Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

efrayim28Avatar border
TS
efrayim28
Angkutan Pengumpan Bus Transjakarta ke Wilayah BODETABEK


Hallo kaskuser, apa kabar ? Hehehe lama tidak bikin postingan karena banyak tugas kuliah yang harus diselesaikan sesuai deadline emoticon-Big Grin Oke pada postingan kali ini, saya akan memaparkan Angkutan Pengumpan atau Feeder Bus TransJakarta dari / ke wilayah penyangga Ibukota, yaitu BODETABEK (Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi). Angkutan pengumpan ini berupa bus besar dengan kapasitas maksimal 85 orang, yang berfungsi sebagai sarana angkutan menuju tempat kerja, kampus, tempat berbelanja ataupun tempat wisata bagi mereka yang tinggal di wilayah penyangga. Bagi yang naik bus ini dapat Transit ke Bus TransJakarta tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Harapannya ialah agar pengguna kendaraan pribadi mau beralih menggunakan Angkutan Massal. Angkutan pengumpan ke wilayah penyangga ada 2, yakni APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway TransJakarta) dan TransJabodetabek (Program dari KEMENHUB).


1. APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway TransJakarta)
Adalah bus yang beroperasi dari wilayah penyangga ibukota menuju kawasan pusat kota. Mulai beroperasi pada tahun 2012. Bila melintas di jalur Busway, bus ini beroperasi sama seperti Bus TransJakarta pada umumnya. Yaitu hanya mengangkut dan menurunkan penumpang di halte Busway. Namun bedanya, bila penumpang naik bus ini antar halte Busway akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 5000, karena bus APTB tidak menggunakan sistem pembayaran per KM seperti TransJakarta reguler. Akan tetapi, direncanakan pada bulan Juni 2016 nanti, seluruh operator APTB akan dibayar per KM seperti halnya TransJakarta. Sehingga penumpang yang naik antar halte tidak lagi dikenai biaya tambahan. Bagi penumpang yang naik dari kawasan penyangga, dapat naik dari pinggir jalan dan membeli tiket langsung ke kondektur didalam bus. Saat ini terdapat 15 rute APTB (Sebenarnya ada 18 rute, namun 3 rute telah ditutup trayeknya karena sepi penumpang) yang melayani hingga wilayah BODETABEK. Serta dilayani oleh 6 operator Bus. Ke 15 serta 3 rute yang telah ditutup trayeknya yaitu :
APTB 01 (Bekasi - Pulogadung) dengan operator Perum PPD (Sudah tidak beroperasi)
APTB 02 (Bekasi - Kampung Rambutan) dengan operator Perum PPD (Sudah tidak beroperasi)
APTB 03 (Poris Plawad - Taman Anggrek) dengan operator Perum PPD (Hanya beroperasi di jam - jam tertentu)
APTB 04 (Ciputat - Kota) dengan operator PT. Bianglala Metropolitan (tidak berhenti di Pondok Pinang, Pondok Indah 1 & 2 kecuali kalo ada penumpang yang minta berhenti)
APTB 05 (Cibinong - Grogol) dengan operator PT. Mayasari Bakti
APTB 06 (Bubulak / Sentul City - Rawamangun) dengan operator PO. Sinar Jaya
APTB 07 (Bekasi - Tanah Abang) dengan operator PT. Mayasari Bakti
APTB 08 (Bekasi - Tosari ICBC) dengan operator Perum PPD
APTB 09 (Bubulak / Sentul City - Blok M) dengan operator PO. Sinar Jaya (Hari Minggu tidak beroperasi)
APTB 10 (Cileungsi - Blok M) dengan operator PT. Mayasari Bakti
APTB 11 (Ciawi - Tanah Abang) dengan operator PO. Sinar Jaya
APTB 12 (Ciawi - Tanjung Priok) dengan operator PO. Hiba Utama
APTB 13 (Poris Plawad - Pulogadung) dengan operator PT. Mayasari Bakti (Sudah tidak beroperasi)
APTB 14 (Cikarang - Kalideres) dengan operator PT. Mayasari Bakti
APTB 15 (Ciawi - Grogol) dengan operator PO. Agra Mas
APTB 16 (Bubulak / Sentul City - Grogol) dengan operator PO. Sinar Jaya
APTB 17 (Ciawi / Bubulak - Senen) dengan operator PO. Agra Mas
APTB 18 (Bubulak - PGC Cililitan) dengan operator PO. Agra Mas (Sudah tidak beroperasi)
CATATAN PENTING : Kini APTB Tujuan Bubulak, Ciawi, Cibinong, Cileungsi, Sentul City tidak berhenti di Halte Cawang UKI. Penumpang yang ingin naik APTB menuju kawasan tersebut dapat naik dari Halte BNN



