Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Kemana Warga Kalijodo Setelah Digusur?


Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana penggusuran kawasan Kalijodo masih hangat dibicarakan di tingkat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kawasan tersebut bakal disulap menjadi ruang terbuka hijau.

Penggusuran kawasan prostitusi tersebut membikin warga bertanya. Daeng Aziz, tokoh masyarakat Kalijodo, menyuarakan kegelisahan teman sekampungnya. Kemana mereka setelah digusur?

"Warga Kalijodo sudah senyawa hidup di sana," kata Aziz saat menyampaikan keluh kesahnya kepada Komisioner Komnas HAM, Hafid Abbas, di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2016).


Kawasan Kalijodo (MI.Galih Pradipta)

Pria yang mengaku sudah 30 tahun tinggal di Kalijodo ini mengungkapkan, kehidupan masyarakat Kalijodo tak seburuk yang digembar-gemborkan sejumlah pihak. Aziz menyebut, Kalijodo adalah kawasan heterogen dengan tingkat toleransi tinggi.

Dia bilang, warga yang berbeda keyakinan hidup berdampingan di kawasan yang kerap dilabeli lokalisasi oleh Orde Baru. "Di sana ada tempat ibadah, termasuk gereja dan masjid. Itu dibangun dengan swadaya. Kami baik-baik saja," kata dia.

Aziz tak punya kuasa jika memang Kalijodo bakal digusur. Tapi, sebagai warga, Aziz berharap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mau mempertimbangkan kembali rencana pembangunan ruang terbuka hijau.


Daeng Aziz (Kanan) (MTVN.Meilikhah)

Aziz bilang, penggusuran bakal menambah beban hidup masyarakat Kalijodo. "Tolonglah dipertimbangkan keadilan untuk kami. Bukankah pertimbangan keadilan semua sama di hadapan hukum. Jangan dibedakan," harap Aziz.

Rencana penggusuran Kalijodo menggemuka pekan lalu. Pemicunya, insiden tabrakan mobil Toyota Fortuner dengan pengendara motor, yang membuat penunggang motor tewas. Hasil penyelidikan, Riki, sang sopir Fortuner, mengantuk lantaran habis menenggak minuman beralkohol di Kalijodo. Insiden itu terjadi tepat perayaan Imlek 2567.


Kalijodo (MTVN.Arga Sumantri)

Insiden tabrakan melebar. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun berang dan langsung tancap target penggusuran Kalijodo. Rencana Basuki mendapat perlawanan warga. Warga bahkan bakal menurunkan preman buat mengadang penggusuran. Apa dikata, lelaki yang akrab disapa Ahok itu lebih punya kuasa.

Ahok langsung berkoordinasi dengan jajarannya. Tak lupa dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya buat menertibkan kawasan hiburan yang sudah melegenda sejak 1950-an.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...etelah-digusur

---

Kumpulan Berita Terkait PENGGUSURAN KALIJODO :

- Mulai Besok, Walikota Jakbar akan Sosialisasikan Penertiban Kalijodo

- Kemana Warga Kalijodo Setelah Digusur?

- Warga Kalijodo akan Direlokasi ke Dua Rusun

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.idKASKUS Official
23KThread601Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.