapan tahun ini menargetkan mampu menarik 2,5 juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Kota Balikpapan juga menggelar pesta laut Pantai Manggar untuk menyambut GMT. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan Oemy Fasesly mengatakan Pemkot melibatkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asita Kaltim, dan Dinas Pendidikan Balikpapan.

Oemy menjelaskan, Pesta laut Pantai Manggar menyuguhkan aneka kuliner tradisional asli Kalimantan dan olahraga khas masyarakat lokal, lomba perahu naga.

Oemy optimistis rangkaian acara menyambut GMT mampu mendatangkan pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota. Gubernur Kaltim Awang Faroek akan membaur dengan masyarakat menyaksikan langsung peristiwa GMT di helipad Pertamina.

Di tempat itu disediakan 8 unit teleskop untuk memantau detik‑detik terjadinya GMT. Kacamata gerhana juga disediakan pemkot, namun tidak diberikan untuk umum.

Di Kilang Mandiri akan dimeriahkan hiburan‑hiburan, antara lain tarian Paraga dari Gowa, Sulawesi Selatan, parade fashion show Duta Wisata , hingga band Souljah. Tak hanya itu, pemkot melibatkan masyarakat memecahkan rekor Muri memakan kue mantau sebanyak 2.119.

Sementara di Pantai Manggar, lebih meriah dengan pesta lautnya. Perahu hias dan perahu naga akan dilombakan. Artis ibukota, Budi Doremi ikut memeriahkan peristiwa langka GMT di Pantai Manggar.

"Kami libatkan juga paguyuban‑paguyuban untuk mengisi kegiatan seni selama GMT berlangsung. Antara lain kuda lumping, reog, dan acara komunitas lokal yang terlibat. Nanti mungkin ada 1000 kacamata dibagikan untuk masyarakat di Pantai Manggar," ungkap Irfan. (*)


SAKSIKAN SIARAN LANGSUNG GERHANA MATAHARI TOTAL TANGGAL 9 MARET 2016 DI BALIKPAPAN MELALUI STREAMING DI LINK http://media.bmkg.go.id/gmt.bmkg?s=gmt_balikpapan


Menyambut GMT di Balikpapan, kacamata gerhana di Gramedia ludes dibeli warga

[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016


Oke, jadi saya akan rangkum. Kalau acara mengamati GMT yang termasuk salah satu dari agenda HUT Balikpapan akan dibagi menjadi dua lokasi yaitu :
1. Di pantai Manggar
Selain mengamati GMT, di Pantai Manggar akan diadakan Pesta laut yang menyuguhkan aneka kuliner tradisional asli Kalimantan dan olahraga khas masyarakat lokal, lomba perahu hias dan perahu naga. Juga akan tampil Budi Do Re Mi Fa Sol La Si Do yang katanya sih dia artis ibukota, whatever lah. Dan mungkin hiburan lainnya akan dilengkapi dengan hiburan mainstream seperti biasa, kalo gak dangdut goyang seronok atau gak yang acara gebuk-gebuk rebana.
2. Di Lapangan Merdeka dan Kafe Kilang Pertamina Benua Patra
souljah

