yotkcAvatar border
TS
yotkc
Inilah Aset Terbesar Bangsa Indonesia Gan


ORIGINAL POST BY YOUNG ON TOP - youngontop.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti yang agan-agan ketahui pemuda-pemudi Indonesia merupakan asset terbesar dan terpenting yang dimiliki bangsa ini. Tanpa anak muda, bangsa Indonesia tidak memiliki penerus cita-cita kemerdekaan. Tanpa anak muda, bangsa Indonesia tidak memiliki penerus tongkat estafet pembangunan. Tanpa anak muda, bangsa Indonesia akan kehilangan masa depannya.

Lalu anak muda seperti apa yang akan menghidupkan masa depan Indonesia?



Anak muda yang pemalas, pesimis, selalu berpikir negatif, dan mau menang sendiri tentu tidak masuk ke dalam golongan anak muda bermasa depan cerah. Bagaimana ingin “menghidupkan masa depan Indonesia” jika dalam dirinya selalu dibelenggu oleh hal-hal negatif dan pesimistis? Indonesia membutuhkan generasi muda yang penuh semangat, selalu berpikir positif, pekerja keras, kreatif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Hal-hal tersebut perlu dibentuk sedini mungkin, entah itu dari masa sekolah, kuliah, ataupun sudah memasuki dunia kerja, karena tidak ada kata terlambat untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Anak muda yang memiliki perilaku positif dan berada di lingkungan positif akan mendorong mereka untuk bekerja keras mewujudkan apa yang dicita-citakan, ya, menjadikan mereka sukses di usia yang masih muda. Berikut ini aspek-aspek penting yang perlu agan-agan perhatikan agar bisa sukses di usia muda:

Berpikir Positif
Suatu hal yang terlihat sangat simple namun terkadang sulit untuk dilakukan terlebih lagi ketika kita sedang mengalami kesulitan atau kegagalan. Padahal berpikir positif salah satunya bertujuan ‘menjaga’ semangat agar terus mau berusaha dan tak mudah menyerah. Salah satu cara yang dapat digunakan agar kita selalu berpikir positif adalah menggunakan akal pikiran dengan benar tanpa melibatkan emosi di dalamnya. Jauhkan segala bentuk opini dalam benak kita yang hanya akan memperkeruh keadaan. Segala bentuk kesulitan atau kegagalan tidak akan membuat kita menjadi terpuruk dan putus asa apabila kita menggunakan akal pikiran dengan benar. Percayalah, setiap manusia pernah gagal, pernah salah, dan pernah mengalami kesulitan, yang membedakan adalah bagaimana mereka mengatasinya. Bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir positif akan membawa dampak baik untuk agan-agan sekalian. So, be positive!

Mengembangkan soft skills
Setiap jenis pekerjaan pasti memerlukan keterampilan sehingga dapat memenuhi target yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan akhir. Pendidikan yang diterima oleh pelajar baik di sekolah maupun kampus cenderung keterampilan teknis, padahal hal itu saja tidak cukup. Untuk dapat bersaing dan tentunya memenangkan persaingan, agan-agan perlu memiliki keterampilan non teknis atau soft skills yang menunjang, terlebih lagi tahun ini sudah diterapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di mana persaingan akan semakin ketat. Soft skills merujuk pada sikap, kebiasaan, dan perilaku individu dalam berhadapan dengan orang lain. Contoh soft skills di antaranya communication skills, interpersonal skills, time management skills, organizational skills, problem solving, dan learning skills. Kita dapat memperoleh hal-hal tersebut melalui pengalaman berorganisasi, pengalaman hidup di masa lalu, pengalaman mengikuti student exchange, pelatihan dan ilmu di seminar atau konferensi.

Berpikir dan Bertindak Kreatif
Kreativitas adalah hal yang sangat diharapkan dari generasi muda. Banyaknya anak muda yang memiliki ide-ide kreatif dapat mendorong perekonomian Indonesia ke arah lebih baik. Saat ini cukup banyak penggiat ekonomi kreatif di Indonesia yang sukses dan dapat bersaing di kancah internasional. Hal yang perlu dilakukan untuk dapat berpikir dan bertindak kreatif adalah dengan tidak membatasi diri agan-agan. Keluarkanlah ide-ide yang ada di dalam benak, singkirkan pemikiran apakah ide tersebut aneh atau mustahil jika dilakukan. Saat membatasi diri, agan-agan telah melewatkan ide-ide yang justru bagus jika dieksekusi. Keluar dari zona nyaman, melakukan hal baru, dan bertemu dengan orang-orang baru dapat meningkatkan kreativitas agan-agan. Hal-hal tersebut akan membuka pikiran, mengenalkan pada ide baru, dan membantu menghasilkan ide yang tidak biasa. Jadilah pemuda yang out of the box!

Membangun dan Memperluas Koneksi
Tidak dipungkiri pertemanan/koneksi yang luas menjadi pembuka jalan yang besar bagi kesuksesan kita. Banyak keuntungan yang didapat jika agan-agan memiliki koneksi yang luas di antaranya menambah informasi tentang dunia kerja, memperluas jaringan bisnis, bertemu mentor yang bisa membantu persoalan yang sedang dihadapi, meningkatkan pengetahuan, dan membuka kesempatan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Cara yang bisa agan-agan lakukan untuk membangun dan memperluas koneksi adalah dengan mengikuti organisasi, bergabung dalam kegiatan volunteer, mengikuti seminar, dan bergaul dengan senior atau alumni. Janganlah menutup diri dan merasa bisa melakukan segala hal seorang diri. Manusia merupakan makhluk sosial, maka berinteraksi dengan sesama sudah menjadi kodratnya.



Dari 4 hal di atas adakah dari agan-agan sekalian yang sudah mulai melakukannya? Kalau masih bingung, perlu suntikan semangat, dan ingin mendapatkan hal-hal tersebut di atas, agan-agan bisa datang ke IMPACT Bandung 19 Maret 2016 di Gedung Achmad Sanusi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Para praktisi akan berbagi pengalaman, ilmu, dan keahlian mereka secara langsung dan detail agar dapat membantu agan-agan sekalian meraih kesuksesan di usia muda. Jadi jangan lewatkan kesempatan yang berharga ini, segera daftar di http://www.youngontop.com/impactbandung

See you on TOP!
Diubah oleh yotkc 06-04-2020 04:17
0
53.7K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)KASKUS Official
1.7KThread852Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.