Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • .:; WASPADA!! Penipuan berkedok "SAUDARA MENGAKU KENA MUSIBAH" ;:.

hobyjualanAvatar border
TS
hobyjualan
.:; WASPADA!! Penipuan berkedok "SAUDARA MENGAKU KENA MUSIBAH" ;:.
Assalamualaikum...
ini thread pertama ane gan, maaf ya kalo masih berantakan. mau share aja pengalaman yang baru kejadian hari Kamis 19 Februari kemarin


Penipuan ini terjadi menimpa keluarga ane. Singkat cerita Rabu kmarin ibu saya dapet telfon dari kluarga ane yg sama2 tinggal satu kota sama ane (kakak sepupu), dia ngabarin buat mau main kerumah ane dengan alasan udah lama nggak ketemu. kurang lebih gini percakapannya:

Ibu ane (I)
kakak sepupu (P)
Komandan lantas (K)
Ane (A)

P: "tante, gimana kabarnya? sehat kan?

I: "baik, sehat alhamdulillah.ini Aji ya?"

P: "iya, tante, ohya tante besok saya mau main kerumah tante ya. udah lama nggak ketemu adek2'"

I: "ohya kabarin aja kalo mau kerumah ya.. sama Putri diajak juga ya.. ( putri ini istri kakak an gan)

P: "Siap tante, nanti saya ajak Putri"
(Posisi Ibu ane ini ibu rumah tangga dan selalu dirumah, dan biasanya ane dirumah juga karna posisi ane jualan dirumah. dirumah juga ada mbah ane yg lagu pengobatan dokter. adek2 ane pada skolah)

Besok siangnya:
P: " Halo, tante ini Aji tante, mau maen kerumah nih kmungkinan stengah jam lagi sampe tante. Putrinya lagi nggak bisa ikut tante jadi Aji sendiri"

I: ohya ji, kok tumben siang2 gini apa km nggak dinas?" (kakak sepupu ane TNI gan, otomatis kalo siang ya masih jam dinas)

P: "wah engga tante, lagi lepas dinas kan saya mumpung ada waktu saya main ya tante. dirumah ada siapa tante?"

I: oh yaudah, ini ada tante sama mbah, kbetulan si Risky lagi kluar ada yg dicari katanya" ( Risky itu ane gan, pas itu kbetulan ane lg kluar buat beli sesuatu)

P: "oh gitu.. yaudah saya jalan ya tante.." (selang 5 menit doi telf lagi gan)

P: " halo tante, gini tante saya ini dijalan malah kena musibah, ini ada oprasi besar2an di daerah citarum tante, ini saya ketilang karna motor saya ga ad surat2nya, SIM saya ketinggalan dirumah. Jadi saya mungkin telat kerumah tante.. (ibu ane panik gan, tau ponakannya kena musibah, posisi ibu ane sendiri karna nenek ane kan tidur dan ane kluar)

I: "loh kok bisa? trus kamu gmn? nanti biar tante suruh susul risky kesana" (ibu ane belum ngabarin ane karna panik kan)

P:" gpp tante gausah, ini gini tante. Aji minta bantuan aja sama tante, tolong bilang ke komandan lantas disini kalo saya keponakan tante gitu aja. Bantuin ngomong aja tante.." (posisi telf si P udah dikasih ke si K)

K:" Slamat siang ibu, ini dengan ibu siapa saya bicara?"

I: "ibu Yuni pak, iya itu Aji keponakan saya betul pak."

K: "ohya ibu yuni, gini ini ponakan ibu kami tilang karna nggak bawa surat2 kelengkapan ya. dan ini dendanya skitar 1,5jt bisa dibayar di pengadilan.

