Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ir.gadgetAvatar border
TS
ir.gadget
Anak Dilarang Make Gadget? Haruskah?
emoticon-Kiss (S)WELCOME TO MY THREAD emoticon-Kiss (S)


Jaman sekarang, anak pake gadget atau udah bisa akses internet mulai dari belom bisa jalan mungkin bukan hal yang terlalu aneh lagi. Kalo dibandingin sama jaman ane kecil dulu, emang jauh banget lah, teknologi udah berkembang pesat banget. Dulu aja kalo mau main komputer atau akses internet, ane harus susah2 ke warnet, kalo penuh ya harus isi waiting list. Sampe segitunya gan wkwk. Dulu emang ane demen banget mainan game online, ya rela dah nunggu demi login bentaran liat char ane tersayang. Bisa dibilang kalo komputer masih jadi barang mewah dah buat dipunyain di rumah. Sekarang mah hampir tiap orang punya laptop sendiri, satu rumah bisa punya 4 wkwkwkwk.



Cerita dikit nih, ponakan ane udah dikasih gadget merek buah sama ortunya, padahal masih SD kelas 3 sama 6. Ane aja yg udah kerja belom kebeli gan, lah ini bocah udah kemana2 nenteng begituan. Tapi emang ponakan ane ini cita2nya jadi animator, ya ane rasa wajar dia nyalurin hobi gambar dan bikin animasi simpel gitu. Terus, beberapa hari lalu ane baca satu postingan yg bilang kalo anak jangan kebanyakan main gadget, katanya lebih banyak efek negatifnya. Tapi itu tergantung bagaimana kita menyikapinya, jadilah dibikin ini thread.

Tiap hal pasti ada dampak negatif sama positifnya, ga melulu negatif loh gan. Sama aja dah kaya tikus, emang banyak negatifnya tapi dia punya peran penting di rantai makanan kan? Atau buah mengkudu dah, walaupun baunya naujubile tapi buat obat oke banget. Gitu juga gadget gan, ada emang jeleknya, tapi bukan berarti agan jadi harus sepenuhnya ngelarang anak. Mau gimanapun kan dia hidup di generasi yg “ketergantungan” sama gadget, beda banget sama jaman agan kecil dulu. Justru harusnya kita bersyukur karena dengan adanya gadget, anak bisa nyari informasi, belajar, sampe ngembangin kreativitas dan nyalurin hobinya kaya ponakan ane.

Nah gimana sih cara supaya kita bisa bikin gadget ini jadi hal yg positif buat perkembangan anak? Yok gan ane kasih tau beberapa pendapat ane.
Quote:

Quote:

Quote:
.
Quote:

Quote:

Quote:


Nah kira2 gitu dah gan beberapa cara yg bisa diterapin supaya anak tetep aman pake gadget dan internet. Jadi sebenernya positif atau negatif si gadget itu tergantung cara pandang dan gimana ngakalinnya aja. Dengan gadget, perkembangan anak juga bisa optimal kok tapi kudu dibarengin sama bimbingan orang tua. Soalnya anak itu lahir ke dunia dengan ga tau apa2 jadi agan yg udah lebih lama hidup dan udah tau dah pait manisnya dunia itu kaya apa harus ngasih bimbingan supaya anak ga salah arah wkwk.

Coba pahamin juga kalo jaman udah berubah dan kita mesti nyesuain diri sama keadaan sekarang, ambil positifnya dan tinggalin yg jeleknya. Jangan kebangetan ngelarangnya gan karena semua yg berlebihan ga ada yg baik wkwk.

Kalo menurut agan, perlu ga sih anak dilarang sama sekali buat pake gadget? Ayo ditunggu komennya gan hehehe.
Diubah oleh ir.gadget 15-02-2016 09:28
0
15.8K
281
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.