Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

telorissAvatar border
TS
teloriss
Lahan Tersendat, Alat Berat Tol Trans Sumatera Mangkrak


Salah satu kontraktor proyek tol Trans Sumatera, PT Waskita Karya Tbk mengeluhkan proses pembebasan lahan yang menghambat pengerjaan proyek tersebut. Waskita mendapat penugasan untuk membangun tol sepanjang 41,5 kilometer (km) namun baru 5 km di antaranya yang sudah dibebaskan oleh pemerintah.

“Kami sudah kehabisan lahan untuk bekerja karena belum ada lahan baru yang dibebaskan. Karenanya, alat-alat berat kami nganggur," kata Marsudi, Kepala Proyek Tol Trans Sumatera dari Waskita Karya, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (2/2).

Manajer Teknik Waskita Karya Marsesa Edward menyebut pembebasan lahan sangat mendesak untuk segera diselesaikan. Ia menyebut lahan sepanjang 5 km yang sudah dibebaskan, telah seluruhnya di cor oleh Waskita. Namun pekerja Waskita tidak bisa memperpanjang pengecoran akibat pembebasan lahan berikutnya belum selesai.

Marsesa melaporkan, pembangunan Tol Trans Sumatera di wilayah kerja Waskita Karya sudah selesai dilakukan tahap lean concrete sepanjang 5 km, rigid 3,5 km, serta pembangunan jembatan dan jembatan simpang susun sudah masuk tahap erection girder atau pemasangan girder beton prategang.

“Sementara akses masuk ke simpang susun sudah lean concrete atau selesai pengecoran bagian tengah badan jalan sepanjang 1,1 km,” katanya.

Tol Trans Sumatera dirancang mampu dilalui kendaraan yang bertonase 80-90 ton. Badan jalan tol yang dibangun terdiri atas cor beton badan jalan bagian atas setebal 30 cm, lean concrete atau pengerjaan bagian tengah badan jalan setebal 10 cm, dan base atau pengerjaan bagian bawah badan jalan setebal 20 cm.Jalan tol Trans Suamtera nantinya akan memiliki lebar kurang lebih 21 meter. Lebar tersebut terdiri atas lebar dua jalur jalan untuk dua arah kendaraan dengan lebar masing-masing 9,2 meter. Selain itu di pinggir jalan juga akan dibuat bahu jalan dengan lebar masing-masing 2,5 meter, sedangkan di antara kedua jalur akan dipasang median selebar 2,25 meter.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dicanangkan Presiden Joko Widodo pada akhir April lalu di Desa Sabahbalau. Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Palembang Sumsel sepanjang sekitar 400 km ditargetkan selesai pada Juni 2018 atau sebelum Asian Games 2018 berlangsung.

Kontraktor yang melakukan pembangunan tol di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar adalah PT PP Tbk, Waskita Karya, PT Adhi Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk.

Namun, baru PP dan Waskita Karya yang sudah mulai melakukan pembangunan Tol Trans Sumatera, sedang Adhi Karya dan Wika masih terkendala lahan yang juga belum tuntas dibebaskan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjanjikan pembebasan lahan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung sepanjang 140 kilometer akan selesai pada 2016. (gen)

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...tera-mangkrak/
Diubah oleh teloriss 04-02-2016 11:22
0
6.8K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.