I: "loh kok sampe segitunya pak? ponakan saya mana pak coba saya mau ngomong sama ponakan saya dulu" (telf berpindah ke si P)

I: " Ji, apa km nggak bawa KTA mu? jelasin kalo km TNI dan nggak bakal lari kalo ditilang, nggk wajar masak dendanya sampe segitu. biar dijemput risky buat ambil surat2mu dirumah"

P:" iya tante saya juga kaget tante, makannya saya minta bantuan tante buat ngomong ke komandannya tadi. sbentar saya coba ngbrol sama komandannya dulu tante. telfonnya jangan dimatiin ya tante.." (5 menit telf masih nyambung tanpa ada suara dari aktivitas P dan K, lalu P itu ngabarin lagi ke ibu ane)

P:"halo tante, iya alhamdulillah sudah selesai tante masalahnya ini. Bisa diselesaikan dengan cara keanggotaan antara polisi dan TNI. tapi gini tante, ini buat balas budi sama komandannya komandan nitip uang ke saya sbesar 1jt buat minta dibelikan pulsa. nah saya nggak bisa keluar ini karna disini lg proses saya, komandan saya juga datang seleaikan masalah saya ini tante. Saya bisa minta tolong buat dibelikan tante dulu nggak? ini uang udah saya bawa 1jt. abis ini kan saya kerumah tante. nanti uang ini saya kasih ke tante. kalo bisa beli di Indomart aja tante biar ada struknya, jadi kan enak nanti biar dikira saya nggak bohong sm komandan lantasnya. kan uang dia udah saya bawa ini. ohya ini komandan lantasnya mau ngmong sm tante"

K:" siang ibu, ini keponakan ibu sudah kami lepas. sudah diselesaikan internal antara polisi dan TNI. dan saya sama kawan2 saya ini kan lafi tugas ibu. minta buat nitip beli pulsa bisa ya/ uangnya sudah saya serah kan ke keponakan ibu sebesar 1jt. karna ini masih diproses si Ajinya, bisa minta tlg ke ibu buat dibelikan pulsa? tapi tolong telfnya jgn dimatiin ya bu, biar bisa bisa kami pastikan nanti pulsanya sudah masuk ato belum. jadi nanti si Aji kami antar untuk berkunjung kerumah ibu karna motornya lagi diproses"

I:" iya pak alhamdulillah, gini aja pak saya nunggu anak saya pulang dulu nanti biar dicarikan sama anak saya pulsanya. yang penting si Aji nggak kenapa2 ya pak"

K:"anaknya pulang jam brp ibu? gini kalo bisa minta tlg sm ibu buat dibeliin aja nanti kelamaan kl nunggu anak ibu, kasian keponakan ibu ini blm bs kami antar nanti. ini tlg dicatet aja nomer2nya yg mau diisikan pulsa ya bu. ada beberapa nomer.. jangan bkasih tau sama siapa2 ya bu masalah ini. nanti Aji malah kena dan nggak bisa kami lepas" (dan udah disugesti banyak sama si K ini mungkin ya)

I:" ohya pak, yasudah saya carikan yg pentik Aji nggak kenapa2 ya.." (ibu saya cariin pulsa dan kebelilah pulsa,m karna max cm 700rb, sisa 300rbnya blm kebeli pulsanya. mungkin saldo si penjual abis kali ya gan)
(waktu pulsa udah kebeli segitu banyaknya, nggak lama ane balik gan, dan ngeliat ibu ane kayak kebingungan cari pulsa)

disini posisinya ibu ane udah kaya org bingung dan nggk mau dengerin kata2 ane gan, ane minta crita ibu ane knapa. cm beliau fokus aja sm telf nya.. ane minta telfnya nggak dikasih..dibilang nanti aja ibu jelasin.. suara ibu ane ini udah kaya ketakutan kali ya.. samar2 suara si K kedenger sama ane..

