Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA
Perilaku anak sering kali dapat berubah-ubah dikarenakan adanya pengaruh dari pihak luar atau anak ingin mencoba sesuatu yang baru dilihatnya atau hal yang sebelumnya tidak diperbolehkan oleh orang tuanya. Perilaku ini dapat berupa hal yang positif atau hal yang negatif, namun dalam hal ini kita akan mencoba membahas bagimana pengaruh tersebut menjadikan hal yang negatif yang dapat merugikan diri anak dari pola asuh orang tuanya. Berikut ini beberapa perilaku anak yang tidak sepantasnya terjadi atau yang belum saatnya anak mengenal dan mencobanya:

1. Merokok

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

Banyak saya jumpai seorang anak yang masih dibawah umur yang dengan santainya mereka merokok didepan umum tanpa adanya rasa takut akan ketahuan keluarga atau orang tuanya. Dengan ekspresi seperti orang dewasa saat merokok mereka dengan asyik menghabiskan batang rokoknya, lebih parahnya saya pernah menjumpai anak yang masih berseragam SD membeli rokok diwarung. Hal ini pun tidak menjadi masyarakat yang melihat merasa kaget, dikarenakan sudah ada contoh anak balita yang ditayangkan di TV yang mempunyai hobi merokok karena ketergantungan pernah mencobanya. Penyebab dari permasalahan merokok ini disebabkan kurang adanya pemberitahuan atau pengertian dari orang tua terutama ayah terhadap fungsi rokok, kandungan rokok dan bagaimana anjuran mengkonsumsi rokok sejak dini terhadap anak dan perlu adanya pengawasan terhadap anak saat anak bermain atau melakukan sesuatu yangb dianggap berbeda.

2. Tindak Kekerasan

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

Dalam melakukan sesuatu yang dirasa tidak membuat puas atau menyinggung perasannya sering anak melakukan sesuatu yang tidak mengontrol emosinya. Hal ini menjadikan anak berontak dan melakukan tindak kekerasan pada diri sendiri maupun orang lain. Tindakan ini tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja bahkan sekarang perempuan juga berani melakukan tindak kekerasan dikarenakan hal tersebut. Meskipun tindak kekerasan merugikan orang lain dan dirinya sendiri hal ini terkadang menjadikan suatu budaya dikalngan tertentu yang menjadikan suatu kepuasan tersendiri setelah melakukan hal tersebut. Perilaku ini disebabkan oleh anak yang melihat tayangan di TV tanpa adanya pendampingan orang tua, juga di dapat disebabkan karena orang tua tidak memberikan pengertian bagaimana melakukan tindak kekerasan pada kondisi tertentu sebagai bahan pembelaan tindak kejahatan saja.

3. Pelecehan

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

Pelecehan mempunyai macam bentuk seperti pelecehan mencemooh dan pelecehan tindak seksual. Pelecehan mencemooh merupakan tindakan melempar kata-kata yang tidak sopan atau kata-kata yang kotor yang mengakibatkan orang lain tersinggung, sedangkan pelecehan seksual ini dilakukan karena adanya nafsu seorang yang tidak dikontrol atau karena adanya kesempatan sehingga timbulnya ke tindakan tersebut yang sering dilakukan kepada kaum perempuan, ini pernah menjadi berita yang mengharukan karena pelajar SD berani melakukan tindakan ini. Dalam pelecehan dikarenakan contoh dari lingkungan atau orang tuanya yang pernah melontarkan kata-kata yang tidak pantas didengar oleh anak yang kemudian anak menirukan perkataan tersebut karena dipantas dapat dikatakan sebagi bahan pembelaan dirinya untuk mengolok atau menjatuhkan orang lain, namun dalam hal pelecehan seksual ini kurang adanya pengawasan dari orang tua terhadap kecanggihan teknologi yang dapat digunakan oleh anak, sehingga anak dapat mengakses hal-hal yang belum pantas dilihat dan dilakukan oleh anak, dan kurang adanya penjelasan sendiri dari orang tua akan fungsi organ tubuh dan bagaimana menjaganya serta kurang perhatian orang tua terhadap pergaulan anak dan kondisi orang-orang disekeliling anak.

4. Kriminalitas

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

Mengamati berbagai kejadian tindakan kriminalitas yang terjadi di Indonesia sungguh mengerikan, dan bahkan membuat merinding disetiap benak hati kita dalam menyikapinya. Dari tindakan penculikan anak, penjualan anak-anak dibawah usia untuk dijadikan komoditi seksual, pencurian dan perampokan, pengeroyokan dan bahkan pembunuhan berantai. Belum lagi soal maraknya premanisme yang tidak pernah hilang di negeri ini, Indonesia. Dari setiap kejadian tindakan kriminalitas pastilah ada korban, baik materil hingga nyawa. Dan tindakan kriminalitas sering kali terjadi adanya rasa ketidak adilan, dendam bahkan kurangnya pendidikan tentang hukum dan kemanusiaan. Belum lagi pemerintah menunjukan tidak tegasnya pada penerapan hukum yang sesungguhnya. Hal inilah yang membuat kehidupan dalam tatanan bermasyarakat menjadi tidak nyaman. Ditambah lagi kondisi negara ini dalam keadaan kronis dibidang lapangan pekerjaan serta ekonomi yang morat marit. Selain persoalan ketidak adilan dalam hukum dan rasa dendam maupun lainnya.Narkoba, penculikan anak-anak tak berdosa, penjualan manusia untuk komoditi seksual, pemerkosaan, pembunuhan, bahkan sampai dengan dunia premanisme, semua itu fenomena kriminalitas yang terjadi di Indonesia hingga sampai saat ini. PENTINGNYA Pembinaan moral dan agama pada usia dini sangat berdampak pada kehidupan manusia di masa yang akan datang


5. LGBT

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

fenomena LGBT merupakan perilaku menyimpang yang harus dicari akar masalahnya, manusia terlahir dalam keadaan normal. Sebagaimana Tuhan YME telah menciptakan Nabi Adam dan Hawa. Namun, akibat pengaruh lingkungan, gaya hidup dan longgarnya norma-norma yang ada, sehingga muncul prilaku tersebut.perilaku seperti ini bisa saja dicegah sejak dini. Terutama, dimulai dari lingkungan keluarga sebagai garis terdepan dalam pembentukan karakter. Selain itu, keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, lembaga pendidikan di sekolah juga harus bisa mengambil peranan di dalam menangkal perilaku menyimpang. "Ini bisa berkembang karena ada perubahan nilai-nilai di masyarakat, degradasi moral serta penurunan pemahaman tentang agama, maka keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan dalam mengatasi situasi ini.


Dan masih banyak tindakan atau perilaku anak yang menyimpang lainnya yang disebabkan orang tua yang lalai atau tidak menerapkan pola asuh yang baik dan kurang peka terhadap lingkungan, pergaulan anak dan kecanggihan teknologi yang mudah dan murah sebagai media anak mencari sesuatu yang ingin dia ketahui sendiri.

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA

Mari sebagai orangtua kita perlu menanamkan pendidikan akhlak, moral, serta kasih sayang dan perhatian utuh agar generasi muda bangsa terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Agama, dan Negara.

PERILAKU MENYIMPANG PADA ANAK HINGGA DEWASA
0
5.4K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.