Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khilafah.returnAvatar border
TS
khilafah.return
Video IS Buktikan “Serangan Paris” telah Dipersiapkan Berbulan-bulan



Video IS Buktikan “Serangan Paris” telah Dipersiapkan Berbulan-bulan


LONDON - Para analis menyatakan video propaganda Islamic State IS berdurasi 17 menit menunjukkan betapa tingginya koordinasi dan perencanaan serangan 13/11 ke Paris di mana para militan dan pembom bunuh diri IS menyerang beberapa titik di Paris sehingga menewaskan 130 orang.

"Video ini menunjukkan level perencanaan dan integrasi aparat propaganda ISIS yang luar biasa sejak awal-awal perencanaan," kata Charlie Winter, peneliti pada Universitas Negeri Georgia yang memonitor propaganda para jihadis.

Menurut dia, para pelaku dan perencana serangan terlihat sangat sabar karena sudah mempersiapkan diri selama berbulan-bulan sebelum serangan ke Paris.

Raffaello Pantucci pada Royal United Services Institute (RUSI) di London mengatakan perencanaan di balik video itu menunjukkan bahwa serangan ke Paris itu dikomandoi oleh inti kekuatan ISIS.

Dengan latar belakang lagu-lagu berbahasa Prancis dan Arab, video itu menyerukan pembunuhan orang-orang Barat, sedangkan liriknya menyebut-nyebut nama Jalan Charonne dan Jalan Voltaire di Paris di mana serangan terjadi.

Video yang dibuat Media Centre Al-Hayat milik ISIS itu menunjukkan cuplikan berita televisi pada malam serangan itu terjadi, selain pesan-pesan terakhir dari para pelaku serangan yang disampaikan dalam Bahasa Prancis dan Arab.

Vide berjudul "Bunuhlah di mana pun kamu bertemu mereka", video itu menampilkan empat warga Belgia, tiga warga Prancis dan dua warga Irak yang ambil bagian dalam serangan itu.

Pada video itu ada juga foto Presiden Francois Hollande dan Perdana Menteri Inggris David Cameron yang keduanya ditumpukkan dengan efek superimpose pada target-target mereka.

Tujuh orang mengenakan seragam militer terlihat di ruang terbuka yang tampaknya diseting sebagai gurun pasir, sedangkan yang lainnya terlihat berlatih membidik sasaran.

Mereka menyeru semua muslim yang tinggal di Eropa untuk bangkit melancarkan serangan, khususnya Inggris. Demikian AFP


sumur di ladang
0
1.2K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.