Jenis Bus yang digunakan oleh operator - operator APTB


1. Perum PPD
Bus yang digunakan oleh Perum PPD untuk operasional APTB adalah bus bermerk Hino RK8 R235 dengan body Laksana Nucleus 3 yang digunakan pada rute APTB 08, serta bus bermerk Hino RK8 R260 berbody New Armada Avant Garde yang digunakan pada rute APTB 03.

Spoiler for "Bus bermerk Hino RK8 R260 berbody New Armada Avant Garde yang digunkan di APTB 03":


Spoiler for "Bus bermerk Hino RK8 R235 berbody Laksana Nucleus 3 yang digunakan di APTB 08":



2. PT. Bianglala Metroplitan
Bus yang digunakan oleh PT. Bianglala Metropolitan untuk operasional APTB adalah bus bermerk Mercedes Benz OH 1526 berbody Erobus / Jetbus yang dibuat oleh karoseri Srikandi. Bus ini digunakan untuk rute APTB 04.

Spoiler for "Bus bermerk Mercedes Benz OH 1526 berbody Jetbus yang digunakan di APTB 04":


3. PT. Mayasari Bakti
Bus yang digunakan oleh PT. Mayasari Bakti untuk operasional APTB adalah bus bermerk Hino AK3HR / PHL berbody Rahayu Santosa Evo X yang digunakan pada rute APTB 10, bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Rahayu Santosa Evo X yang digunakan pada rute APTB 05 & Laksana Discovery yang digunakan pada rute APTB 05, 07, 10, 13, 14. Serta bus bermerk Hino RK1 JSML dengan transmisi ZF Automatic berbody Laksana Discovery yang digunakan pada rute APTB. 07.

Spoiler for "Bus Hino RK1 JSML dengan transmisi ZF Automatic berbody Laksana Discovery yang dgunakan pada rute APTB 07":

Spoiler for "Bus berbody Rahayu Santosa Evo X yang digunakan pada APTB 05 & 10":

Spoiler for "Bus Hino AK8 A215 berbody Laksana Discovery yang digunakan pada APTB 05, 07, 10, 13, 14":


4. PO Sinar Jaya
Bus yang digunakan oleh PO Sinar Jaya untuk operasional APTB adalah bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Laksana Discovery yang digunakan pada rute APTB 06, 09, 11, dan 16.

Spoiler for "Bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Laksana Discovery yang digunakan pada rute APTB 06, 09, 11, 16":


5. PO Agra Mas
Bus yang digunakan oleh PO Agra Mas untuk operasional APTB adalah bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Rahayu Santosa New Celcius yang digunakan pada rute APTB 15 dan 17.

