Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Menabung Untuk Membangun Rig Gaming (gamer yang masih kuliah masuk sini)

kurashinaAvatar border
TS
kurashina
Cara Menabung Untuk Membangun Rig Gaming (gamer yang masih kuliah masuk sini)


Malem gan. Perkenalkan ane Kurashina, hobi ane gaming. Sebenarnya sejak 2013 ane sudah pensiun gaming. Tapi dalam waktu dekat ane sudah putuskan untuk comebackke dunia gaming (yey..), karena anak ane udah cukup besar dan ane juga udah bosen main FM di laptop hehehe.. Sambil menunggu bonusan turun (untuk rakit rig gaming), ane sedikit bernostalgia masa-masa ketika ane masih aktif gaming.

Ane inget gimana takjubnya ane yang saat itu cuma kenal game shooter Medal of Honor, lalu dikenalin Doom 3, yang hebatnya bisa dimainkan di PC jadul ane. Apalagi takjubnya ketika PC jadul ane bisa jalanin CoD: MW.

Ane inget juga gimana perjuangan ane untuk upgrade PC, mulai dari PC jadul ane sampe jadi rig gaming rata kanan. Gak lupa juga saat ane putuskan untuk pensiun demi kebahagiaan istri dan anak ane yang mau lahir. Inget banget pedihnya ketika waktu itu hujan turun dengan deras, temen ajeb-ajeb ane, speaker Corsair SP 2500, dimasukkan ke bagasi mobil pemilik barunya. Hikmah untuk ane, kalau materi yang kita miliki itu semua hanya sementara. Karena itu, ane mau coba berbagi sedikit pengalaman ane sebagai gamer.

Hobi gaming itu mahal gan, tapi bukan berarti hanya orang berduit aja yang bisa jalanin. Ane sering dengar banyak gamer sekarang yang mengeluh: “cuma bisa ngiler baca review VGA”, “kapan ya ane bisa beli VGA semahal itu?”, “developer game gak kasihan yah sama gamer kecil kayak kita?”, atau “yah, minimum spek game nya ga bersahabat”. Lah, kalo ngeluh terus kapan ente bisa beli? Kecuali kalo ente bisa minta duit ke ortu ente yang banyak duit atau ente sendiri seorang jutawan, enteng aja ente mau rakit gaming rig. Tapi kalo ente masih ngandelin uang saku dari ortu seadanya karena ente masih sekolah/kuliah atau mungkin ente udah kerja tapi gajinya gak cukup banyak, satu-satunya jalur halal yang ente bisa lakuin adalah MENABUNG.

Banyak cara untuk menabung. Kalo ente merokok, kurangi dulu. Kalo ente doyan nongkrong di café, kurangi dulu. Kalo ente doyan jajan, kurangi dulu. Kalo ente masih kuliah pas dah, karena pertama kali ane rakit rig gaming pas ane masih kuliah. Ini beberapa cara yang pernah ane lakuin yang mungkin bisa ente contoh:


1. Menghemat pengeluaran
Ane anak psikologi gan. Di kampus ane dulu, banyak materi kuliah dari dosen yang ga boleh disebarluaskan via media digital karena penggunaannya terbatas di kalangan murid dan praktisi psikologi saja. Alhasil, ane nawarin jasa ke teman-teman di kelas untuk fotocopy materi dari dosen atau buku-buku kuliah. Ane tawarin Rp. 100 per lembar dan Rp. 150 bolak balik. Deket rumah ane ada yang Rp. 75 per lembar, Rp. 100 bolak balik. Tapi karena pemiliknya pernah ane tolongin, pemiliknya berbaik hati kasi ane diskon: Rp. 50 per lembar, Rp. 75 bolak-balik. Kalo sekelas ada 30 orang, dan materinya ada 10 lembar, totalnya Rp. 30.000, ane dapat untung Rp. 15.000. Itu baru satu mata kuliah dalam satu hari loh. Kalo fotocopy buku materi, ane bisa dapet lebih banyak lagi. Ane pernah dapet untung sampe Rp. 75.000 per buku. Gak hanya dapat untung, ane juga bisa hemat uang saku dari ortu ane. kebetulan ane juga bukan perokok, jadi ya lebih kecil lah pengeluaran ane.



