Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ME80Avatar border
TS
ME80
TRIP TO FREEPORT INDONESIA, TIMIKA – PAPUA (Bagian 1 - 3)
Assalamu'alaykum wr.wb.

Ba'da tahmid dan shalawat.

Well, ini pengalaman ane ketika diberi kesempatan melakukan perjalanan kerja ke Freeport Indonesia, Timika - Papua (27 September 2013 – 13 Oktober 2013). Tambang Emas Terbesar di Indonesia dan salah satu terbesar didunia.


Spoiler for Tiket Garuda Balikpapan - Makassar - Timika:


Perjalanan yang cukup melelahkan, dikarenakan lamanya waktu tempuh menggunakan pesawat terbang. Terbang dari Bandara Sepinggan (Balikpapan) pada pukul 09.05 WITA menuju Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) memakan waktu kurang lebih sejam lebih. Dilanjutkan dengan beristirahat hingga pukul 00.00 di salah satu hote dekat benteng Rotterdam, dekat dengan pantai Losari. Cerita tentang ngebolang Makassar akan ane sajikan di halaman yang lain.

Spoiler for View selama perjalanan ke Makassar:


Perjalanan dari Makassar ke Timika dilanjutkan dengan pesawat malam pukul 00.55 WITA. Sebagai catatan, jadwal penerbangan pesawat untuk Indonesia Timur lebih banyak pada malam hari. Oleh karenanya, menyaksikan banyak calon penumpang menginap di bandara Sultan Hasanuddin merupakan hal yang lumrah. Transit di bandara Frans Kisiepo (Biak) sekitar pukul 05.30 WIT selama kurang lebih 30 menit. Disini ane sempat turun untuk sholat subuh sekaligus memijakkan kaki pertama kali di pulau Biak ini.

Spoiler for Bandara Frans Kaisiepo, Biak:


Kemudian ane melanjutkan penerbangan dan transit kembali di Bandara Sentani (Jayapura) sekitar pukul 07.30 dan kembali menunggu 30 menit untuk bongkar bagasi.

Spoiler for Bandara Sentani, Jayapura:


Setelah menempuh perjalanan, akhirnya tibalah ane di destinasi terakhir Garuda Indonesia yaitu bandara Mozes Kilangin - Timika. Huftt, really really long journey.

Spoiler for Plakat peresmian bandara Mozes Kilangin:



Spoiler for ane numpang mejeng dulu:



Spoiler for Bandara Internasional Mozes Kilangin, Timika:


Setibanya ane disana, ane sudah ditunggu driver dari tim Quality Control PTFI. Tetapi tidak serta merta ane meluncur ke portsite Amamapare. Karena di bandara yang juga terdapat kantor perwakilan PTFI, ane harus mengikuti program induksi mengenai aturan-aturan kerja dan keselamatan di lingkungan tambang PTFI.

Spoiler for Bukti mengikuti pogram induksi dan sebagai kartu visitor selama berada di area PTFI:


Perjalanan dari bandara Mozes Kilangin menuju Amamapare portsite (lokasi kerja ane) memakan waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan darat memakan waktu kurang lebih sejam hingga tiba di pelabuhan. Kemudian menunggu long boat di terminal untuk menyeberang. Perjalanan di atas long boat kurang lebih 15 menit.

Spoiler for long boat karyawan menuju Amamapare portsite:



Spoiler for Suasana dalam long boat:


Dan akhirnya tibalah ane dengan seabrek tas carrier (berisi berbagai pakaian dan amunisi kerjaan) di Amamapare portsite. Alhamdulillah ane juga dapat tempat peristirahatan yang layak selama melaksanakan tugas-tugas ane disana.


Spoiler for Guest house tempat ane menginap selama kerja:


Bersambung ke TRIP TO FREEPORT INDONESIA, TIMIKA - PAPUA (Bagian 2-3)

Wassalamu'alaykum wr.wb.

-me80-
Diubah oleh ME80 27-12-2013 09:25
0
6K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.