K:" ini gini bu, sisanya 300rb pulsanya blm dikirim ini.. gini aja kalo ibu ga bs bantu, saya jg ga bs bantu buat lepas si Aji ya bu, dan ini masalah bisa diselesaikan antara polisi dan TNI nanti di PROPAM masing2. mungkin nanti ponakan ibu kena sanksi indisipliner dan hukumannya macam2"
(posisi ini ane udah ngmong buat stop beli pulsa dan ane mau samperin si P ini nanti kalo bener P itu kakak ane Aji, ane beliin pulsa disitu. yg penting ane ktemu dulu sama kakak ane si Aji itu..)

singkat cerita disitu si P ngbrol sm ane dia ngmong kewalahan dan bingung, dilempar lg ke si K komandan lantasnya. dia jelasin panjang lebar dan ane pun posisi itu nggak percaaya kalo si P itu kakak ane dan si K itu komandan lantasnya. cm trus dia kewalahan ngmong sm ane karna ane tanya detail panjang lebar. dia ngmong sya urusannya sm ibu Yuni aja mas, dia yg tau masalahnya dari awal. dia minta telf dikasih ke ibu ane aja. trus ibu ane denger obrolannya tiba2 telfnya diambil lg sm ibu saya..
didalem obrolan itu ibu ane kayak ditakut2in gan sampe ibu ane itu nangis.. Ane emosi dong, trus ane ambil telfnya, ane maki2 tuh si K. ane ancem balik,
A: "kamu komandan apa! bisa2nya bikin ibu saya nangis. satuan dari mana kamu. saya samperin kamu ke kantor. diselesaikan dikantor kamu aja skalian ketemu biar tau muka km gmn. nggak bener ini" (emosi ane gan heheehe, gak trima ibu ane sampe nangis gara2 dia apain ntah kata2mya gmn mungkin ngancem2 kali.)
dia mundur dan ngejelasin,

K:" disini kami tidak meminta bapak, maaf bapak jgn emosi dulu. ini saya minta TITIP beli pulsa. uangnya sudah dipegang sm Aji saudara bapak.. nanti Aji kami antar kerumah bapak. bapak jangan marah2 dulu ya tenang dulu. saya tegaskan lagi kami TIDAK MEMINTA, KAMI TITIP PULSA KE IBU BAPAK dan uangnya sudah diserahkan ke Aji"

tau ane marah, telf diminta lg sm si ibu dan saya bilang. gan kalo ini penipuan bu. udah sampe disini aja. istigfar..Udah diikhlasin aja yg udah kluar uangnya, jgn dibeliin pulsa lagi..
ibu ane ngotot dan bilang "kasian si Aji le. dia lg kesusahan, itu bener kan suara Aji, ibu denger sendiri kok"

ane minta lagi telfnya gan, ane ngobrol sm si Aji. saya dikasih kata2 apa gitu dan saya denger emang samar2 itu suara Aji. Tapi dalem ati ane
nggak percaya masa si Aji cemen gini. biasanya dia kalo ada masalah apa2 nggak pernah gini.. trus ane kata2in tuh si Aji gara2 dia sm si K yg nggak jelas ini ibu ane nangis.. Aji disitu minta maaf dan dia minta saya selesaikan aja transferan pulsanya. ane marah disitu saya katain. "lo dmn! lo ktmu gw dulu baru masalah lo gw slesein. skarang lo dimana gw samperin. sama tahan tuh si komandan brengseknya biar gw mau ktmu"

abis itu ane istigfar gan, trus aji ngmong lagi sm ane. kok tiba2 suaranya Aji berubah. gak kaya Aji yg ane kenal. ini sumpah gan miripp banget tadinya.. trus lama2 kiatan suaranya luntur dan berubah jadi bukan suara aji stelah ane istigfar trus...
nah dari situ ane yakin 1000% kalo itu penipuan.. ane matiin telf ibu ane. dia coba telf2 lg gan.. ane matiin HP ibu ane dan sadarin ibu ane coba buat istigfar terus..
lama2 ibu ane sadar, beliau makin nangis dan badannya tiba2 mau jatuh kayak lemes gitu.. Ane trus urusin ibu ane dan ane telf balik lagi no yg ngakunya komandan tadi. dan bener.. doi kebingungan kedoknya ktauan dan telfnya doi tutup.. trus ane telf ke no si Aji yg asli, dan Aji bilang dia lg dikantor lg kerja dan dia nggak kenapa2.. nahh akhirnya ibu ane sadar kalo itu smua penipuan..


faktanya, ternyata no yg hubungin ibu ane itu nomer baru yg ngakunya si AJi palsu alias P itu nomer baru, minjem komandan lantas sini..