2. Jadikan bakat agan berguna
Punya bakat jangan disimpan sendiri gan. Kalo bisa dijadiin duit. Ane tau banget anak kuliahan dari dulu sampe sekarang paling males sama yanga namanya translasi bahasa Inggris. Apalagi kalo sudah berhubungan dengan tugas kuliah. So, ane nawarin jasa translasi Inggris-Indonesia materi kuliah ke teman-teman kuliah. Ane jurusan psikologi gan, jadi buku-bukunya banyak yang impor. Ane gak bermaksud sombong, tapi sejak kecil tanpa les pun ane memang jago bahasa inggris. Kalo ini tarifnya ane yang tentukan sendiri, lihat kemampuan ekonomi temen juga sih. Biasanya berkisar Rp. 2500 s/d 5000 per lembar hasilnya (times new roman 12 - 1,5 spasi, margin normal). Temen-temen ane selalu puas dengan hasilnya, bahkan ada yang sampai merekomendasikan ane ke temennya di kampus lain. Jadilah ane translasi buku-buku kuliah, yang gak terbatas hanya buku-buku psikologi. Ane pernah terjemahin buku-buku ekonomi, perbankan, kedokteran, bahkan bantuin seorang penulis untuk translasi buku fisika. Gak mudah, karena banyak istilah asing, tapi ane bisa belajar. Paling tinggi ane pernah dibayar Rp. 25.500 per lembarnya untuk translasi buku. Dengan segitu banyak kerjaan, atur waktunya gimana? Ane ga serakah gan, kalo ane belum kerjain tugas ane sendiri, atau ga punya cukup waktu dan tenaga, ane ga terima job dulu.



3. Sabar
Ane diajak temen ane untuk ngasi les privat ke anak kelas 5 SD. Dia ada satu anak yang gak bisa dia tangani, karena badung banget katanya. Ya udah, ane coba aja. Beneran badung banget gan. Hari pertama aja motor ane udah dikempesin bannya, mana ane waktu itu bawa vespa lagi, berat banget kalo bannya kempes. Ane deal sama ortunya, Rp. 45.000 per pertemuan, 3x seminggu. Sebulan ane bisa dapet Rp. 420.000 gan. Setelah itu anak naik ke kelas 6, dia ngajak temennya lagi (yang sama badungnya) untuk ikut les. Total 3 anak badung yang ane les-in sampe lulus SD.



4. Deketin dosen
Deketin dosen-dosen di fakultas agan, siapa tau ditawari kerjaan sambilan. Dengan cara itu, ane pernah dapet kerjaan gan. Jadi konsultan untuk sebuah acara di stasiun TV pendidikan. Ane waktu itu jadi ketua tim konsultannya. Capek? Iya banget. Tapi ilmu yang ane pelajari di kampus terpakai. Ane juga dapat ilmu dan kenalan baru dari berbagai daerah. Plus, ane dibayar juga, Rp. 750.000 untuk 3 hari.



5. Dekati teman yang senang bagi-bagi kerjaan
Waktu ane kuliah, ane deketin temen yang sering ikutan EO. Ane pernah diajak ikut jadi staf operasional untuk sebuah event kedokteran di Hotel Borobudur, Jakarta. Capek? Banget.. tapi ane dapat banyak pengetahuan baru di bidang kedokteran, bisa ngobrol dengan dokter dan profesor bule dari luar negeri, bisa nginep dan makan gratis di hotel bintang lima. Ane bahkan dipercaya untuk mengabadikan langsung (shooting video) proses operasi kanker usus besar di ruang operasi RS. Kanker Dharmais yang dipraktekan oleh dokter spesialis dari Jepang (istri dokternya cantik gan hehehe..emoticon-Malu (S) ). Untuk kerjaan ini, ane dibayar Rp. 500.000 untuk 3 hari kerja.


