• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal-hal yang Akan Dirasakan / Dilakukan Jika Masuk Jurusan Akuntansi

gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Hal-hal yang Akan Dirasakan / Dilakukan Jika Masuk Jurusan Akuntansi



Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya adalah impian setiap anak di dunia ini. Setelah SMA, seseorang dapat memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu atau langsung melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Salah satu jurusan yang dapat diambil adalah Akuntansi. Apa sajakah yang dapat Anda rasakan jika menjadi mahasiswa jurusan Akuntansi?

Banyak Bertemu dengan Angka

Akuntansi adalah ilmu yang banyak melakukan penghitungan, sehingga pastinya kita akan sering berjumpa dengan angka.

Balance itu Segalanya

Bagi mahasiswa Akuntansi, mendapatkan hasil penghitungan debit dan kredit yang seimbang atau balanceadalah hal yang sangat penting. Jika ada selisih antara nilai saldo debit dan saldo kredit, kita harus memeriksa lagi kesalahan dalam penyusunan jurnal yang dibuat, entah salah perhitungan, salah angka, atau salah posisi jurnal (misalnya akun yang harusnya didebit malah dikredit). Ini pun dapat membentuk karakter anak Akuntansi yang teliti dan bekerja sistematis.

Kalkulator : Wajib Punya!

Karena merupakan ilmu yang banyak berhubungan dengan penghitungan, kalkulator pun harus dimiliki. Namun, kalkulator yang dipakai bukan kalkulator biasa, tetapi kalkulator ilmiah yang dapat melakukan penghitungan kompleks seperti persen dan bunga.

Bekerja Secara Sistematis dan Teliti

Kuliah di jurusan Akuntansi mendidik kita untuk bekerja secara sistematis dan teliti. Kita harus membuat jurnal, neraca, dan laporan yang diperlukan secara berurutan agar hasil yang balance didapatkan. Mulai dari membuat jurnal umum, kemudian akun-akun yang sama digabungkan ke dalam general ledger, kemudian membuat trial balance (neraca saldo), kemudian membuat jurnal penyesuaian (jika ada) yang membentuk adjusted trial balance (neraca saldo penyesuaian), kemudian membuat laporan laba-rugi, kemudian laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, jurnal penutup, dan post-closing trial balance. Ketelitian dalam menghitung dan menyusun data-data dari setiap jurnal / neraca / laporan diperlukan agar tidak terjadi kesalahan yang bisa membuat hasil akhirnya tidak balance.


Demikian thread saya kali ini. Apapun pilihan yang kita ambil, ada peluang dan tantangan yang pasti akan dihadapi. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.

Apresiasi dari Kaskuser










Diubah oleh gilbertagung 19-05-2018 04:45
1
67.4K
358
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.