oomawengAvatar border
TS
oomaweng
MEROKOK MEMBUBUHMU? THINK AGAIN..
Akhir – akhir ini, seringkali kita temui himbauan untuk berhenti merokok dan beberapa pendapat yang mengharapkan berhentinya kosumsi produk rokok di Indonesia. Ditengah – tengah tren ini, saya ingin menulis sebuah opini yang barangkali agak anti – mainstream mengenai kontribusi positif yang telah diberikan oleh rokok pada masyarakat kita. Disini saya menyinggung dari aspek ekonomi & sosial.
Spoiler for ASPEK EKONOMI:

Spoiler for ASPEK SOSIAL:


Selain itu, rokok seringkali tidak bisa dipisahkan dari aktivitas – aktivitas sosialisasi dalam masyarakat (bahasa Jawa-nya cangkrukan), khususnya di kalangan pria. Aktivitas cangkrukan ini secara sadar maupun tidak turut membantu menjaga rasa kebersamaan/solidaritas dalam masyarakat. DI daerah pedesaan, rokok acapkali disuguhkan kepada tamu pada kegiatan – kegiatan masyarakat seberti tahlilan, syukuran, pernikahan, dlsb.
Nah itu tadi beberapa kontribusi positif yang telah diberikan oleh industry rokok bagi negara & masyarakat. Perlu diperhatikan bahwa melalui tulisan ini saya tidak memotivasi pembaca sekalian untuk merokok & saya setuju bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan si perokok (perokok aktif) maupun orang – orang sekitarnya (perokok pasif). Namun jika larangan merokok memang diperlukan, mari kita pikirkan bersama bagaimana cara men-substitusikan dampak – dampak positif tersebut agar tidak ada pihak yang dirugikanemoticon-Malu (S)
emoticon-Cendol (S)
0
4.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.