Spoiler for "Bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Rahayu Santosa New Celcius yang digunakan pada rute APTB 15 dan 17 ":


6. PO Hiba Utama
Bus yang digunakan oleh PO Hiba Utama untuk operasional APTB adalah bus bermerk Hino AK8 A215 berbody Laksana Discovery yang digunakan pada rute APTB 12. APTB ini sering dijulukiAPTB RAJIN MEMBACA karena seluruh halte yang dilewati terpampang jelas dari A sampai Z di stiker trayek

Spoiler for "Bus APTB milik PO Hiba Utama yang sering dijuluki APTB Rajin Membaca":


Bila ingin lebih tahu lebih banyak lagi tentang spesifikasi Bus APTB. Silahkan klik link
ini

Tarif dan Rute APTB
Dahulu, sebelum ada sistem E-Ticketing TransJakarta. Tiket APTB dijual diloket TranJakarta, sehingga penumpang yang akan naik APTB antar halte maupun yang ingin menuju luar kota tidak perlu membayar lagi didalam bus. Cukup bilang saja ke kasir yang ada diloket "Beli tiket APTB". Nanti ketika di dalam bus berikan tiket tersebut kepada kondektur yang ada didalam bus. Namun setelah ada sistem E-Ticketing TransJakarta, tiket APTB tidak lagi dijual di loket. Penumpang yang akan naik APTB harus tap in dulu di Halte Busway, lalu

membayar langsung kepada kondektur di dalam bus. Tarif APTB berbeda - beda untuk tiap rute, tergantung jauhnya jarak yang ditempuh. Tetapi untuk tarif antar halte semuanya sama, yaitu Rp. 5000. Rencananya, pada bulan Juni 2016 nanti akan diberikan PSO (Public Service Obligazion) oleh Pemprov DKI Jakarta untuk APTB, Sehingga tarif APTB baik yang didalam koridor maupun yang diluar koridor akan turun dan tarifnya akan sama seperti TransJakarta, yaitu Rp. 3500. Bagi yang ingin menuju kawasan penyangga dari Halte Busway, penumpang cukup sekali tap in e-ticketing pada Halte Busway, tidak perlu membayar lagi didalam bus. Para operator APTB pun akan dibayar per KM sama halnya dengan TransJakarta pada umumnya. Berikut akan dipaparkan rute dan tarif APTB.

1. APTB 03
Melayani rute Poris Plawad - Taman Anggrek dengan operator Perum PPD. APTB 03 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 3 (Kalideres - Harmoni), Koridor 8 (Lebak Bulus - Harmoni), dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Tarifnya adalah Rp. 9000 untuk tarif luar Koridor Busway, dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Adapun halte yang dilalui yaitu :
-Pesakih
-Sumur Bor
-Rawa Buaya
-Jembatan Baru
-Dispenda Samsat Barat
-Jembatan Gantung
-Taman Kota
-indosiar (Transit ke TransJakarta Koridor 8)
-Jelambar
-Grogol 2
-Taman Anggrek

2. APTB 04
Melayani rute Ciputat - Kota dengan operator PT. Bianglala Metropolitan. APTB 04 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota), Koridor 8 (Lebak Bulus - Harmoni), dan Koridor 12 (Pluit - Tanjung Priok). Tarifnya adalah Rp. 10.000 untuk tarif luar Koridor Busway, dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Menuju / dari Pondok Indah dan Lebak Bulus tarifnya adalah Rp. 10.000. Adapun halte yang dilalui yaitu :
-Pondok Pinang (Arah Kota)
-Pondok Indah 1
-Pondok Indah 2
-Masjid Agung
-Bundaran Senayan
-Gelora Bung Karno
-POLDA Metro Jaya
-Bendungan Hilir (Transit ke TransJakarta Koridor 9)
-Karet 2
-Dukuh Atas 1 (Transit ke TransJakarta Koridor 4 & 6)
-Tosari ICBC
-Sarinah
-Bank Indonesia
-MONAS (Transit ke TransJakarta Koridor 2)
-Harmoni (Transit ke TransJakarta Koridor 3)
-Sawah Besar
-Mangga Besar
-Olimo
-Glodok
-Kota (Transit ke TransJakarta Koridor 12)

