hamizan77Avatar border
TS
hamizan77
Guru Besar UI: Puan Maharani itu Menteri sekelas pembantu rumah tangga
SujaNEWS.com — Ada dua jenis menteri di dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Jenis pertama adalah menteri yang mau bekerja keras, visioner dan berani.

"Menteri Kelautan Susi itu menteri bagus, visioner dan pekerja. Dalam bekerja dia tidak lagi menunggu perintah Presiden, karena sudah tahu maunya Presiden. Ada lagi Rizal Ramli, dia bagus membuat kabinet bergerak dan dinamis," kata Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Budiana, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (9/10/2015) malam.

Pernyataan Budiatna ini untuk merespons hasil terbaru survei Indo Barometer, terkait dengan satu tahun pemerintahan Jokowi-JK. Dalam survei itu terlihat tingkat apresiasi publik pada para menteri. Tingkat kepuasaan publik pada menteri tertinggi masih pada Susi Pudjiastuti (71,9persen), disusul Anies Baswedan (54,2persen), Khofifah Indar Parawansa (47,8 persen), Lukman Hakim Saifuddin (44,4 persen), Nilla Moeloek (37,8 persen) dan Rizal Ramli (37,3 persen).

Menurut Budiatna, menteri yang berada di bawah tingkat kepuasaan publik 30 persen adalah menteri yang tidak visioner, dan memang tidak bekerja baik. Mereka adalah tipe menteri yang menunggu arahan dari Jokowi karena tidak tahu harus melakukan apa, atau memang tak bisa menafsirkan nawacita dengan baik.

"Kayak Puan Maharani, itu menteri sekelas kayak PRT atau pembantu rumah tangga. Dia kan jadi menteri juga karena titipan Megawati. Ada lagi Menteri Siti Nurbaya. Asap dimana-mana, tapi diam saja. Ini model menteri sekelas PRT," ungkap Budiatna.

Masih berdasarkan survei Indo Barometer, tingkat kepuasaan publik kepada Puan Maharani hanya 29,4 persen. Sementara itu, tingkat kepuasaan kepada Menteri Siti 22 persen.

"Ini ada reshuffle walau telat. Jokowi berani tidak? Saya lihat dalam beberapa kasus sudah berani dia melawankehendak partai-partai politik," ungkap Budiatna. [rn]

PRT

widiih, gak takut dikarungin itu guru besar nyebut tuan putri sekelas pembantu rumah tangga?
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
24.5K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.