• Beranda
  • ...
  • UKM
  • [Sharing] Pasar Bebas ASEAN 2015: Siapkah UMKM Kita?

muadzinjihadAvatar border
TS
muadzinjihad
[Sharing] Pasar Bebas ASEAN 2015: Siapkah UMKM Kita?


[Tulisan di blog saya muadzin.com Maret 2013, dua tahun menjelang berlakunya MEA. Sepertinya tulisan ini masih relevan.]

Baca liputan utama tabloid ekonomi Kontan edisi mingguan kemarin, lumayan bikin ketar-ketir juga. Saya kutip sedikit di sini:

“Ketika UMKM Indonesia masih terseok tanpa dukungan berarti, puluhan ribu pengusaha kecil ASEAN sudah tidak sabar menyerbu pasar kita. Pemerintah kedodoran menyiapkan UMKM untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.”

Membesarkan UMKM menjadi fokus negara-negara ASEAN saat ini, karena UMKM adalah tulang punggung dalam pertumbuhan ekonomi. Sekitar 96% perusahan di negara-negara ASEAN adalah UMKM. Tingkat penyerapan tenaga kerja antara 50% sampai 85%. Sumbangan ke PDB antara 30%-53%. Namun seperti diketahui, di tiap negara, UMKM memiliki kendala yang hampir sama: kualitas sumber daya manusia, biaya operasional tinggi dan permodalan.

Dibahas di tabloid tersebut, Thailand saat ini benar-benar mempersiapkan UMKM-nya menghadapi MEA 2015. Mereka mendirikan semacam inkubator bisnis (inbis) di 2005, sekarang jumlahnya sekitar 300-an unit. Bandingkan dengan kita yang sudah menyusun dari 1994, kini hanya punya 40-an unit inbis. Malaysia punya 103 unit. Padahal jumlah penduduk mereka hanya 11% dari penduduk Indonesia.

Di Malaysia, tiap inovator bisnis yang masuk inkubasi mendapat pinjaman RM 50.000. Empat tahun kemudian jumlah tersebut bisa mencapai RM 250.000. Dengan bunga hanya 3% per tahun.

Di Singapura, Pemerintah mendanai tiap UMKM yang masuk inkubator milik perguruan tinggi senilai S$ 50.000.

Yang paling menarik di Thailand, tiap UMKM baru bentukan mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi, mendapat pinjaman US$ 32.000 dari unit-unit inbis, dengan bunga 2% per tahun.

Sepanjang 2013-2015 Thailand bakal membiayai 5 juta UMKM melalui inbis. Menurut mereka, jika hanya 10% saja yang berhasil menjadi UMKM berkualitas, mereka akan punya 500.000 UMKM yang siap bersaing di ASEAN.

*Gambar diambil dari http://en.aectourismthai.com

Bersambung ke Bagian-2.
0
889
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.