• Beranda
  • ...
  • UKM
  • Cara mendapat dana usaha (Partnership/Investor/Hibah/Crowdfunding)

listyaprAvatar border
TS
listyapr
Cara mendapat dana usaha (Partnership/Investor/Hibah/Crowdfunding)
Halo, rekans UKM’ers

Salam kenal ane tya, ane coba mencari thread soal dana usaha di forum2 sptnya belum banyak ya, jd ane coba buka di sini. Siapa tahu di antara rekans ada yg punya pengalaman menarik soal mendapat dana usaha.

Seperti agan dan aganwati tahu yg namanya UKM pastinya membutuhkan pendanaan usaha baik saat mulai sampai pengembangannya. Nah, di thread ini, ane ingin agan dan aganwati semua berbagi pengalaman mengenai cara-cara mendapat sumber dana usaha lewat jalur investor, hibah, atau crowdfunding (yg lagi tren akhir-akhir ini di Indonesia).

Jd, sumber dana usaha yang dimaksud di thread ini bukan dalam bentuk pinjaman bank/KTA dan sejenisnya yah, karena spt yg kita tahu terkadang bunga bank yang dikenakan cukup tinggi, dan terlalu berisiko untuk usaha yg baru mulai. Selain juga, karena risiko riba (yg dilarang dlm Islam).

Ini contoh beberapa dana hibah utk usaha, di antaranya dari;
-pemerintah, (tp ane coba cek di twitter resmi kemenkop ukm, dana hibah tahun 2016 ditiadakan).
-swasta (CSR)

Contoh crowdfunding;
-Idesabi
-gandengtangan
-kitabisa
-qoloni dsb

Namun, untuk crowdfunding di indo, tampaknya msh banyak bergerak di bidang sosial, lalu kmrn ane menemukan ada situs crowdtivate punya indosat (untuk para start up), sepertinya cukup menarik. Meski, di crowdfunding ada potensi juga gagal, karena membuat kampanye di sini haruslah sekreatif mungkin untuk menarik para sponsor.

Nah, agan dan aganwati yg punya pengalaman atau info2 terbaru seputar dana hibah usaha silahkan di share di sini ya, utk membuka wawasan yg lain juga mengenai bentuk2 sumber dana usaha yg msh baru spt di atas.

Salam sukses,

0
5.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.