Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ridmuhridAvatar border
TS
ridmuhrid
Kenapa Aurora Tidak Muncul di Indonesia?
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi/siang/sore/malam, agan dan aganwati sekalian. Kali ini ane hadir sudah sebagai kaskuser (Yes udah ga newbie lagi), akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Kenapa Aurora Tidak Muncul di Indonesia?. Thread ini terinsipirasi dari thread aganwati neng.erni13 yang berjudul Kumpulan foto menakjubkan Aurora Borealis semalam, Simak yuk. Lalu, muncul pertanyaan kenapa ga ada aurora di Indonesia ya? dan kemudian ane terinspirasi membuat artikel berjudul Tanya Kenapa #3: Kenapa Aurora Tidak Muncul di Indonesia?di blog ane sendiri (MUHRID.com), dan setelah itu ane coba share di Kaskus.

Sebelum menjawab pertanyaan Kenapa Aurora Tidak Muncul di Indonesia, ada baiknya ane berikan sedikit penjelasan tentang apa itu aurora. Menurut situs ilmuastronomy.org, aurora adalah peristiwa cahaya yang menyala-nyala di langit malam karena ada gesekan partikel bermuatan dari matahari dengan atmosfer. Fenomena Aurora ditandai dengan langit yang tiba-tiba menjadi gelap, lalu muncul cahaya terang benderang yang indah. Biasanya cahaya tersebut akan berwarna merah, hijau, dan seperti lembayung. Penyebab Aurora sendiri adalah atom-atom dan molekul dari angin matahari yang bersatu dan bertumpuk di udara, kemudian partikel tersebut terhisap oleh magnet Bumi di sekitar kutub utara dan selatan.

Berikut beberapa foto aurora yang bisa ane tampilkan yang bersumber dari website metro.co.uk:
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:


Lalu, apa jawaban dari pertanyaan di atas? Sebenarnya jawabannya simple, seperti pada penjelasan di atas, disebutkan bahwa penyebab aurora adalah atom-atom dan molekul dari angin matahari yang bersatu dan bertumpuk di udara, kemudian partikel tersebut terhisap oleh magnet Bumi di sekitar kutub utara dan selatan. Nah,kata kunci kita adalah kutub utara dan selatan. Dari kata kunci tersebut, kita dapat simpulkan bahwa aurora dapat terjadi di daerah sekita Kutub Utara dan Kutub Selatan. Lalu, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Indonesia terletak didaerah khatulistiwa. Jadi, jelas sekali jawaban dari pertanyaan di atas adalah karena Indonesia terletak di daerah khatulistiwa.

Sekian thread ane yang sederhana ini,semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan, silakan berikan masukan berupa kritik, saran, atau tanggapan agan aganwati semua.


Sumber:
Spoiler for Sumber:


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Diubah oleh ridmuhrid 07-03-2016 14:55
0
6.5K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.