3. APTB 05
Melayani rute Cibinong - Grogol dengan operator PT. Mayasari Bakti. APTB 05 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 7 (Kampung Rambutan - Kampung Melayu), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok). Adapun tarifnya adalah Rp. 16.000 bila menggunakan kartu Flazz dan Rp. 18.000 bila menggunakan uang tunai, serta Rp. 5000 untuk tarif antar halte Busway.Adapun halte yang dilalui yaitu :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 10)
-BNN
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gatot Subroto LIPI
-Semanggi (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Senayan JCC
-Slipi Petamburan
-Slipi Kemanggisan
-RS. Harapan Kita
-Taman Anggrek
-Grogol 2 (Transit ke TransJakarta Koridor 3 & 8)

4. APTB 06
Melayani rute Bubulak - Rawamangun dengan operator PO Sinar Jaya. APTB 06 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 4 (Pulogadung - Dukuh Atas) dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok). Tarif luar koridor Busway adalah Rp. 16.000 dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Adapun halte yang dilalui adalah :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 9)
-Cawang Sutoyo
-Penas Kalimalang
-Cipinang Kebon Nanas
-Pedati Prumpung
-Stasiun Jatinegara (Transit ke TransJakarta Koridor 11)
-Ahmad Yani Bea Cukai
-Utan Kayu Rawamangun
-Pramuka BPKP
-UNJ (Transit ke TransJakarta Koridor 4)
-Sunan Giri
-Velodrome
-Terminal Rawamangun

5. APTB 07
Melayani rute Bekasi - Tanah Abang dengan operator PT. Mayasari Bakti. APTB 07 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota) dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Tarif luar Koridor Busway adalah Rp. 11.000 bila menggunakan kartu Flazz BCA dan Rp. 13.000 bila menggunakan uang tunai, serta Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Adapun halte yang dilalui yaitu :
-BNN (Arah Bekasi)
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gatot Subroto LIPI
-Semanggi (Arah Tanag Abang)
-Bendungan Hilir (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Karet 2
-Dukuh Atas 1 (Transit ke TransJakarta Koridor 4 & 6)
-Tosari ICBC
-Sarinah
-Bank Indonesia (Arah Bekasi)
-Stasiun Tanah Abang
-Terminal Tanah Abang

6. APTB 08
Melayani rute Bekasi - Tosari ICBC dengan operator Perum PPD. APTB 08 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota) dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Adapun tarifnya adalah Rp. 10.000 untuk tarif luar Koridor Busway dan RP.5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-BNN (Arah Bekasi)
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gatot Subroto LIPI
-Semanggi (Arah Tanag Abang)
-Bendungan Hilir (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Karet 2
-Dukuh Atas 1 (Transit ke TransJakarta Koridor 4 & 6)
-Tosari ICBC

7. APTB 09
Terbagi menjadi dua rute, yaitu Bubulak - Blok M dan Sentul City - Blok M dengan operator PO Sinar Jaya. APTB 09 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota) dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Adapun tarifnya adalah Rp. 16.000 untuk tarif luar Koridor Busway dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 10)
-BNN
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gattot Subroto LIPI
-Semanggi (Arah Bogor)
-POLDA Metro Jaya (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Gelora Bung Karno
-Bundaran Senayan
-Masjid Agung (Arah Blok M)
-Terminal Blok M (Masuk jalur 2, tidak berhenti di Halte Busway)

8. APTB 10
Melayani rute Cileungsi - Blok M dengan operator PT. Mayasari Bakti. APTB 10 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M -Kota) dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Adapun tarifnya adalah Rp. 16.000 Jika menggunakan Kartu Flazz BCA, Rp. 18.000 jika menggunakan uang tunai, serta Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 10)
-BNN
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gattot Subroto LIPI
-Semanggi (Arah Bogor)
-POLDA Metro Jaya (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Gelora Bung Karno
-Bundaran Senayan
-Masjid Agung (Arah Blok M)
-Terminal Blok M (Masuk jalur 2, tidak berhenti di Halte Busway)

