KhienvinzAvatar border
TS
Khienvinz
7 Prediksi Tren di Dunia Digital Marketing di Tahun 2016


Perkembangan seputar perusahaan digital marketing diprediksi akan semakin pesat. Beberapa tahun terakhir, bisnis berbasis teknologi begitu diminati berbagai pihak. Perusahaan yang bergerak dalam bidang digital marketing juga harus up to date. Persaingan ketat pun menuntut banyak perusahaan untuk bisa memprediksi tren terbaru. Di bawah ini ada tujuh jenis tren yang dinilai akan semakin berkembang di tahun 2016.

1. Dominasi Perangkat Mobile yang akan Melampaui Desktop



Smartphone yang beredar di pasaran sedikit banyak telah mengambil alih tugas personal computer. Salah duanya adalah untuk mengakses internet dan mengirim e-mail lewat aplikasi tertentu. Selain praktis, pekerjaan Anda juga bisa dilakukan di mana pun. Bahkan di tahun 2015, pemakaian mobile seperti dari smartphone telah meningkat drastis. Tidak menutup kemungkinan di tahun 2016, pasar mobile akan mendominasi dan melampaui desktop. Apalagi Google, raja perusahaan teknologi di dunia, terus mengembangkan berbagai gawai dan aplikasi untuk menunjang pekerjaan.

2. Maraknya Aplikasi Bersifat Mobile Friendly



Masih berkaitan dengan poin satu, aplikasi yang dikembangkan harus bisa diakses dengan mudah oleh gawai. Bahkan di bulan April 2015, Google telah mengubah rumus algoritma agar situs bersifat mobile friendly dapat mudah berkembang. Beberapa pengembang aplikasi telah merasakan perubahan tersebut. Salah satunya adalah aplikasi yang kini lebih responsif dan mudah dibuka pada smartphone. Mereka lantas melakukan evaluasi terhadap aplikasi untuk mengikuti tren. Sehingga, di tahun 2016, adopsi apliksi akan sepenuhnya dimiliki pengusaha pengembang aplikasi.

3. Meningkatnya Investasi pada Bidang Online Advertising



Kabar baik seputar perusahaan digital marketing lainnya adalah meningkatnya investasi untuk online advertising. Hal tersebut dikarenan persaingan yang kian ketat di dunia online marketing. Bahkan para pemilik perusahaan investasi diharapkan untuk memakai dana lebih dari US$ 10 Milyar. Uang tersebut akan digunakan untuk seluruh area digital marketing di tahun 2016. Banyak yang mengharapkan kalau jumlah uang tadi bisa jadi lebih besar dibandingkan total spending di tahun 2015.

4. Munculnya Iklan dengan Format Video



Iklan dengan format video sebenarnya sudah dipakai sebelum bisnis berbasis teknologi berkembang seperti sekarang. Namun, tren ini diperkirakan akan makin meningkat di tahun 2016. Bing dan Facebook merupakan salah dua jejaring sosial yang menggunakan opsi video untuk pengiklan. Hal ini semakin dipermudah setelah Google menanamkan konten video pada algoritma di dalam mesin pencarinya. Jadi, Anda bisa mulai menerapkan tren ini di tahun 2016 untuk mempromosikan produk.

5. Peluncuran Virtual Reality atas Realitas Virtual



Wacana virtual reality atau realitas virtual sepertinya akan semakin mendekati kenyataan. Sebab, para pengembang telah menciptakan aplikasi yang cukup spesifik seperti video games. Lantas, sebaian lagi tengah merancang virtual reality untuk kebutuhan yang sifatnya lebih umum. Contohnya Oculus Rift yang populer di Amerika Serikat. Selain itu, Oculus Rift diprediksi akan masuk ke beberapa negara lain beberapa tahun kemudian. Jika dikembangan dengan baik, virtual reality dapat dikoneksikan dengan berbagai platform seperti media sosial dan video.

6. Strategi Optimasi Teranyar



Search Engine Optimization (SEO) serta iklan Pay per Click (PPC) ialah salah dua strategi pemasaran online yang masih dipakai sampai sekarang. Namun, seiring perkembangan teknologi, muncul metode yang berasal dari generasi baru bernama digital personal assistant. Dua platform yang mulai dikenalkan adalah Siri dan Cortana dan sedang tren di Amerika Serikat. Tidak mau kalah, Indonesia punya YesBoss! sebagai produk lokal. Digital personal assistant dapat membantu pengguna untuk mencari konten atau informasi lewat suara.

7. Adopsi untuk Teknologi Wearable



Anda pernah melihat Apple Watch atau Samsung Gear? Kedua smartwatch tadi merupakan salah dua contoh dari pengadopsian dari teknologi wearable. Teknologi tersebut dinilai punya momentum yang bagus di tahun 2016. Munculnya Apple Watch serta Samsung Gear tentunya akan mempengaruhi strategi pemasaran untuk beberapa tahun kemudian. Selain itu, ada kemungkinan Anda bisa membaca artikel atau mengakses e-mail lewat layar smartwatch. Perkembangan di seputar perusahaan digital marketing dapat memanfaatkannya di masa depan.


Jika berkenan mohon cendolnya gan emoticon-Cendol (S)


Best regards,



Kevin Jonathan

SUMBER : Artikel Pribadi emoticon-I Love Kaskus (S)
0
48.8K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.