syurom2292Avatar border
TS
syurom2292
Ideologi dan Macam-Macamnya
Ideologi dan Macam-Macamnya



Berdasarkan Wikipedia, Kata Ideologi pertama sekali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796. Kata ini berasal dari bahasa Prancis idéologie, merupakan gabungan 2 kata yaitu, idéo yang mengacu kepada gagasan dan logie yang mengacu kepada logos, kata dalam bahasa Yunani untuk menjelaskan logika dan rasio. Destutt de Tracy menggunakan kata ini dalam pengertian etimologisnya, sebagai "ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan".

Ideologi Dr. Hafidh Shaleh berdasarkan adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah), yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut harus mempunyai metode, yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahankannya, serta metode menyebarkannya ke seluruh dunia
Spoiler for "Definisi Ideologi":

Ideologi adalah sesuatu yang mendarah daging dalam diri manusia (PANDANGAN HIDUP) sejak lahir hingga dewasa dan sesuatu yang sangat sukar sekali dirubah bahkan oleh orang yang dicintai/disayangi. Ideologi akan jadi landasan menentukan TUJUAN HIDUP manusia tersebut selama dia hidup didunia hingga meninggal.

Macam-Macam Ideologi di Dunia :

Spoiler for "1. Materialisme":

Spoiler for "2. Pluralisme":

Spoiler for "3. Sosialisme":

Spoiler for "4. Sekularisme":

Spoiler for "5. Liberalisme":

Spoiler for "6. Hedonisme":

Spoiler for "7. Romantisisme":

Spoiler for "8. Nasionalisme":


Selain -Isme yang diatas Agama/Kepercayaan juga bisa dipandang sebagai Ideologi meskipun Agama/Kepercayaan itu dianggap Ide/Gagasan/Paham yang bukan berasal dari Manusia namun Agama/Kepercayaan itu juga memberikan TUJUAN HIDUP dan PANDANGAN HIDUP pada penganutnya dan juga memiliki Aturan/Hukum untuk mengatur/mengontrol perilaku penganutnya.
Spoiler for "9. Islam":


Sekian Trit dari TS Jika ada yang ingin menambahkan Ideologi-Ideologi yang mungkin belum TS cantumkan silahkan ditambahkan lewat komeng. Untuk Ideologi yang Agama, maaf TS hanya memasukkan satu bukan untuk tujuan SARA atau apapun namun jika ada agan-agan yang merasa lebih tahu/paham tentang ideologi Agama lainnnya yang belum disebutkan silahkan ditambahkan lewat komeng. karena TS takut salah dalam jelasin tentang Ideologi Agama/Kepercayaan yang lain bisa menyinggung yg bersangkutan.

Jika berkenan silahkan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan tolong jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) gan. Makasih.

Anda termasuk yang ikut Ideologi yang mana ?
Quote:
Diubah oleh syurom2292 10-02-2016 17:25
0
24.8K
372
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.