dede.muchsawAvatar border
TS
dede.muchsaw
Mendaki Gunung, Hobby Yang Sia-sia
Ane Barusan Membaca salah satu blogger di kompasiana , menurut ane tulisanya kontra produktif jika si penulis mengatakan hobi mendaki gunung adalah hal sia ..

Source : Mendaki Gunung Hobby SIA SIA

Mendaki Gunung, Hobby Yang Sia-sia

Spoiler for Pendaki:



Hobby adalah kesenangan pribadi. Seseorang memiliki kecenderungan melakukan sesuatu untuk kesenangan dirinya sendiri. Hanya untuk kepuasan dirinya, bukan untuk orang lain. Ada yang hobby menyanyi, menari, memelihara burung, mengoleksi perangko dan mengumpulkan pentil sepeda. Ada juga hobby yang negatif semisal menyabung ayam, berjudi, mencopet, mabok dan bergunjing. Hobby balapan liar, memanjat dinding, mengasuh harimau, termasuk hobby beresiko tinggi. Konon, Saddam Hussein dari Irak memiliki hobby berbahaya, ialah hobby perang. Sedangkan mantan Wamen ESDM, Alm. Widjojono S. memiliki hobby mendaki gunung.

Spoiler for Alm Wamen SDM:


Mendaki gunung termasuk hobby yang merepotkan, baik untuk diri-sendiri maupun orang lain. Tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Memang kenapa kalau sudah menginjakkan kaki di puncak gunung? Kilimanjaro atau Himalaya sekalipun? Apa ada gunanya? Paling-paling menancapkan bendera mini tanpa tujuan yang jelas, lalu berphoto-photo, begitu turun banyak cerita. Soal situasi puncak gunung sampai kandungan bahan tambang di atas sana, tak kurang-kurang pesawat terbang atau satelit bisa menyajikan informasi, sampai potret lobang semut bisa kelihatan. Hasil kerja pendaki gunung tak pernah digunakan secara signifikan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.

Beribu-ribu pendaki gunung di seluruh dunia menemui ajal di lereng gunung demi memuaskan nafsu petualangannya. Tersesat, terjatuh, digigit ular, dicakar beruang, dan lain sebagainya. Tulang belulang mereka berserakan di jurang-jurang hingga kini (mungkin). Masih beruntung Wamen ESDM, karena jabatannya yang tinggi semua pihak segera memberi pertolongan, tanpa memperhitungkan tenaga dan biayanya. Pesawat dan mobil ambulan segera meluncur. Semua pejabat negara, termasuk Presiden SBY menyampaikan belasungkawa yang mendalam.

Sesungguhnya, itu pekerjaan yang sia-sia.

Innalillahi wa innaailahirraaji’uun……..

*****

Add. Tengkubintang, hobby merokok!



Diubah oleh dede.muchsaw 21-01-2013 07:22
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
37K
409
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.