• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Capai 1000 'Giga' per detik, kecepatan data ini pecahkan rekor dunia

kakekserbatahuAvatar border
TS
kakekserbatahu
Capai 1000 'Giga' per detik, kecepatan data ini pecahkan rekor dunia


Met dateng di thread ane.
Pernah dapet selebaran, baca iklan atau bahkan menggunakan koneksi internet dengan paket kecepatan 10 Mbps sampai 100Mbps?.

Pelanggan pun sudah merasa "puas" dengan internet kecepatan tinggi ini, karena agan sudah bisa menikmati internet kecepatan tinggi multimedia berupa voice, internet, dan tayangan TV. Dibandingkan jaman ane dulu (jaman modem berisik 56K) yang buka file gambar saja bisa sambil ngisi TTS. emoticon-Nohope

Dulu kabel yang dipake adalah kabel telpon biasa.
Sekarang koneksi yang dipakai adalah melalui kabel fiber optik.
Itu pun sekarang ada kebijakan FUP (Fair Usage Policy) yg membatasi kecepatan internet ketika memasuki kuota tertentu.

Sesuatu yg banyak dikeluhkan para downloader 24/7 dan nyambung dari banyak alat.

Namun apakah koneksi melalui fiber hanya bisa mencapai kecepatan 100 Mbps? Di amerika (beberapa kota) sudah ada google fiber yg bisa mencapai 1.000 Mbps (1Gbps). bahkan Sony di Jepang telah mengembangkan koneksi hingga 2 Gbps !

Namun ilmuwan2 masih terus berusaha mengembangkannya, baru2 ini University College London melakukan percobaan dengan hasil mencengangkan! di atas 1.000 Gbps alias 1Tbps bo!

emoticon-Matabelo

silakan baca beritanya....



Capai 1000 'Giga' per detik, kecepatan data ini pecahkan rekor dunia

Reporter : Indra Cahya


Merdeka.com - Makin maju teknologi, manusia tentu makin terobsesi dengan makin cepatnya koneksi internet. Meski saat ini koneksi internet terbilang sudah cukup cepat, perkembangan tak berhenti dilakukan.

Dilansir dari Phys.org (11/2), sebuah rekor untuk transmisi data digital tercepat di dunia akhirnya dicetak oleh para peneliti dari University College London, yang tergabung dalam Optical Networks Group. Mereka berhasil mencapai kecepatan 1,125 Tbps, sebagai bagian dari riset yang ditujukan untuk mencari batasan kapasitas dari sistem transmisi optik. Batasan kapasitas ini tentu dicari agar kecepatan data tertinggi bisa diperoleh.

Kepala dari peneliti ini, Dr Robert Maher, yang juga merupakan Professor Teknik Elektro di UCL, menyatakan bahwa sistem transmisi optik memang masih bisa dikembangkan.

"Sementara sistem transmisi optik sekarang hanya mampu mencapai kecepatan data hingga 100Gbps, kami bekerja dengan peralatan canggih di laboratorium kami, untuk membuat generasi baru dari sistem jaringan dan komunikasi, yang dapat menangani sinyal data dengan kecepatan 1 Tbps," ungkap sang professor.

Sebagai perbandingan, kecepatan 1Tbps adalah 50.000 kali kecepatan koneksi internet rata-rata di negara maju yang hanya 24Mbps. Untuk saat ini, koneksi 24mbps ini bahkan sudah dikategorikan sebagai "super cepat" oleh masyarakat. Dengan koneksi 1Tbps, kita bisa mengunduh 5 season series Game of Thrones dalam satu detik.

Studi ini dilakukan menggunakan teknik dari teori informasi dan proses sinyal digital, untuk membangun sistem komunikasi optik dengan berbagai kanal transmisi dan satu penerima. Proyek ini juga bertujuan untuk mencari cara untuk mengembangkan infrastruktur jaringan optik, demi menghadapi ledakan konten digital yang semakin banyak tiap harinya.

Namun teknologi ini masih belum sempurna. Salah satu kelemahan yang hingga saat ini masih dibenahi oleh para peneliti adalah soal jarak. Sistem ini masih belum memecahkan masalah berapa kecepatan data yang dapat dicapai di transmisi jarak jauh, di mana sinyal optik seringkali menyimpang jika melintasi ribuan kilometer melalui serat optik.

Jika masalah ini terpecahkan, bukan tidak mungkin kita akan mencapai masa di mana ribuan Gigabit data bisa kita unduh hanya dengan sekali kedip.

http://m.merdeka.com/teknologi/1tbps...kor-dunia.html
Diubah oleh kakekserbatahu 20-02-2016 00:14
0
7.1K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.