Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

notefaceAvatar border
TS
noteface
[SAH] ALIRAN DANA USD 1 JUTA DARI INPEX KE KUNTORO MANGKUSUBROTO
NAH INI DIA. KATANYA MTI. MASIH MAU BERKELIT???

MENEPUK AIR DIDULANG


ZAMAN TELAH BERGERAK. TABIAT LAMA SUDAH TAK LAKU

INI REVOLUSI MENTAL BUNG

[SAH] ALIRAN DANA USD 1 JUTA DARI INPEX KE KUNTORO MANGKUSUBROTO
EWI VALIDASI KABAR ALIRAN DANA 1 JUTA DOLAR AS KE PEJABAT TERKAIT MASELA


RMOL. Informasi tentang adanya aliran dana dari Inpex kepada sejumlah pejabat beberapa hari ini jadi perbincangan di kalangan terbatas.

Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean, misalnya, tidak kaget dengan munculnya pemberitaan mengenai isu tersebut di sejumlah media online.

"Ya, betul. Kita sudah curigai (seperti itu)," kata dia kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (26/2).

Namun begitu, Ferdinand enggan berspekulasi terkait kebenaran kabar tersebut. Dana sekitar 1 juta ‎dolar AS dari Inpex disebut-sebut mengalir ke pejabat untuk mengamankan kepentingan perusahaan asal Jepang itu di Blok Masela. Para pejabat yang menerima sangat dikenal sebagai pendukung skenario membangun kilang apung di laut (offshore).

"Kita sedang validasi di lapangan‎," kata Ferdinand singkat.

Dihimpun dari pemberitaan salah satu media online, aliran dana dari Inpex sejumlah1 juta dolar AS mengalir ke saku Kuntoro dalam dua tahap, 300 ribu dolar AS pada tahun 2015 dan 700 ribu dolar AS pada tahun 2016.

Pengiriman dana dari Inpex kemudian dikait-kaitkan dengan Menteri ESDM Sudirman Said selaku menteri teknis yang mengurus pengembangan gas Blok Masela. Hubungan intim Kuntoro dengan Sudirman dianggap jadi jalan untuk memuluskan agar pemerintah memutuskan pengelolaan Blok Masela dengan FLNG di laut, seperti diinginkan Inpex.

Keintiman keduanya, menurut peneliti Pusaka Trisakti, Juliaman Napitu Saragih, terjalin sejak lama. Sejak di Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) hingga BRR Aceh, Sudirman selalu mendampingi Kuntoro. Sudirman kemudian menjadi Dirut BUMN Pindad bersamaan dengan masih menjabatnya Kuntoro sebagai Kepala UKP4, jabatan setingkat menteri di era SBY, yang kini bernama KSP.

Pada November 2015, atas usulan Sudirman, Kuntoro diangkat Presiden Jokowi menjadi Komisaris Utama PT. PLN. Keintiman antara Sudirman dan Kuntoro menurut Julian, juga dibuktikan dari diangkatnya mantan staf Kuntoro di UKP4, Farchad Mahfud, sebagai staf khusus Menteri oleh Sudirman Said.

"Yang cukup unik adalah, Farchad Mahfud ternyata masih tercatat sebagai unpaid worker di perusahaan minyak Jepang, Inpex (investor Blok Masela)," kata dia

http://www.rmol.co/read/2016/02/26/2...erkait-Masela-

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.4K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.