Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maspiyuAvatar border
TS
maspiyu
Menag: Semua Agama Tidak Mentolerir LGBT
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menolak keras sikap dan perilaku lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) yang mengampanyekan eksistensinya di Indonesia. 

Menurutnya, meski pada dasarnya negara menjamin hak para LGBT dalam pemenuhan hajat hidup tetapi tidak berkaitan dengan gaya hidup.

"Negara juga menghargai negara yang melegalkan LGBT, dan Indonesia memilih sikap tersendiri menolak LGB dan memahami transgender. Sikap ini didasarkan pada rekomendasi WHO (World Health Organization) bahwa setiap negara berhak mengambil pendekatan dan kebijakan berbeda sesuai tata nilai dan kearifan masing-masing," jelas  Lukman di Jakarta, Jumat (19/2).

Dia menjelaskan, pola dan gaya hidup LGBT sangat bertolak belakang dengan masyarakat Indonesia yang religius, nasionalis, konservatif dan memiliki kearifan lokal. Terlebih, konstitusi dan regulasi Indonesia juga dipengaruhi nilai-nilai religiusitas meski secara konstitusi tetap menghargai keberadaan kelompok itu.

"Ajaran agama umumnya selaras dengan nilai-nilai universal, karenanya semua agama tidak mentolerir prilaku atau praktik LGBT. Karena Indonesia adalah masyarakat yang religius, maka konstitusi Indonesia pun tidak mengakomodasi atau tidak memberikan porsi terhadap prilaku seperti ini, misalnya dalam Undang Undang Perkimpoian dan Adminduk," beber Lukman.

Dia menambahkan, sejauh ini masih ada kesan simplikasi atau generalisasi atas LGBT. Misalnya agama Islam yang menjadikan LGB sebagai satu kelompok tersendiri yang lebih menitiktekankan kepada orientasi seksual, sementara transgender tidak ada hubungannya dengan orientasi seksual karena transgender adalah ketidaksamaan identitas terhadap jenis kelamin dirinya. [wah] 


http://m.rmol.co/news.php?id=236398
0
7.3K
61
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.