Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sitikamilia10Avatar border
TS
sitikamilia10
KOTA KUNINGAN , JAWA BARAT
Kota Kuningan, mendengar kata itu tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kuningan terletak diantara Kabupaten Majalengka, Cirebon dan dibagian barat terdapat pegunungan dengan tinggi 3.076 m ,gunung tersebut adalah gunung ciremai ; gunung tertinggi di Jawa Barat. Kota yang lekat akan situs peninggalan prasejarah ini banyak memiliki objek wisata alamnya. Mengingat kembali akan masa setelah kemerdekaan pada saat itu kota Kuningan menjadi tempat dilaksanakanya Perundingan Linggarjati pada November 1946.Masyarakat kota Kuningan ini mayoritas bekerja pada sektor pertanian, hal ini disebabkan karna Kuningan memiliki pesawahan yang luas,dan termasuk pada kawasan dataran tinggi.


Yang Menarik Dari Kota Kuningan?

Kota yang berjulukan sebagai kota kuda ini mempunyai banyak hal menarik, Diantaranya ; beberapa objek wisata alam yang masih Asri, masih terdapatnya sistem kepercayaan di Masyarakat Cigugur yaitu Sunda wiwitan, satu daerah Kuningan ini lekat kaitanya akan kepercayaan Sunda dan Adat Istiadat Sunda, masyarakatnyapun sangat memegang teguh akan kepercayaan ini. Bicara soal objek wisata yang ada di Kuningan ini tidak akan habisnya, berikut saya akan mengenalkan beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi,
1.Palutungan
Objek wisata dengan suasana alam pegunungan ini sangat banyak diminati para wisatawan, letaknya yang berada dikaki gunung ciremai ini membuat udara disekitarnya menjadi sejuk. Spot yang menarik di Palutungan ini diantaranya ; Air terjun Ciputri, Air Terjun Goong, Camping Area yang dikelilingi oleh rindangnya pohon pinus, Wahana Outbound dan masih banyak lainya.
2. Gedung peundingan Linggarjati
Gedung ini termasuk pada peninggalan pasca kemerdekaan Indonesia, Gedung Perundingan Linggarjati menjadi saksi akan sulitnya Indonesia meraih kemerdekaan yang sesungguhnya. disini terdapat beberapa Ruangan diantaranya ; Kamar Presiden pertama dan Wakilnya, Ruangan perundingan anatara Indonesia dan Delegasi Belanda, dan banyak miniatur gambaran bagaimana perundingan itu berlangsung.
3. Wisata Adat Seren Taun
Upacara adat ini hanya dimiliki didaerah Cigugur kuningan saja, Upacara yang biasa dilakukan setiap tanggal Sunda 22 Rayagung ini telah diakui oleh dunia internasional. Banyak wisatawan asing yang menyukai kebudayaan sunda dan adat isitiadat ini datang ketika Upacara adat berlangsung.
4. Taman Purbakala Cipari
Taman Purbakala cipari merupakan salah satu tempat peninggalan sejarah pada zaman Batu. Konon katanya tempat ini merupakan salah satu situs prasejarah yang dimiliki oleh kota Kuningan. Sekarang tempat ini menjadi salah satu objek wisata pelajar yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Zaman Batu. Letak dan posisi fosil-fosil peninggalanyapun masih utuh dan tidak ada perubahan sama sekali. Tempat ini sekarang diolah oleh Pemerintah Kuningan demi melestarikan dan tetap menjaga keutuhanya.
5. The mountain Nasional Park
Wahana bermain keluarga ini sangat cocok dikunjungi, karena letaknya yang berada dibawah kaki gunung Ciremai membuat udara disekitar sejuk dan dingin. Fasilitas yang dimiliki The Mountain Park ini sangat lengkap. yang menjadi daya tarik unggulan tempat ini adalah Adanya Pesawat Sriwijaya Air yang dipajang ditengah lapangan yang luas, sehingga para pengunjungpun bisa berfoto dari luar ataupun didalam kabin pesawat,hal ini seolah-olah seperti kita sedang berada diBandara.
6. Talaga Remis
Wisata Alam yang berada di desa kaduela kecamatan Mandirancan, kurang lebih 37 km dari pusat kota Kuningan. Nama Talaga Remis diambil dari kondisi alamnya sendiri, yaitu karna banyaknya Remis sejenis kerang yang berwarna kuning yang banyak hidup ditalaga ini. Tempat ini sangat cocok dikunjungi ketika anda ingin menikmati suasana tenang,tenram dan kesejukan udara.

Itulah beberapa Objek yang menarik dikota Kuningan, Masih banyak objek lainya yang bisa anda kunjungi dikota ini. Berlanjut ke poin berikutnya, saya akan membahas beberapa makanan khas Kuningan yang patut anda beli untuk oleh-oleh,

Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Kota Kuda.
Setelah berkunjung ke Kuningan tidak lengkap rasanya bila tidak membeli makanan khas kota ini. dari banyaknya macam makanan khas kota ini saya akan jelaskan beberapa diantaranya yaitu ;
  • Peuyeum ketan, Makanan khas Kuningan ini terbuat dari beras ketan putih atau ketan hitam. hal unik dari peuyeum ini karna tampilanya dibungkus oleh daun jambu, kemudian difermentasi selama 5-6 hari,dan dipasarkan menggunakan ember hitam. hal itulah yang menjadi ciri bahwa peuyeum ini hasil produksi Kabupaten Kuningan.
  • Jeniper, mendengar namanya mungkin asing bahkan kita bertanya-tanya apa itu jeniper? jeniper itu singkatan dari Jeruk Nipis Peras, Minuman khas kota Kuningan ini terbuat dari jeruk nipis yanng diperas kemudian ditambah gula pasir dan tampa bahan kimia apapun. Minuman ini cocok untuk diminum disaat setelah beraktifitas dibawah terik matahari sehingga minuman ini bisa menyegarkan kembali tubuh anda.
  • Wajit Subang, wajit ini terbuat dari beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dibungkus menggunakan kulit jagung ataupun kulit pohon pinang yang sudah dikeringkan.
  • Setelah membaca artikel ini saya harap anda semua bisa mengunjungi Kota Kuningan yang udaranya masih Asri . Saya sarankan,bila ingin mengunjungi beberapa objek wisata dikota kuningan lebih baik diwaktu liburan, karena anda akan bisa lebih lama menikmati indahnya Kota Kuningan.
0
13.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.