Selain mengamati GMT, Di Kilang Mandiri akan dimeriahkan hiburan‑hiburan, antara lain tarian Paraga dari Gowa, Sulawesi Selatan, parade fashion show Duta Wisata , hingga band Souljah. Tak hanya itu, pemkot melibatkan masyarakat memecahkan rekor Muri memakan kue mantau sebanyak 2.119. Kemungkinan acara Kampoeng Seni yang seharusnya diadakan tanggal 28 Februari 2016, namun tidak jadi dan sepertinya di jadwal ulang untuk acara penyambutan GMT. Apa tariannya hanya tarian Paraga dari Gowa, Sulawesi Selatan? Entahlah. Semoga ada tarian tradional yang mewakili daerah Kalimantan Timur. Dan nanti juga melibatkan paguyuban‑paguyuban untuk mengisi kegiatan seni selama GMT berlangsung. Antara lain kuda lumping, reog, dan acara komunitas lokal yang terlibat. Dan mungkin saja nanti dimeriahkan lagi-lagi dangdut seronok atau acara gebuk-gebuk rebana. Dikabarkan Awang Faroek mau ikut berbaur dengan warga di Heliped Benua Patra, whatever lah.
Disporabudpar memprediksi jumlah wisatawan domestik sekitar 150 ribu, sedangkan wisatawan asing bisa mencapai 1.500 orang, belum lagi jumlah warga lokal, namun kacamata gerhana hanya dibagikan terbatas sejumlah 1000 kacamata di masing-masing lokasi. Bau-baunya chaos rebutan kacamata emoticon-Big Grin , gimana ni Pemkot? di TKP juga disediakan 8 unit teleskop untuk memantau detik‑detik terjadinya GMT.
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016


Gerhana Matahari Total di Balikpapan akan terlihat pada 4 kontak. Kontak pertama yaitu pada jam 07.25, kontak ke dua jam 08.33, kontak ke tiga jam 08.34, dan kontak ke empat jam 09.35. Durasi totalitas gerhana matahari tsb adalah 1 menit 9 detik dan ketinggian matahari saat totalitas berada di 32,8 derajat.
gerhanabpn

Kontak 1, posisi Bulan sudah mendekati garis antara matahari & Bumi. Piringan Bulan hampir menutup piringan matahari
kontak1

Kontak 2, posisi Bulan sudah berada di antara matahari & Bumi. Cahaya matahari hampir seluruhnya tertutup oleh Bulan
kontak2

Kontak 3, posisi Bulan bergeser sehingga cahaya matahari yang sebelumnya hampir tertutup mulai tampak lagi
kontak3

Kontak 4, posisi Bulan semakin menjauhi garis antara matahari & Bumi. Cahaya matahari sudah tidak tertutup oleh Bulan
kontak4


Namun di media sosial sedang ramai menggunjingkan acara GMT di Balikpapan hanya karena 1 postingan dari 1CAK
Postingan 1cak

Dari postingan tersebut ada yang merespon dan menghina sarkasme dgn sudut pandang keagamaan saja. Walaupun saya sama-sama tidak suka dengan acara yang disajikan oleh seksi acara, namun please hargai dan kagumi fenomena luar angkasa yang terjadi sangat langka yang hanya bisa terjadi lagi sekitar 33 tahun sekali. Dengan menghargai dan mengagumi fenomena tersebut, kita akan mengetahui kebesaran kekuasaan-Nya. Tetapi tak perlu khawatir, karena di Balikpapan sangat banyak yang mengadakan acara shalat gerhana berjamaah. Berikut masjid-masjid yang mengadakan acara shalat gerhana berjamaah yang berhasil saya kumpulkan
Tempat Shalat Gerhana Berjamaah



Bonus : Trik memotret gerhana

Trik memotret gerhana


update pembagian kacamata gerhana

Quote:PORTALBALIKPAPAN.COM – Pemerintah Kota Balikpapan (Pemkot) menyediakan kacamata khusus untuk melihat Gerhana Matahari Total (GMT) sebanyak 1500. Kacamata-kacamata ini akan dibagi kepada masyarakat di dua tempat, Pantai Kilang Mandiri sebanyak 1000 buah dan Pantai Manggar sebanyak 500.

Kacamata ini, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Balikpapan Abdul Majid seperti dikutip TEMPO, akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang sudah berada di pantai tersebut.

Sebagian kacamata juga diberikan kepada para tamu undangan yang terdiri atas para pejabat di Kalimantan Timur. “Gubernur Kalimantan Timur sudah memastikan akan datang dalam event ini,” tutur Majid.

