Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budimansiaAvatar border
TS
budimansia
Gubernur Jatim : "Pemprov tak punya Duit bangun/rehab Jembatan di Malang itu"
Jawa Timur Tidak Punya Anggaran Membangun Jembatan Baru
SABTU, 05 MARET 2016 | 03:12 WIB

TEMPO.CO, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak punya anggaran membangun jembatan baru di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang.

Menurut Soekarwo, Pemprov pernah meminta anggaran kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki jembatan tersebut. "Harganya naik terus, dari Rp 900 miliar sekarang hitungannya menjadi Rp 1,8 triliun," ucap Soekarwo di kantornya, Jumat, 4 Maret 2016.

Pakde Karwo—sapaan akrab Soekarwo—menuturkan, bila biayanya Rp 1,8 triliun, Pemprov harus menganggarkan Rp 700 miliar setiap tahun. "Itu jembatan provinsi, tapi kami, sekali lagi, tidak ada anggarannya," ujarnya.

Sebagai solusi sementara, yang bisa dilakukan hanya melakukan perawatan rutin setiap tahun dan melakukan uji beban. Selain itu, kendaraan yang melintas di atas jembatan itu tidak boleh berukuran besar sambil membawa beban berat. "Sebetulnya jembatan itu untuk mobil, tapi dilewati truk gandeng juga," tuturnya.

Soekarwo menambahkan, secara konstruksi, jembatan itu tidak ada masalah. Selain itu, lantai jembatan yang telah diaspal tidak menunjukkan keretakan. "Hanya memang goyang-goyang," katanya.

Jika dana telah disediakan Kementerian Pekerjaan Umum, Soekarwo berencana membangun jembatan yang lebih kokoh. Sedangkan jembatan itu akan tetap dipertahankan, tapi hanya untuk kendaraan roda dua. "Lebih baik tambah baru yang lebih baik, tapi yang lama itu tidak dirusak," ucapnya.

Sebelumnya di media sosial, beredar foto jembatan yang terletak di depan pintu Universitas Brawijaya itu melengkung seolah-olah akan runtuh. Ini menyebabkan masyarakat merasa waswas. Namun kabar melengkungnya jembatan tersebut dianggap hoax.
https://nasional.tempo.co/read/news/...-jembatan-baru


Gubernur Jatim : "Pemprov tak punya Duit bangun/rehab Jembatan di Malang itu"
Jembatan Soekarno-Hatta di tengah-tengah kota Malang yang rawan ambruk itu!


Inilah jaminan kemanan Gubernur Jawa Timur kepada warganya via tweeter:
Ini Komentar Pakde Karwo Soal Jembatan Soehat
3 Maret 2016 3:21 pm Malang Raya 133 Views

Gubernur Jatim : "Pemprov tak punya Duit bangun/rehab Jembatan di Malang itu"
Gubernur Jawa Timur, Soekawo

MALANGVOICE – Geger foto Jembatan Soekarno-Hatta (Soehat) dalam kondisi melengkung di media sosial mendapat perhatian serius dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Dalam cuitannya di akun media sosial twitter, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengklarifikasi beredarnya foto yang membuat warga Kota Malang resah. “Terlepas apakah foto ini hoax atau tidak, saya tetap berkewajiban mengklarifikasi kondisi jembatan Soehat,” tulis Pakde Karwo dalam twitternya.

Ia menambahkan, berdasar laporan data teknis Dinas PU Bina Marga serta pantauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, jembatan Soehat saat ini masih aman.

“Saya jelaskan, jembatan ini dibangun pada 1988 dan masih bisa bertahan minimal 50 tahun. Secara teknis tidak ada masalah,”imbuhnya.

Bila jembatan terlihat melengkung, lanjut Pakde Karwo, bisa dikarenakan faktor pengambilan gambar dari jarak jauh, dan itu bisa terjadi pada semua jembatan, tidak hanya Jembatan Soehat,” tandasnya.