Btw, ane gak sekali beli langsung jadi gan. Ane nyicil tiap bulan beli satu part. Pertama ane beli prosesor dulu. Bulan depan beli motherboard. Bulan depannya lagi beli memori. Begitu seterusnya sampai jadi seutuhnya. Ga usah yang bagus-bagus dulu, yang penting bisa nyala dulu. Kalau ada rejeki lagi, baru ane pertimbangkan untuk upgrade.

Ini spek PC awal ane yang ane inget:
Mobo: Asus P4V8X-X
Procie: Intel P4 3.0 Ghz
Memory: 512mb DDR 2
HDD: Seagate 320 gb
PSU: Simbadda 350w
VGA: Geforce 4 MX440
Casing: standar
Keyboard: standar
Mouse: standar
Speaker: standar
Monitor: Samsung tabung 17”


Ini rig gaming pertama ane:
Mobo: Biostar A880G+
Procie: AMD Athlon II X3 440
Memory: Patriot 4 gb DDR3
HDD: WDC 500 gb.
PSU: Thermaltake 480w
VGA: Sapphire HD 5750
Casing: Cooler Master CM-335
Keyboard: logitech standar
Mouse: logitech standar
Monitor: LG W1953S
HSF: Cooler Master Hyper 212 Evo
Speaker: Creative T3130


Oya, saat itu kurs USD belum menggila gan, masih di bawah Rp. 9.000. Thailand juga belum kena banjir, hdd 500 gb saat itu hanya sekitar Rp. 350.000-an. Jadi jangan dibandingin sama harga sekarang ya emoticon-Big Grin.

Seiring berjalannya waktu, ini upgrade yang ane lakukan sejak ane lulus kuliah, kerja, sampe pensiun gaming:
Mobo: Gigabyte GA-970A-D3, Gigabyte 990FXA-UD3
Procie: AMD FX-8320
Memory: Patriot Extreme Viper 2 x 4 gb DDR3
HDD: tambah Hitachi 1 tb.
PSU: Seasonic M12ii 520w, Seasonic G650
VGA: Sapphire HD 7750, Sapphire Vapor-X HD 5850, MSI R7850, Sapphire HD 7950, Sapphire Toxic R9-270X, Sapphire Vapor-X R9-280X, CF Sapphire Vapor-X R9-280X.
Casing: Corsair 400R (+ 2 fans exhaust, 6 fans intake)
Keyboard: Irocks 6260, Gigabyte Aivia Osmium
Mouse: Elephant Leviathan, Steelseries Kinzu V2
Monitor: Chimei 22VD
HSF: Prolimatech Black Megahalems (+ 2 fans)
Speaker: Corsair SP2500
Headset: Roccat Kave, Corsair Vengeance 1500
Sound Card: Creative Xfi Titanium Fatality
Gamepad: Logitech F710


Semua gak harus beli baru gan. Di FJB banyak kok yang jual barang seken tapi masih kinclong dengan harga bersaing. Yang penting garansi masih panjang, kondisi, dan performa masih bagus. Hati-hati sama tukang tipu juga yah. Parts yang pernah ane beli seken misalnya: Creative Xfi Titanium Fatality karena udah discontinue, dan Sapphire Vapor-X HD 5850 yang kemudian ane tuker tambah dengan MSI R7850 baru. Kalo beruntung ente dapet barang bagus, kayak ane dapet WDC Mybook 2 TB mulus seharga Rp. 850.000 (harga baru sekitar Rp. 1.400.000), baru sebulan beli tapi masuk lemari terus karena sellernya sibuk (nah lo..).

Di penghujung trit ini, ane cuma bisa mengucapkan selamat berjuang untuk teman-teman yang masih berjuang membangun rig gamingnya. Semoga trit yang ane sederhana dan ga sempurna ini dapat bermanfaat untuk teman-teman emoticon-I Love Indonesia (S).

Ini perjuangan ane sebagai gamer. Seperti apa perjuangan agan?

Peace emoticon-Peace

Update:
Rig ane sebelum pensiun gan
Spoiler for rig sebelum pensiun:
Diubah oleh kurashina 17-02-2016 17:45
0
11.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.