Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hmtambunanAvatar border
TS
hmtambunan
TobaPulp Hasilkan 3.000 Bibit Pohon Kemenyan Per Bulan
OBROLANBISNIS.COM – Haminjon atau kemenyan indentik dengan orang Batak di Sumatera Utara (Sumut). Pohon kemenyan tumbuh secara alami di dalam hutan yang terlindung.

Kemenyan menjadi salah satu mata pencarian bagi warga. Getah pohon kemenyan memiliki nilai yang cukup tinggi di pasaran. Kini, kemenyan yang tumbuh di hutan Sumut menjadi primadona di mata petani.

Pohon kemenyan tak hanya tumbuh di kawasan hutan yang dilindungi oleh negara. Juga tumbuh subur di areal konsesi PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TobaPulp), perusahaan pengelola bubur kertas (pulp).

Hal itu diakui Manager Regional II TobaPulp, Tagor Manik ketika menjawab pertayaan media, terkait keberadaan haminjon (kemenyan) di konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikuasai secara legal dari pemerintah, Kamis (25/2/2016).

Menurut Tagor, pohon kemenyan menjadi sumber mata pencarian bagi sekelompok petani yang berdampingan dengan TobaPulp. “Mengetahui keberadaan kemenyan ada di konsesi perusahaan dan telah menjadi sumber mata pencaharian petani, maka TobaPulp memelihara dan melindunginya. Bahkan, kita mencoba membudidayakan kemenyan tersebut,” katanya seraya mengajak media menyaksikan pembibitan Kemenyan.

Dengan komitmen perusahaan untuk melestarikan kawasan lindung yang berada di konsesi HTI, TobaPulp melakukan pembudidayaan bibit kemenyan yang diperoleh dari pohon unggulan. “Sejak tahun 2012, kita mengembangkan budidaya bibit kemenyan yang dipusatkan di Nursery TobaPulp,” ucap Tagor didampingi Humas TobaPulp Medan, Dedy Armaya dan Humas TobaPulp Porsea, Juliandri.

Selengkapnya di... http://obrolanbisnis.com/tobapulp-ha...emenyan-bulan/
0
1.3K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.