Dan HIMBAUAN BUAT AGAN DISINI:


*) KETIKA ANGKAT TELF DARI SUMBER YG BELOM TERSIMPAN NOMERNYA DI HP AGAN AGAR TIDAK MENERKA2 DULU ITU SIAPA DAN JANGAN SEPUT NAMA SIAPAPUN DALAM KLUARGA AGAN. contoh ibu saya diawal sudah nyebut kata "ini Aji ya?". nah mulai dari awal itu nantinya tanpa disadari pelaku memancing2 si penerima telf untuk memberitahu nama2 dilingkungan dia dan tersebutlah nama2 itu. dijadikannya bahan untuk mensugesti agan agar percaya kalo yg telf benar2 suara kluarga agan karna disitu kita sudah masuk sugesti dia. tanpa disadari pelaku mencicil informasi dari kita untuk menguatkan alibi supaya kita bnar2 percaya bahwa itu BENAR saudara agan karna dia mengenal nama2 yg telah agan sebut tadi diobrolan tanpa agan sadari.

*) pelaku pasti lebih dari 2 orang karna diposisi kasus saya ini ada si P, si K dan lainnya sbagai pelengkap keadaan. contoh dalamkasus saya di telf benar2 ada suara sirine polisi, ada obrolan samar2 tentang pemeriksaaan SIM dan STNK persis kalo emang itu keadaan disetting kita lg kena oprasi polisi beneran..

*) Saat agan mulai curiga dgn telf yg anda terima, sebisa mungkin berdoa dan istigfar (muslim) agar sugesti yg mreka masukkan tidak sampe masuk ke pikiran agan. percaya nggak percaya sih gan kalo hipnotis dari jauh pun bisa.. dan saya sudah buktiin saya istigfar, suara itu lama2 berubah ke suara org aslinya dan bukan suara saudara saya lagi.

*) jika agan khawatir terjadi di lingkungan agan apalagi di orantua agan ntah ibu ato ayah, sedari dini berpesanlah untuk selalu call agan dl kalo2 ada kabar2 yg aneh tentang sanak saudara agan (ato mungkin si pelaku mengaku jadi agan endiri juga bisa karena mereka mensugesti si penerima telf) untuk selalu konfirmasi ke nomor yg benar2 tersambung ke agan langsung. bukan nomor baru ato lain2..

*) dihimbau agar selalu kabarin orang disekitar agan jika menerima telf dari pihak yg tidak jelas, (ntah tetangga, teman ato siapapun yg sedang berada di dekat agan) sehingga kmungkinan ketika agan sudah tersugesti, ada org lain yg bisa menyadarkan agan."

*) Disini saya sangat kecewa karena saat saya pulang, ternyata ibu saya telah mentransfer pulsa ke nomer2 yg tidak jelas itu dan mungkin tanpa sadar beliau juga mengikuti kemauan si penipu karna telah tersugesti..

*) trakhir, jangan lupa slalu bersyukur dan beristigfar (muslim) agar slalu dilindungi dan diberkahi ALLAH.. kejadian ini memang karna kehendakNya, dan baiknya dari skarang kita slalu waspada.. karna penipu sekarang sangat pandai dan licik.



ini nomor2 yang kmarin melakukan penipuan terhadap ibu saya:
082114211860 (si penelfon)
dibawah ini nomer2 yg telah diisi pulsa oleh ibu saya dengan nominal2 yg berbeda2:
085213171276
085213171263
082114212186
081296059831

Ingat gan! SELALU WASPADA yaa...

emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
Polling
0 suara
siapa nama anda
0
4.5K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.