Alhamdulillah, Hot thread ke tujuh di thread ke tujuh, terima kasih mimin, momod, dan all kaskuser sekalian
Spoiler for cek repost:
Selamat siang agan - agan, di jumat berkah kali ini ane dapet inspirasi kembali, masih di seputar tema kereta api yang pasti gan hehekali ini ane mau bahas mengenai siapa sih yang mengatur seluruh perjalanan kereta api? dan bagaimana prosedurnya?
langsung cek dibawah aja ya gan, langsung shift + X aja gan
Quote:
PK/Pusat kendali, bahasa Inggrisnya Operational Control/OC, Tugas dari PK adalah memonitoring pergerakan kereta api dalam wilayahnya, dalam keadaan luar biasa, PK bisa memberikan masukan kepada PPKA (Pemimpin Perjalanan Kereta Api) untuk pengaturan perjalanan kereta api (perka) untuk kelancaran, dan perintah yang diberikan oleh PK di catat oleh PPKA.
Di samping itu PK juga menjadi mediator antara Masinis dengan PPKA dalam komunikasi yaitu jika terjadi rintang jalan (rinja), gangguan persignalan, batas kecepatan / taspat, perjalanan sepur salah, atau jika masinis mengalami permasalahan terhadap lokomotif atau rangkaianya yang mengakibatkan rinja pada petak jalan.
PK juga bertugas membuat grafik perjalanan sebuah kereta, dimulai dari awal kereta tersebut hingga keluar dari wilayah pemantauanya, dan itu menjadi dasar untuk pembuatan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api), untuk DAOP I, letak PK ada di Manggarai dekat dengan stasiun ada bangunan berlantai 4, dan wilayah kerjanya di bagi menjadi PK Selatan, PK Barat, PK Timur dan PK Jabotabek.
Spoiler for PK - OC:
Komunikasi dari PK sebagai mediator dan pengatur kepada PPKA dan Masinis sangatlah penting, dalam hal ini, PPKA dan Masinis harus mematuhi semua peraturan dan himbauan dari PK, semua semboyan tidak boleh dilanggar, jika tidak mentaatinya, keselamatan penumpang bisa terancam.
Selain itu, bukan hanya PPKA yang mengatur wesel, namun PK juga andil dalam hal ini, contohnya seperti di stasiun besar seperti Manggarai, Tanah Abang, Jakarta Kota, dan Jatinegara yang wilayahnya sudah mengalami sistem sinyal blok.
Spoiler for PK - OC:
Menhub Ignasius Jonan berkunjung ke PK - OC Manggarai
PK harus memantau semua cakupan wilayahnya, memastikan semua arus perjalanan kereta api berjalan dengan baik non stop selama 24 jam tanpa kenal libur, tidak ada gangguan, dari stasiun paling ujung timur, ujung selatan, ujung utara, hingga ujung barat, semua stasiun tidak akan terlewatkan dari pantauan.
Spoiler for PK - OC:
Ini adalah wilayah pantauan PK - OC Manggarai untuk wilayah Daop 1 Jakarta, terbentang dari Merak hingga Cikampek, dan meluas hingga Sukabumi, cukup luas kan gan?
Spoiler for PK - OC:
Di dalam kabin Lokomotif terdapat TOKA (Telepon Otomatis Kereta Api) untuk penunjang info terhadap PK, untuk di Pulau Jawa semua perjalanan kereta api, masinis juga dipandu oleh PK. Dan di Divre 3 Sumatera Selatan selain bisa berhubungan dengan PK, sang masinis juga bisa berkomunikasi dengan PPKA dan PJL (Pos Jaga Lintasan).
Spoiler for PK - OC:
Di dalam kabin KRL pun juga tersedia TOKA untuk penunjang komunikasi dengan PK, PK pun berhak untuk menghimbau masinis yang melanggar semboyan, melanggar sinyal, atau pun melanggar batas kecepatan, beberapa waktu lalu salah satu masinis KRL rute Bekasi - Jakarta kota melanggar sinyal blok di daerah Cipinang, saat itu juga PK langsung menindak dan mengganti masinis tersebut. Masinis yang melanggar akan diberikan sanksi yang berat, karna melanggar 1 sinyal saja bisa mengalami tubrukan KA dan mengancam keselamatan penumpang.
