Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smoothies99Avatar border
TS
smoothies99
Di 2020, Teknologi Ini Siap Gantikan PIN ATM dan Mobile Banking
WELCOME TO MY THREAD


Teknologi perbankan makin ke sini makin canggih aja ya, gan! Kalau dulu, kita punya kartu ATM aja rasanya udah seneng. Sekarang mah, fasilitas bank udah banyak macamnya kayak SMS Banking dan Internet Banking. Kalau dulu pamernya kartu ATM, sekarang pamernya remot token ya gan hahahahaha. Udah ngoleksi berapa ngomong-ngomong? emoticon-Ngakak (S)

Btw kayaknya beberapa tahun mendatang teknologi perbankan bakal makin keren aja gan. Goode Intelligencemerilis hasil temuannya bahwa bakal ada teknologi layanan perbankan baru yang bakal ngetrend antara 2015 – 2020, yaitu Mobile Biometrics, yang diprediksi akan menggantikan posisi hitsnya pin ATM sama mobile banking.


Apaan tuh gan, Mobile Biometrics?


Kalau kata Wikipedia, Biometrik dalam dunia teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia dalam autentifikasi.

Bahasa simpelnya sih, cara untuk mengenali seseorang dari ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Contoh yang udah banyak digunakan saat ini adalah mesin absen yang pakai sidik jari, itu salah satu penerapan teknologi Biometrik.

Kalau agan pernah nonton film-film barat yang masukin password atau akses pakai retina mata, wajah, suara, iris, telapak tangan, atau pembuluh darah, itu juga penerapan teknologi Biometrik.

Kalau dibayangin keren juga ya gan emoticon-Betty (S)
Penggunaan teknologi biometrik buat password perbankan ini kalau difikir-fikir banyak kelebihannya juga gan dibandingkan teknologi PIN sekarang.


1. Susah Dipalsukan
Spoiler for Susah dipalsukan:



2. Gak perlu lupa password lagi
Spoiler for Gak perlu lupa password lagi:


3. (Seenggaknya) Lebih Tenang Kalau Hilang
Spoiler for Lebih Tenang Kalau Hilang:


4. Gak bakal ketinggalan
Spoiler for Gak bakal ketinggalan:



Kira-kira kapan ya Indonesia bakal merasakan teknologi biometrics buat layanan perbankan? Di luar negeri sendiri sudah banyak bank yang menerapkan teknologi ini untuk keamanan yang lebih tinggi, seperti Barclays, BBVA Compass, BPH (Poland), Getin Bank (Poland), dsb.
Di Indonesia sendiri teknologi ini sebenarnya sudah ada dan mulai familiar gan, seperti mesin absen atau pin smartphone yang menggunakan sidik jari. Jadi tinggal penerapannya aja kali ya, buat bank.

Ane sih, termasuk yang bersemangat nungguin teknologi ini. Soalnya ane tipikal rajin datengin mbak-mbak CS Bank gara-gara lupa passwordemoticon-Cape d... (S)


Kalo agan sendiri gimana, nih?
Diubah oleh smoothies99 24-02-2016 03:26
0
5.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.