“Pada 2014 Pemkot minta ke saya agar jembatan diganti, namun bukan soal teknis, tapi soal estetika, sehingga tidak saya respon,” tegasnya

“Karena ramainya pemberitaan di Medsos, hari ini PU Bina Marga ke lokasi mengambil gambar dari udara, untuk memastikan keamanan jembatan,” timpal Karwo.

Gubernur Jawa Timur juga merekomendasikan beberapa hal dalam twit-nya, dari renovasi hingga ganti jembatan baru. “Rekomendasi 1, direnovasi ringan. 2, direnovasi dengan perbaikan seluruhnya, dan 3, diganti baru. Semuanya tergantung pusat sekarang,” pungkasnya.
http://malangvoice.com/malang-raya/i...mbatan-soehat/


Gubernur Jatim : "Pemprov tak punya Duit bangun/rehab Jembatan di Malang itu"
Ini foto yang beredar di medsos sejak rabu malam tanggal 2 maret 2016.



Prof.Dr.Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat ini, adalah Doktor dan Professor di bidang ilmu ekonomi. Rupanya tak bisa membantah begitu saja fakta dan data hasil penelitian pihak akedemisi yang cukup kuat tentang kondisi sebenanya jembatan Suhat di kota Malang itu?
Quote:


Pejabat Pemprov Klaim Jembatan Suhat Masih Kuat 5 Tahun Lagi
Jumat, 04 Maret 2016, 10:39 WIB

Jembatan Soekarno-Hatta di Malang, Jawa Timur, rentan rubuh karena beberapa bagiannya sudah mengalami korosi (karatan).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Munculnya gambar jembatan Soekarno Hatta (Suhat) Malang yang melengkung di dunia maya membuat Kepala Seksi Jembatan UPT Pekerjaan Umum Jatim Bina Marga Pemprov Jatim, Cholila, telah turun langsung ke lapangan pada Kamis (3/3) kemarin. Ia menyampaikan bahwa kondisi jembatan saat ini masih aman digunakan hingga lima tahun mendatang.

Cholila bersama timnya memeriksa langsung jembatan Suhat dan mengambil foto menggunakan drone. "Hasil pantauan lewat drone bisa saya pastikan jembatan masih aman digunakan," katanya pada Jumat (4/3).

Cholila menjelaskan di jembatan Suhat memang terjadi lendutan. Namun lendutan tersebut sudah ada sejak pertama kali pemasangan rangka jembatan. Ia menerangkan perawatan harus rutin dilakukan seperti pengecatan jembatan dan pembersihan sampah di saluran air jembatan.

Foto jembatan Suhat beberapa hari terakhir ini menggegerkan warga Kota Malang sejak Rabu (2/3) dengan foto jembatan Sukarno-Hatta (Suhat) yang melengkung. Foto tersebut menunjukkan jembatan Suhat melengkung ke bawah ketika banyak kendaraan yang tengah melintas. Tidak butuh waktu lama, gambar tersebut langsung menjadi viral di media sosial. (Baca: Warga Malang Dihebohkan Foto Jembatan Melengkung).

Pernyataan Cholila ini berseberangan dengan pendapat pakar konstruksi yang juga Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya (UB) Sugeng Prayitno Budio. Sugeng mengatakan jembatan tersebut sudah tidak mampu menahan beban kendaraan.

Berdasarkan kajian forensik yang ia lakukan bersama para ahli dari UB pada 2013 silam, ditemukan fakta bahwa kondisi lendutan jembatan sudah melebihi ambang batas. Kelendutan yang diizinkan untuk jembatan sepanjang 60 meter tersebut sebesar 6 sentimeter. Namun hasil kajian menemukan bahwa lendutan sudah sebesar 20,8 sentimeter
http://nasional.republika.co.id/beri...t-5-tahun-lagi


Hoax Jembatan di Malang Melengkung, Dinas PU Kalang Kabut
KAMIS, 03 MARET 2016 | 19:47 WIB

