Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peot333Avatar border
TS
peot333
Demi Rp 1,4 Miliar, Ilmuwan Berlomba lomba Temukan Cara Mengawetkan Otak

Foto: ilustrasi saraf otak

Jakarta- Hadiah sebesar US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar ditawarkan bagi ilmuwan yang sukses mengawetkan otak. Diharapkan, kelak orang mati bisa 'hidup' lagi dengan otak lamanya.
Kompetisi ini digelar oleh The Brain Preservation Foundation. Tujuannya memang untuk membangkitkan lagi fungsi otak setelah seseorang meninggal.
Para ilmuwan neurosains ditantang untuk memulainya dengan model binatang secara efektif. Dalam jangka panjang, targetnya adalah penerapan pada manusia. Mereka harus bisa mengawetkan otak selama 100 tahun untuk bisa berfungsi normal dan efisien.
Baca juga: Mendadak Genius Setelah Cedera Otak, Bisakah Dialami Semua Orang?
Dikutip dariDailymail, Senin (8/2/2016), sudah ada dua kompetitor yang bersaing. Pertama adalah Shawn Mikula, seorang peneliti post-doktoral di Max Planck Institute for Medical Research di Jerman. Ia menggunakan reaksi kimia yang telah ia ujikan pada otak tikus.
Kompetitor berikutnya adalah 21th Century Medicine, yang berbasis di Fontana, California. Perusahaan ini menggunakan pendekatan cryoperservation dalam teknik yang dipakai. Caranya adalah menginfus otak dengan bahan diksasif dan merendamnya dengan bahan kimia anti pembekuan. Teknik ini diujicobakan pada otak kelinci.
"Saya secara virtual yakin bahwa mind-uploading dimungkinkan. Kami bertujuan mengganti tubuh biologis dan pikiran dengan tiruannya yang didesain dengan optimal," kata Ken Hayworth, ilmuwan neurosains yang juga presiden Brain Preservation Foundation

Sumber www.detik.com
0
5.7K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.