Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
7 Kebiasaan Pengemudi yang Berbahaya
7 Kebiasaan Pengemudi yang Berbahaya

Jakarta - Mengemudi sebuah kendaraan bermotor tentu memerlukan sikap kita untuk mencegah kecelakaan dan risiko luka atau kematian. Namun, sadar atau tidak, masih banyak pengemudi mobil yang melakukan kebiasaan berbahaya.

Kebiasaan berbahaya ini tidak hanya mengancam keselamatan pengemudi itu sendiri. Namun, nyawa orang lain di sekitarnya juga terancam.

Apa saja kebiasaan mengemudi yang membahayakan? Berikut detikOto sarikan dari laman Car and Driver.

1. Tidak memakai sabuk pengaman

Ternyata sabuk pengaman masih disepelekan oleh sebagian pengemudi maupun penumpangnya. Padahal, sabuk pengaman dibuat agar penghuni sebuah kendaraan bisa selamat dari kecelakaan.

Menurut Badan Nasional Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), sabuk pengaman menyelamatkan lebih dari 75.000 nyawa antara tahun 2004 dan 2008. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya menggunakan sabuk pengaman.

Memang, saat ini beberapa mobil sudah dilengkapi dengan peranti keselamatan airbag. Namun, airbag dibuat untuk bekerja bersama dengan sabuk pengaman yang membantu mencegah benturan atau penghuni mobil terlempar saat kecelakaan di kecepatan tinggi.

Menggunakan sabuk pengaman bukanlah tindakan yang sulit. Mungkin masih banyak yang berpikir bahwa mengendarai mobil dengan jarak dekat tak perlu menggunakan sabuk pengaman karena mobil berjalan pelan.

Padahal, kecelakaan tidak mengenal jauh atau dekat, ngebut atau lambat.

2. Mengemudi dengan ceroboh

Mengemudi dengan ceroboh merupakan salah satu penyebab kecelakaan. Mengemudi ceroboh termasuk meliuk-liuk, bermanuver, berakselerasi dan mengerem secara mendadak, dan mengemudi perlahan di lajur kanan di jalan tol.

Di beberapa negara, mengemudi dengan kecepatan melebihi 30 km/jam dari batas kecepatan merupakan cara mengemudi yang ceroboh. Ancamannya adalah hukuman berat berupa denda, penjara atau kombinasi keduanya.

3. Mengemudi terlalu cepat saat cuaca buruk

Ketika cuaca yang semakin buruk, memperlambat kendaraan adalah cara terbaik untuk menghindari kecelakaan. Bahkan, pengemudi yang sangat terlatih pun dianjurkan memperlambat laju kendaraan saat cuaca buruk seperti ketika hujan.

Mobil dengan sistem all wheel drive (penggerak semua roda) bukan alasan untuk mengemudi dengan kecepatan tinggi pada cuaca buruk.

Ketika permukaan jalan licin, kendaraan akan kehilangan traksi. Hal itu akan menyulitkan Anda jika harus memperlambat kendaraan secara terburu-buru dalam keadaan mendesak.

Itulah alasan mengapa Anda harus memperlambat kendaraan dan menambah jarak dengan kendaraan di depan saat hujan.

4. Mengemudi sambil melakukan hal yang mengganggu

Ponsel, make up, makan, minum adalah kegiatan yang menggangu seorang pengemudi. NHTSA memperkirakan, ada 660.000 pengemudi di jalan yang melakukan hal yang mengganggu saat berkendara di jalan pada saat-saat tertentu.

Kini, mengemudi sambil main ponsel sudah dilarang. Namun, nyatanya masih ada saja yang melakukan hal itu.

Beberapa negara juga telah melarang mengemudi sambil main ponsel, mengemudi sambil makan/minum atau sambil melakukan hal lain yang mengalihkan fokus pengendara. Bahkan, hasil studi Car and Driver menyatakan, mengetik SMS saat mengemudi sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk.

5. Melebihi batas kecepatan maksimal

Melebihi batas kecepatan adalah penyebab kematian lalu lintas tertinggi kedua setelah mengemudi dalam keadaan mabuk. Penelitian Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menunjukkan, kemungkinan kecelakaan meningkatketika sopir mengemudikan kendaraan di atas atau di bawah rata-rata kecepatan di jalan tertentu.

Sebab, kecepatan di jalan tertentu berkaitan dengan kecepatan kendaraan lain. Ketika semua kendaraan berjalan pada kecepatan umum yang sama, maka beberapa hal dapat diprediksi. Alhasil, jalan lebih aman.

sumur: http://oto.detik.com/read/2016/02/28...rbahaya#bigpic
0
2.4K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.