Gubernur Jatim : "Pemprov tak punya Duit bangun/rehab Jembatan di Malang itu"
Jembatan Soekarno-Hatta Malang Jawa Timur, 3 Maret 2016. Jembatan yang memiliki panjang bentang 40 meter dan 60 meter ini dibangun sekitar tahun 1988. TEMPO/Aris Novia Hidayat

TEMPO.CO, Surabaya - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur telah menurunkan tim untuk mengecek jembatan di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, sejak Rabu 2 Maret dan Kamis 3 Maret 2016.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur Supaad menjelaskan pengecekan dilakukan sebagai respon kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa jembatan tersebut melengkung dan seolah-olah akan runtuh.

"Kami sudah sejak semalam lakukan pemeriksaan, kami foto dari berbagai sisi termasuk hari ini ambil foto dari atas pakai drone," kata Supaad kepada Tempo, Kamis, 3 Maret 2016.

Dari pengecekan itu diketahui bahwa kondisi jembatan masih sangat bagus dan layak digunakan. Tidak ada aspal yang rusak maupun baut yang longgar. "Pengecekan melalui foto seperti itu," katanya.

Setelah memeriksa lewat foto, kata Supaad, akan dilakukan uji fisik dan uji beban. Pengujian dilakukan oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktoral Jenderal Bina Marga. "Tim dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan (KKJT) juga sudah kami minta untuk lakukan uji beban," katanya.

Berikutnya keluar rekomendasi untuk jembatan itu. Ada tiga macam rekomendasi yaitu bahwa jembatan masih bisa dipertahankan, dipertahankan dengan perbaikan, dan dibongkar. "Dari tiga macam rekomendasi itu akan dipilih setelah dilakukan uji fisik dan uji beban," ujarnya.

Supaad menuturkan jembatan itu dibangun pada 1988 oleh pemerintah pusat dan merupakan bagian proyek jalan arteri di Kota Malang. Konstruksi rangka bajanya dibuat oleh PT Trans Bakrie dan Australia. "Umur jembatan itu sampai 50 tahun," katanya.

Sejak dibangun pada 1988, Supaad mengakui bahwa jembatan itu agak aneh karena terjadi lendutan yang besar. Namun lendutan yang besar tidak membuat kerusakan lantai jembatan. "Jadi lantainya awet meski lendutannya di atas toleransi jembatan rangka pada umumnya," katanya.

Setiap tahun, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur melakukan pengecakan berkala. Dalam proses perawatan diketahui konstruksi jembatan tidak pernah bermasalah. "Setiap tahunnya kami cek semua, bautnya dikencengin dan sambungan jembatan juga kami cek. Tidak ada apa-apa," tuturnya.

Namun pada 2014, katanya, Pemerintah Kota Malang dengan bahan kajian dari Universitas Brawijaya mengajukan ke Gubernur Jawa Timur agar jembatan itu diganti. Permintaan itu tidak dipenuhi. "Karena hasil kajian kami dan telah kami kirimkan ke kementerian dan KKJT, hasilnya pada prinsipnya jembatan itu tak bermasalah," katanya.
https://m.tempo.co/read/news/2016/03...u-kalang-kabut

-------------------------------------------

Kemarin katanya isu Jembatan Suhat di kota Malang itu melengkung hanya berita HOAX. Bahkan dibilang sendiri oleh Pak Gubernurnya bahwa jembatan itu masih baru karena dibangun 2008 dan masih bisa bertahan bisa bertahan 50 tahun lagi, meskipun Dinas PU Bina Marga Provinsi bilang hanya bisa bertahan 5 tahun lagi. Sekarang kok malahan mengakuinya, tapi beralasan nggak punya duit untuk membangun jembatan yang baru untuk menggantikan jembatan lama yang sudah tua dan membahayakan itu. Piye iki, pagi dele, sore kok tempe?.

emoticon-Big Grin
Diubah oleh budimansia 05-03-2016 08:29
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.5K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.