Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sarwowowAvatar border
TS
sarwowow
MENGENAL APA ITU PATIO
SALAM SEJAHTERA AGAN SEKALIAN
Spoiler for baru ane yang buat:

Agan kaskuser tentu pernah mendengar atau membacat kata patio. Pada capcay juga kadang keluar pilihan ini. Patio adalah taman yang terletak di tengah atau di dalam rumah.Negara yang menggunakan patio pertama kali adalah negara-negara yang iklimnya berada dalam pengaruh padang pasir besar, seperti di negeri-negeri (berbahasa) Arab. Satu-satunya cara untuk memiliki taman di sana adalah dengan membuatnya di tengah rumah. Di lokasi itu, taman tersebut terlindung dari keringnya iklim gurun. Sebaliknya, taman itu kemudian memberikan kesegaran ke dalam rumah. Bagi rumah tinggal di tengah perkotaan yang padat, patio bagaikan sebuah oasis di tengah-tengah kesumpekan kota besar.
Spoiler for capcay:

Memiliki patio pada hunian Anda merupakan hal yang baik, sebab tidak hanya secara estetika saja, tetapi secara fungsional Anda juga bisa memanfaatkan patio untuk bersantai dengan keluarga.Patio kerap digadang-gadang sebagai elemen lansekap yang multi-fungsi. Namun, jarang sekali orang awam mengetahui apa sebenarnya patio itu sendiri. Untuk itu, mari mengenal lebih jauh apa itu patio, seperti apa fungsinya, dan bagaimana membuat patio sederhana pada hunian Anda.

Cara membuat patio
Efisiensi.
[list=1]
  • Buatlah patio sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati dari empat sisi dari beragam jenis ruang di sebelahnya.
  • Ukuran patio sebaiknya proporsional dengan lahan rumah. Patio amat sesuai bagi rumah dengan ukuran lahan kecil (<200 m²) hingga sedang (antara 200 dan 400 m²). Ukuran patio tentu harus proporsional dengan luas lahan. Namun, sebaiknya ukurannya tidak kurang dari 3x4 m². Lebih kecil dari itu perancangannya harus lebih cermat agar sinar matahari dan angin untuk sebuah taman tetap bisa leluasa jatuh dan masuk. Untuk lahan ukuran besar, patio menjadi sedemikian besar sehingga disebut sebagai halaman dalam (inner courtyard). Proporsinya tentu akan berbeda.
  • Patio berukuran kecil (3x4 m²) sebaiknya diberi perkerasan penuh. Tanaman ditempatkan di pot-pot agar lebih mudah penataannya dan pertumbuhannya. Biasanya juga memanfaatkan air terjun, kolam kecil dan tanaman merambat.

Taman kecil yang dilengkapi tempat duduk dan meja dirancang di dalam rumah sedemikian rupa guna mencegah tanaman yang menumbuhi taman tersebut terlindungi dari ekstrimnya hawa gurun. Seiring waktu, orang-orang di perkotaan yang padat pun menggunakan patio. Tidak hanya menimbang patio dari segi fungsinya, tetapi juga sebagai gaya hidup yang dicerminkan melalui konsep rumah yang dibangun.
Beragam bentuk patio pun berkembang sejalan dengan meluasnya fungsi oase dalam rumah ini. Patio tidak hanya berfungsi sebagai pembawa kesegaran di tengah sumpeknya kehidupan urban yang menuntut. Lebih dari itu, patio digunakan sebagai tempat pelarian untuk menghirup kesegaran, bersantai, merenung, bahkan menjadi tempat berkumpulnya keluarga.



Berikut adalah penampakan patio
Spoiler for patio:


Spoiler for sumber:

Sekian dari ane, ane nggak menolak emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Kasih emoticon-Toast juga ya gan bagi yang berkenan

Spoiler for kaskuser lain yang juga bary tahu:


Spoiler for patrio:
Diubah oleh sarwowow 13-01-2016 07:29
0
8K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.