Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rumahkanaka3Avatar border
TS
rumahkanaka3
Utang BRI, BNI dan MandiriTimbulkan Spekulasi
JAKARTA, WOL – Tiga Bank BUMN, BNI, Mandiri, dan BRI mengajukan utang ke China Development Bank (CDB) dengan total pinjaman US$ 3 miliar. Masing-masing bank plat merah itu mendapat US$ 1 miliar. Kesepakatan pengajuan utang tersebut diinisiasi oleh Kementerian BUMN tanpa sepengetahuan DPR RI.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan mengungkapkan, jangka waktu pinjaman itu selama sepuluh tahun dengan komposisi 30 persen dalam mata uang renminbi dan 70 persen dalam dolar Amerika.

“Sungguh sangat disayangkan, keputusan itu seperti mencederai semangat pembahasan RUU BUMN yang sedang berlangsung, dimana salah satu poin pentingnya adalah penguatan kontrol DPR terhadap setiap aksi korporasi yang strategik dan berisiko besar seperti utang.”

Komisi VI sendiri, kata Heri, belum mendapat penjelasan resmi dari tiga perbankan dan Menteri BUMN Rini Soemarno seputar apa saja yang tertuang dalam komitmen perjanjian utang tersebut. Kekhawatiran terhadap risiko utang selalu muncul. Indonesia tentu tidak ingin bila nanti tiba-tiba ketiga perbankan itu menjadi jaminan utang atau tergadai.

waspada.co.id/warta/utang-bni-bri-dan-bank-mandiri-ke-china-timbulkan-spekulasi/
waspada gan
0
4.2K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.