9. APTB 11
Melayani rute Ciawi - Tanah Abang dengan operator PO. Sinar Jaya. APTB 11 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota) dan Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit). Adapun tarifnya adalah Rp. 16.000 untuk tarif luar Koridor Busway dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 10)
-BNN (Arah Bekasi)
-Cawang Ciliwung
-Stasiun Cawang
-Tebet BUMD
-Pancoran Tugu
-Pancoran Barat
-Tegal Parang
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gatot Subroto LIPI
-Semanggi (Arah Tanag Abang)
-Bendungan Hilir (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Karet 2
-Dukuh Atas 1 (Transit ke TransJakarta Koridor 4 & 6)
-Tosari ICBC
-Sarinah
-Bank Indonesia (Arah Bekasi)
-Stasiun Tanah Abang
-Terminal Tanah Abang

10. APTB 12
Melayani rute Ciawi - Tanjung Priok dengan operator PO. Hiba Utama. APTB 12 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok) dan Koridor 12 (Pluit - Tanjung Priok). Adapun tarifnya adalah Rp. 16.000 untuk tarif luar Koridor Busway, dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-Cawang UKI (Transit ke TransJakarta Koridor 7 & 9)
-Cawang Sutoyo
-Penas Kalimalang
-Cipinang Kebon Nanas
-Pedati Prumpung
-Stasiun Jatinegara (Transit ke TransJakarta Koridor 11)
-Ahmad Yani Bea Cukai
-Utan Kayu Rawamangun
-Pramuka BPKP (Transit ke TransJakarta Koridor 4)
Kayu Putih Rawasari
-Pulomas By Pass
-Cempaka Putih
-Cempaka Mas (Transit ke TransJakarta Koridor 2)
-Yos Sudarso Kodamar
-Sunter Kelapa Gading (Transit ke TransJakarta Koridor 12)
-Plumpang Pertamina
-Walikota Jakarta Utara
-Permai Koja
-Enggano
-Tanjung Priok

11. APTB 13
Melayani rute Poris Plawad - Pulogadung dengan operator PT. Mayasari Bakti. APTB 13 terintegrasi dengan TransJakarta Koridor 2 (Pulogadung - Harmoni), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok). Adapun tarifnya adalah Rp. 18.000 jika menggunakan Kartu Flazz BCA, Rp. 20.000 jika menggunakan uang tunai, dan Rp. 5000 untuk tarif antar Halte Busway. Halte yang dilalui yaitu :
-RS.Harapan Kita
-Slipi Kemanggisan
-Slipi Petamburan
-Senayan JCC
-Semanggi (Transit ke TransJakarta Koridor 1)
-Gatot Subroto JAMSOSTEK
-Gatot Subroto LIPI
-Kuningan Barat (Transit ke TransJakarta Koridor 6)
-Tegal Parang
-Pancoran Barat
-Pancoran Tugu
-Tebet BUMD
-Stasiun Cawang
-Cawang Ciliwung
-BNN (Transit ke TransJakarta Koridor 7)
-Cawang UKI (Arah Poris)
-Cawang Sutoyo (Arah Poris)
-Penas Kalimalang (Transit ke TransJakarta Koridor 10)
-Cipinang Kebon Nanas
-Pedati Prumpung
-Stasiun Jatinegara (Transit ke TransJakarta Koridor 11)
-Ahmad Yani Bea Cukai
-Utan Kayu Rawamangun
-Pramuka BPKP (Transit ke TransJakarta Koridor 4)
-Kayu Putih Rawasari
-Pulomas By Pass
-Cempaka Putih
-Pedongkelan (Transit ke TransJakarta Koridor 2)
-ASMI
-Pulomas
-Bermis
-Pulogadung

PART 2 DIPOST 10
Diubah oleh efrayim28 23-02-2016 14:03
0
10.1K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.