Spoiler for PK - OC:
Selain PK, PPKA juga memiliki ruang kendali untuk mengatur wesel dan sinyal, PPKA juga harus memastikan kembali stasiun setelah dan sebelumnya sudah aman atau belum jika hendak memberangkatkan KA, saat PPKA hendak memberikan wesel dan sinyal keluar/masuk, itu pun tak luput dari pantauan PK, komunikasi menjadi kunci utama keselamatan disini, jika terjadi miss communicationakan fatal akibatnya, contohnya seperti Tragedi Bintaro tahun 1987 dimana PPKA Stasiun Sudimara dan PPKA Stasiun Kebayoran mendapat kesalahan informasi persilangan KA.
Spoiler for PK - OC:
Agan sekalian pernah mengalami gangguan atau antrian sinyal saat naik Kereta Api/Commuter Line? jaringan PK bisa terganggu saat hujan lebat, tersambar petir, atau pun sinyal blank error. Saat terjadi hal seperti itu dampaknya membuat perjalanan terganggu, kereta tidak bisa di berangkatkan karna tidak aman. Biasanya saat gangguan sinyal, PK akan me-restart ulang program dan sistemnya, biasanya memakan waktu 2 hingga 5 menit, namun untuk waktu seperti itu jika dilintas manggarai dan jalur layang Cikini - Jayakarta lumayan terasa lama.
Spoiler for PK - OC:
Jika agan berpikiran saat naik kereta "masinisnya lelet amat sih?"atau "kok keretanya gk jalan jalan sih?", Nah agan sekarang harus mengerti, bahwa mungkin masinis tersebut dihimbau oleh PK untuk menahan laju keretanya atau tunggu kereta yang lain masuk stasiun terlebih dahulu, karna kita kan gk tau saat kita naik kereta, di depan kereta yang kita naiki ada kereta juga atau ngga kan? karna mengatur lalu lintas kereta itu gk segampang mengatur lalu lintas di jalan raya lho
mungkin cuma itu info yang bisa ane sampaikan, semoga bermanfaat buat agan - agan yang belum tau
kritik, saran, dan komentar jangan lupa disampaikan ya gan, jika ada kesalahan mohon tambahan untuk koreksinya
jangan lupa rate dan cendolnya ya gan
Kebetulan ane bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di perkeretaapian juga. Ane tau persis gedung PK - OC yang di Manggarai karena sering bolak balik kesana
Selain pusat kendali sinyal, di gedung PK - OC Manggarai juga ada pusat kendali LAA (Listrik Aliran Atas) untuk sumber tenaga KRL. Tau kan kabel yang ngegantung di atas rel trus nyambung ke KRL? Kabelnya namanya Catenary, ini yang disebut LAA, karena kabel itu bertegangan listrik 1500 Volt DC dan posisinya di atas KRL.
Lokasinya di Lantai 3 gedung OC Manggarai. Di ruangan ini bisa memantau hampir semua Gardu Traksi (semacam gardu PLN, tapi khusus kereta api listrik) KRL di wilayah jabodetabek.
sayangnya ane ga punya fotonya, padahal sering kerja di ruangan ini. Kalo nanti ane kesana lagi, ane share foto2 nya deh
Quote:
Original Posted By ihsan61212►Koreksi gan, benda mirip telpon di dalam kabin lokomotif nama nya bukan TOKA, tapi Radio lokomotif, masuk ke NO GO ITEM ( benda yang wajib ada dan berfungsi saat lokomotif berdinas), klo TOKA basis nya pakek kabel biasa, kayak telpon rumah pada umum nya, hanya saja internal PT KAI. Klo radio lok itu kayak radio biasa, penghubung masinis ke PK, atau masinis ke PPKA via PK
CMIIW 😁
Quote:
Original Posted By beerrberry►
ini foto ruangan pusat kendali gardu LAA gan.
kebetulan ane kerja di bagian LAA
nanti deh kapan2 ane bikin thread tentang PK OC gardu LAA hehe
Diubah oleh ramabb304 23-02-2016 01:01
0
99.2K
Kutip
581
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!