Pantai Kilang Mandiri memang menjadi destinasi untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total di Balikpapan. Ditempat ini akan digelar berbagai macam hiburan tari-tarian dan artis ibu kota. (tempo)


Dokumentasi lainnya besok menyusul.
Diubah oleh blueminder
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 5 dari 16
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:14
Quote:Original Posted By kaze9


tiketnya mana?
eh tapi ngapain juga GMT ny juga udh beres...hehe


Kan aku nulis tinggal, artinya tinggal selama-lama-lama-lama-lama-lama-lama-lamanya denganku di Balikpapan tak peduli GMT udah beres atau belum emoticon-Peluk
Diubah oleh blueminder
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:15
dbanjarmasin cuma kbagian gelapnya doang..tp aneh jg..mataharinya cerah tp suasananya remang2 gitu emoticon-Big Grin
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:16
Quote:Original Posted By andhikap0287
Karena ane ga ada benda yang bisa dipake buat liat gerhana langsung. Alhasil ane cm ntn di TV aja deh emoticon-Mewek

pakai mata telanjang kan bisa gan, matanya aja yg telanjang, agan gak usah

0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:17
Tangerang tadi cerah tapi langit kayak mau ujan
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:18
Samarinda yang notabene deket dengan balikpapan malah redup aja gan mataharinya kaya mendung tapi tetep kliatan mataharinya..

Nggak kaya balikpapan sampe gelap gulita
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:19
Quote:Original Posted By setugel
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016

ini gerhana di jakarta breeeeeh... beautiful bukan..emoticon-Cool



buset byangan ny kyk toket emoticon-Matabelo. Sjak kapan bulan benjol? emoticon-Ngakak klo bopeng2 mah iya
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:19
IndoRunners Balikpapan juga berlari dan menyaksikan gmt tadi pagi gan.

Seluruh jalan balikpapan penuh kendaraan, terutama lapangan merdeka dan sekitarnya.

Salam IndoRunners Balikpapan #marilari

GMT BALIKPAPAN


Jika berkenan page one gan
Diubah oleh dckdck
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:19
niatnya nonton ehhh kesiangan bangunnya emoticon-Wakaka
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:19
mantab gan Balikpapan memang kota tercinta emoticon-2 Jempol
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:21
dari ruma aja gan ane mah
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:21
Bagus2 gan fotonya, aplgi yg pas full eclipse emoticon-Smilie
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:21
hmmm..
nyumbang penampakan di dpn tmpt kerja ane di kampung timur balikpapan pas puncak gerhana total td, gelap banget gan emoticon-Wow
sengaja jg lampu depan teras dinyalain biar sensasi gelapnya makin kerasa emoticon-Malu

penampakan
Diubah oleh paijopaijo21
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:21
pantes mriah bgt gan,,, ada pestanya sih
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:24
Kota ane langit mendung gan
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:24
sial banget bali gk kena gerhana total. di rumah gua masih cerah waktu gerhana
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:26
Quote:Original Posted By blueminder

Itu ada, Ibu-ibu yang pake kacamata disket



Sehat ente gan?
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:26
Quote:Original Posted By blueminder

Siapa suruh kuliah jauh-jauh


bapakku yg suruh, emg knp emoticon-Mad

emoticon-Ngakak (S)

0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:26
Sundul sundul
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:27
SubhanAlloh.. gerhananya diatur sedemikian rupa sehingga diameter bulan tepat sama dengan diameter matahari.. coba aja jarak bulan lebih dekat ke bumi dengan ukuran yang sama.. pasti matahari ketutupan penuh.. tapi jaraknya sudah diatur sehingga sama dengan matahari.. SubhanAlloh.. emoticon-Smilie
0 0
0
[KASKUS COMMUNITY] Gerhana Matahari Total di Balikpapan, 9 Maret 2016
09-03-2016 13:28
fenomena langka,gan. dan tahun ini Indonesia menjadi negara tuan rumah gerhana matahari total.gan.. emoticon-Big Grinemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Halaman 5 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia