Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nouhara90Avatar border
TS
nouhara90
Cerita Pengangguran
selamat siang atau malam atau pagi atau sore terserah agan aja bacanya kapan. ane cuma mau berbagi sedikit cerita ane yang masih jadi pengangguran. yaah bagus engganya baca aza dulu sampai selesai ya gan mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran buat agan agan yang senasib sama ane, kalo bisa mimin bikin sub forum untuk curhat para pengangguran emoticon-Ngakak

ane kuliah dalam keadaan nganggur selama 4 tahun dan banyak yang berpikir orang nganggur itu enak termasuk ortu ane (SALAH BESAR). ane ga pernah nuntut banyak sama ortu waktu itu soalnya ane ngerti kondisi ekonomi keluarga ane yang pas-pasan dibiayain kuliah za udah bersyukur banget. ane kuliah sambil cari cari kerjaan sampe semester 4 aneh nyerah dan mutusin buat fokus kuliah ditambah nilai ane yang jeblok karena belum tahu apa-apa soal IT bahkan waktu pertama masuk kuliah ngeprint dokumen sama instal program za ga bisa.

skip skip skip ane lulus setelah susah payah ngerjain skripsi sampe berasep kepala ane sampe habis 8 rim kertas A4 yang di coret coret (untung muka ane ga di coret-coret). hidup ane baru dimulai saat ane lulus universitas di karawang (mungkin satu-satunya). ane lulus tahun 2013 bulan desember 2 bulan kemudian ane di rekomendasiin masuk perusahaan yang bergerak di bidang software developer sebagai programer dan desain grafis berhubung ane lulusan pertanian emoticon-Ngakak ane terima. singkat cerita ane di trima disitu dan mulai kerja. skip-skip skip ane ngerasa kerja disitu kondisinya sudah ga enak berhubung perusahaan yang ane tempati bisa dibilang kecil dan mau bangkrut ane pilih keluar za dan temen-temen ane sebelum ane pun udah pada keluar duluan karena tahu bakal ga bner. dari gajihyang telat sampe sebulan sampe proyek yang ga beres karena manajemennya sedikit nakal (pantesan bangkrut). tapi ane tetep bersyukur pernah bekerja di sana dan dapet pengalaman dan ilmu lebih tentang desain grafis dan programing lebih dari di kampus. ane keluar bulan november tanggal 1 tahun 2014 dan ane berhasil memperpanjang masa nganggur ane jadi (dulu pernah kerja setahun setelah lulus SMA dan Nganggur 4 tahun buat kuliah itupun dibiayayi babeh yang cuma tukang toilet bekas padahal abang dan adik ane kerja sambil kuliah) emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown .

ane mulai lagi coblos-coblos lamaran pertama nganggur ane langsung coba ikutan MDP 3 dari net.TV dan tetot ane gagal di tes psikotes (mungkin ane dianggap gila), tapi ane ga mau nyerah ane ikut lagi tes di daerah bandung dan ting tong ane gagal lagi di psikotes (mungkin ane dianggap terlalu gila) padahal ane udah latihan tes jumlahin angka yang di kertas segede koran. ane malu bgt waktu di bandung soalnya ane nginep di rumah mertua abang ane dan mereka hanya melihat ane gagal dengan sedikit motivasi sebelum ane pulang. skip-skip-skip ane mulai sering dapet panggilan tes kerja ane tetep pantang menyerah waktu itu dan akhirnya ane gagal lagi dan ane ngedrop lagi.Ane mulai mikir kenapa ane gagal terus dalam tes, ane sadar diri za mungkin doa ane kurang kuat dan ikhtiar ane kurang semangat sambil tetep positif toing (tingking). pengalaman tes paling nyesek adalah saat tes di MNC TV buat jadi editor, ane gelagapan setengah mati waktu itu pas di tes bikin bumper video di komputer apple. ane cuma bisa bikin yang sederhana. ane gagal lagi sepanjang pengalaman ane tes di MNC TV ane sadar kemampuan ne kurang banget dan bodohnya ane gan ane ga pernah belajar dari pengalaman dan lebih mentingin rasa malas ane. dari bulan januari 2015 sampe desember 2015 ane banyak banget ikut tes dari developer program, TV kabel TV swasta, Radio, Percetakan, perusahaan Pelatihan Bisnis bahkan ane ga lulus administrasi di bumn.

selama nganggur ane sering banget dapat perlakuan kurang adil di keluarga ane. ane dianggap tidak bisa bekerja oleh ayah ane, dianggap cuma bisa ngerepotin sama kakak pertama ane yang cewe dan ane sebel bgt sama ni orang. dia selalu bilang ane ga tau capeknya kerja dan ane hanya bisa diam saja sambil berkata dalam hati kalo dia ga pernah tahu menderitanya jadi pengangguran. ada pengalaman kurang enak waktu ane kuliah. ane jatuh dari motor karena lubang jalan yang segede sumur, kejadian itu langsung dianggap azab sama keluarga ane dan sebulan kemudian adik ane jatuh dari motor dan betapa disayangnya dia dan ortu ane cuma bilang itu musibah beda bgt perlakuannya jika dibandingkan dengan ane. selama 3 tahun ane dalam hati sampe ga mau pulang kampung pas lebaran karena ane tahu pasti bakal dapet perlakuan yang kurang adil. setiap hari raya ane selalu ditanya kerja dimana dan ibu ane jawab ga kerja udah lama nganggur. hati ane bener bener ketusuk tiap ibu ane bilang begitu. padahal ane berharap jawaban yang lebih menjaga perasaan ane kaya "lagi nyari kerja doain ya". ane ga nyalahin ibu ane karena bilang gitu memang itu faktanya lagian ane juga ga bisa berbuat apa-apa.

banyak tekanan mental yang ane dapet dari keluarga ane ayah ane udah ketus bgt sama ane. adik sama abang ane yang cowok mungkin yang masih support ane sampe sekarang karena tau perasaan ane. ane ga pernah nyalahin siapapun atas apa yang terjadi sama nasib ane karena diluar sana masih banyak yang nasibnya lebih parah dari ane gan. ane sekedar ingin curhat doank, temen kuliah yang dulu gila-gilaan bareng sudah ga peduli sama ane apalagi yang skripsinya ane bikinin udahmah ga bayar lagi ane bener-bner butuh tmen curhat, sama ibu ane pun cuma dapet jawaban yang sama dan ane udah lakuin itu semua berdoa tiap hari, curhat sama tuhan meskipun ga ketemu langsung. ane mulai merubah diri ane jadi kearah yang lebih baik, mulai bukin portofolio dan belajar lagi dan lagi. sampai pada akhirnya ane ikut tes di bank BTN buat posisi ODP dan ane berharap banyak sama yang ini, ane berdoa siang malam, belajar tentang ODP akhirnya malam ini pengumumannya keluar lagi gan dan Alhamdulillah gan ane gagal lagi. ane ngedrop bgt dan mulai ga yakin sama yang ane lakuin ane ngelamun sambil nulis trit ini, karena ane pengen menumpahkan semua keluh kesal ane

jujur aza ane ngedrop tapi ane ga putus asa, ga nyerah juga ane cuma mikir ini bukan rejeki ane dan mungkin tuhan udah nyediain jalan yang lebih bae buat ane (tapi nyesek bgt gan) ane udah ngebet bgt pengen kerja gan.ane sampe nolak beberap pangilan tes karena ane ga PD sama kemampuan diri ane dan ane takut hasilnya gagal lagi. ane takut bokap ane cuma nganggep ane buang-buang duit buat tes yang gagal. oh iya ane pernah hampir ketipu sama panggilan tes atas nama PT. SEMEN BOSOWA yang minta transfer uang 2 juta buat beli tiket pesawat soalnya tesnya di luar puau jawa. ane ngerasa bego bgt waktu itu sampe depresi dan ga mau makan sampe malem (untung ibu ane beliin ayam goreng). yaah ane ngerasa plong sekarang berkat tulisan yang ane curahkan di trit ini. bagi para penggangguran tetep optimis dan bagi mahasiswa banyak-banyaklah belajar kalo engga ente pasti nyesel setengah mati kaya ane. ambilah pengalaman ane ini sebagai pelajaran.

terakhir ane mau ngasih tips buat agan agan mahasiswa dan sarjana yang masih nganggur semoga aze dapat membuat agan ga bernasib seperti ane.

1. Ga Pernah Berhenti Belajar
banayak mahasiswa lebih suka bolos kuliah dan nongkrong daripada masuk kuliah, jangan diikutin gan temen kaya begitu karena selain IPK kemampuan ente bakal dipertanyakan saat tes kerja nanti. buat sarjana jangan menganggap jika sudah dapet gelar lu udah hebat bro, idup lu baru mulai saat itu dan tantangan di dunia kerja lebih mengerikan daripada skripsi agan dan yang bisa nyelametin agan itu kemampuan agan.
jadi tetap belajar dan menambah ilmu agan.

2. Buat Portofolio
portofolio penting banget buat yang fresh graduate lu bakal dianggap berpengalaman jika punya banyak portofolio. apalagi bagi yang kuliah jurusan IT portofolio itu ibarat pengalaman kerja. jadi buat yang masih kuliah bikinlah portofolio sebanyak-banyaknya sambil menambah ilmu baru buat agan.

3. Fokus
fokus disini adalah sokus terhadap ilmu agan jika agan seneng programing tingkatkan ilmu programing agan jangan cuma bisa bikin "hello world" doang. kemudian fokus pada lowongan, kalo ini maksudnya fokus pada lowongan yang agan pilih, bukan berarti pilih-pilih ya tapi gimana agan mau lulus jadi programer di perusahaan jika kemampuan yang agan miliki itu akutansi, jadi fokuslah pada lowongan kerja yang agan cari.

4. Perbanyak Relasi
perbanyaklah relasi agan baik itu temen kuliah temen gang rumah, di kaskus medsos atau di manapun kalo bisa deket sama dosen biar dapet ilmu sama pengalaman dia gan. tujuan dari perbanyak relasi agan juga pasti tau supaya kita banyak koneksi di luar kehidupan sosial kita agar pas pas lulus nanti bisa berbagi info loker, sukur-sukur dapat relasi orang dalem perusahaan.

5. Buka situs Job Online
di google banya situs pencari kerja dan ada ribuan lowongan kerja disitu jadi ga usah alesan lapangan kerja sedikit apalagi nyalahin pemerintah.

6. Ikut Job Fairi
banyak job fair yang diadain tiap tahun dan biasanya perusahaan besar banya yang nangkring di job fair. ikut job fair sangat berguna buat para pencari kerja karena perusahaan yang nyari kita dan banyak pilihan perusahaan di job fair ga.

7. Pantng Menyerah dan Terus Berdoa
ini elemen paling penting gan jika ente lagi ngedrop merenung lah sebentar sambil pikiran kesalahan ente dimana dan gimana cara memperbaikinya jangan sampe pasrah atau nyerah gan. kemudian berdoa juga penting gan ane pernah meremehkan elemen yang satu ini dan beginilah nasib ane.minta doain pada ibu agan masing-masing gan (doa ibu itu lebih ampuh dari doa 40 orang wali gan), minta doa juga sama semua member kaskus juga gan hahahaha

ya itulah sedikit pengalaman dan tips dari ane mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran buat yang baca trit ini maaf ya gan berantakan soalnya baru pertama kali bikin trit hehehehe
oh ya nutup tritnya gimana ya gan enaknya emoticon-Hai

secape-capenya orang kerja lebih cape orang ga punya kerja
Diubah oleh nouhara90 23-02-2016 17:05
0
15.2K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.