• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Putrajaya, Ibukota Administrasi Malaysia yang Futuristik

runarazenviq
TS
runarazenviq
Mengenal Putrajaya, Ibukota Administrasi Malaysia yang Futuristik
I'am


Welcome to



Holla Gans..Ketemu lagi dengan trid kota-kota dari ane. Setelah vakum yang cukup panjang, akhirnya ane ada ide untuk share tentang Kota PUTRAJAYA.

Apaan sih Putrajaya tuh?emoticon-Bingung (S)
Itu lho..ibukota administrasi Malaysia..
Loh..bukannya Ibukotanya Kuala Lumpur? Udah pindah po piye?emoticon-Cape d... (S)
Iya..ini pusat pemerintahannya gan, kalau Kuala Lumpur tuh pusat Perekonomian dan Perdagangannya emoticon-Smilie
Betul banget gan, tahun 1999 Ibukota Pemerintahan Malaysia pindah dari Kuala Lumpur ke Putrajaya, hal ini dikarenakan KL udah mulai padat, kumuh, dan macet sehingga pemerintah Malaysia memindahkan Pusat Pemerintahannya..
Lah..bukannya udah ada yang bikin trid beginian? Ngapain bikin lagi? Trus apa bagunya negara tetangga? emoticon-Cape d... (S)
Emang udah pernah ada yang share, tapi ini ane mau share lebih detil gan. Baca dulu deh tridnya sampe selesai, dijamin ente bakal tahu bagusnya nih kota. emoticon-Blue Guy Peace


Oke mari mulai jalan-jalan..emoticon-Request

Quote:


- Konsep Pengembangan Kota -

Konsep pengembangan Putrajaya adalah Intelligent Garden Cityyaitu sebagai kota taman yang cerdas sehingga pembangunan Putrajaya sangat memperhatikan keseimbangan lingkungan dimana 38% areanya dialokasikan untuk ruang terbuka hijau (taman).
Saat ini Putrajaya dibagi dalam 19 presint atau blok gan, dimana presint 1-4 merupakan area khusus pemerintahan sementara sisanya merupakan untuk permukiman dan fasilitas umum lainnya.

Spoiler for peta:


- Gedung Pemerintahan -

Sebagai pusat pemerintahan, tentu hampir semua gedung pemerintahan Malaysia ada disini termasuk Gedung Perdana Menterinya gan. Hanya Kementerian Perdagangan saja yang masih berada di KL untuk secara langsung memantau KL sebagai pusat perekonomian. Gedung-gedung pemerintahan disini didesain dengan sangat bagus, memadukan gaya klasik dan modern sehingga kota ini nampak sangat cantik. Dua gedung yang terkenal adalah Putra Perdana (Kantor Perdana Menteri Malaysia) dan Istana Kehakiman (Palace of Justice)
Spoiler for Gedung Pemerintahan:


-Masjid di Putrajaya -

Selain gedung pemerintahan, bangunan yang sangat indah di Putrajaya adalah masjid-masjidnya yang megah gan, karena memang Malaysia adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Terdapat dua masjid terkenal adalah Masjid Putra (masjid pink) dan Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin (masjid besi).
Masjid Putra mulai dibangun pada tahun 1997. Masjid cantik ini terlihat mencolok dengan menaranya yang setinggi 116 meter dan kubahnya yang berjumlah sembilan dengan motif Persia berwarna pink.
Masjid lainnya adalah Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin atau yang biasa disebut Masjid Besi. Masjid ini mulai dibangun pada bulan April 2004, keunikan masjid ini adalah sebagian besar bahan bangunannya menggunakan besi sehingga disebut juga Masjid Besi.

Spoiler for masjid:


- Danau dan Jembatan-

Karena dikelilingi oleh danau buatan yang sangat luas maka banyak jembatan di Kota Putrajaya. Total ada 8 jembatan gan, dimana desainnya sangat bagus dan futuristik. Namun ada 2 jembatan yang paling terkenal karena keunikan desainnya yaitu Jembatan Putra dan Jembatan Seri Wawasan.
Jembatan Putra memiliki panjang 435 meter yang menghubungkan Presint 1 (kompleks kantor perdana menteri) dan Presint 2 (kompleks kantor pemerintahan). Desain jembatan ini terinspirasi oleh Jembatan Khaju (Khaju Bridge) di Isfahan, Iran, tetapi dibuat dalam ukuran lebih kecil. Jembatan Putra terdiri empat lengkung dan empat tiang utama/menara, yang juga berfungsi sebagai tempat untuk melihat pemandangan sekitar (observation deck).
Jembatan Seri Wawasan sepanjang 240 meter menghubungkan Presint 2 (kompleks kantor pemerintahan) dan Presint 8 (kompleks pemukiman). Desain jembatan ini menggunakan kabel baja (cable-stayed bridge) dengan satu tiang utama. Di ujung jembatan terdapat gardu pandang (observation deck).

Spoiler for jembatan:


Lets Get Closer..emoticon-Request
Spoiler for jalan-jalan:


Malay aja keren bisa mindah ibukota pemerintahan.
Bagaimana dengan Indonesia?
Ane rasa kalau Pusat Pemerintahan Indonesia dipindah dari Jakarta akan lebih baik, memecah pemusatan segala aktivitas di Jakarta serta mempermudah koordinasi antar instansi. Namun perlu perencanaan yang matang, disertai dengan keteguhan baik pemerintah maupun masyarakat untuk mendukungnya. emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for Sumber:

Jangan Lupa Rate 5, Komeng, dan Cendol gan.
Sekian dari Ane gan, Semoga Bermanfaat emoticon-Smilie

Spoiler for Kunjungi Trid TS Lainnya /:)/:

Diubah oleh runarazenviq 24-02-2016 06:06
0
60.2K
334
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
921.9KThread80KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.